Cara Mencegah Karies Gigi – MerahPutih

KARIES gigi dapat dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa. Jika dibiarkan, karies gigi bisa menyebabkan gigi berlubang. Umumnya, ciri gigi yang sehat adalah berwarna putih gading dan bersih, tetapi terkadang gigi juga bisa tampak sedikit kekuningan.

Warna ini berasal dari email atau lapisan pelindung gigi. Jika kamu melihat adanya noda kuning kecokelatan atau noda hitam pada gigi, waspadalah. Sebab, noda tersebut dapat menandakan munculnya karies gigi. Maka lakukan tindakan pencegahannya sedini mungkin.

Karies gigi merupakan kondisi rusaknya lapisan email gigi karena demineralisasi atau hilangnya komposisi mineral. Penyebabnya adalah bakteri yang melekat pada gigi, yakni Streptococcus mutans. Inilah yang mengolah gula dan karbohidrat dari sisa makanan di gigi menjadi cairan asam.

Jika terbentuk terlalu banyak, cairan asam ini bisa merusak permukaan gigi. Kebiasaan jarang membersihkan gigi dan sering mengonsumsi makanan manis bisa meningkatkan risiko kamu mengalami karies gigi.

Baca juga:

Cara Sederhana Hentikan Kebiasaan Gigit Kuku dan Cabut Rambut

karies gigi
Cegah karies gigi dengan sering gosok gigi dan pakai benang gigi. (Foto: Freepik/Wavebreakmedia)

Selain timbulnya noda pada gigi, kamu perlu mengetahui gejala lain pada karies gigi seperti bau mulut, makanan sering tersangkut, dan sakit gigi. Nah, kamu perlu melakukan upaya mencegah karies gigi. Melansir Verywellhealth, begini beberapa cara mencegahnya :

Baca juga:  Fesyen Andalan Para Taurean - MerahPutih

1. Sikat Gigi dan Gunakan Benang Gigi

Sikat gigimu setidaknya minimal dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride, terutama setelah makan. Selain itu, gunakanlah benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi.

2. Berkumur Menggunakan Air Garam

Kamu dapat berkumur menggunakan obat kumur yang mengandung fluoride setelah menyikat gigi. Jika obat kumur tersebut tidak tersedia, buatlah obat kumur sendiri di rumah dengan memanfaatkan larutan air garam untuk berkumur.

Baca juga:

Sikat Gigi Wajib Diganti 3 Bulan Sekali

karies gigi

Idealnya, kunjungi dokter gigi dua kali dalam setahun. (Foto: Freepik/Pressfoto)



3. Kurangi Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

Gula yang terkandung dalam makanan dan minuman manis bisa menghasilkan cairan asam yang nantinya dapat merusak lapisan gigi. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mulai membatasi jumlah asupan makanan dan minuman manis.

4. Lakukan Pemeriksaan Gigi Rutin

Memeriksakan gigi secara teratur dapat menjaga gigi tetap sehat. Keberadaan karies gigi juga dapat terdeteksi sejak dini dan bisa segera ditangani. Idealnya, kunjungi dokter gigi dua kali dalam setahun.

Kamu juga bisa melakukan berkumur dengan minyak kelapa (oil pulling) untuk mencegah karies gigi. Cara ini juga bisa bermanfaat untuk membersihkan gusi, lidah, dan rongga mulut dari bakteri dan sisa makanan yang menumpuk.

Bila kamu sudah terlanjur mempunyai karies gigi, sudah pasti sebaiknya konsultasikan ke dokter gigi. Dengan begitu dokter dapat melakukan perawatan antibakteri, flouride, dan lainnya. (dgs)

Baca juga:

Atasi Gigi Ngilu dengan Cara Sederhana Ini



Source link