BERITA  

Pilih Mundur dari Mentan, SYL: Saya Orang Bugis, Harga Diri Jauh Lebih Tinggi daripada Jabatan

Pilih Mundur dari Mentan, SYL: Saya Orang Bugis, Harga Diri Jauh Lebih Tinggi daripada Jabatan

Syahrul Yasin Limpo (SYL) resmi ajukan surat pengunduran diri sebagai menteri pertanian (mentan) pada Kamis (5/10/2023). Menurutnya, nilai tukar diri lebih besar tinggi dari jabatan.

Pernyataan hal itu disampaikan SYL usai menyampaikan surat pengunduran diri ke Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis.

“Saya Orang Bugis Makassar juga rasanya tarif diri sangat lebih banyak tinggi daripada pangkat atau jabatan,” kata Syahrul.

Ia memutuskan untuk mundur sebagai menteri dikarenakan siap menghadapi proses hukum.

Sebagaimana diketahui, Syahrul disebut-sebut menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi dalam Kementerian Pertanian (Kementan).

Kendati mengaku siap, Syahrul berharap tidak ada ada sentimen negatif terhadapnya terlebih dahulu.

“Walaupun saya berharap jangan ada stigma serta persepsi yang menghakimi saya terlebih dahulu sebab biarkanlah proses hukum berlangsung dengan baik kemudian saya siap menghadapi,” terangnya.

Surat pengunduran diri Syahrul resmi diterima oleh Pratikno. Selanjutnya, surat itu akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Adapun Syahrul sudah pernah memohon untuk menghadap Jokowi pada Jumat (6/10/2023).

Baca juga:  Ramai Kabar Bertemu SYL, Firli Bahuri Dilaporkan ke Dewas KPK

Sebelumnya diberitakan, Surya Paloh memerintahkan SYL segera menghadap Presiden Jokowi untuk mengajukan pengunduran diri dari jabatannya sebagai mentan.

“Ini yang paling penting yang saudara ketahui, NasDem tetap pada komitmen, ada permasalahan, jangan lari dari masalah, hadapi masalah,” kata Ketum NasDem itu.

Surya menegaskan, NasDem tetap ingin mengedepankan semangat pemberantasan korupsi.

“Kita ingin agar bisa jadi memberikan semangat dan juga nilai kepeloporan selalu ke depan dalam upaya pemberantasan korupsi agar diri kita bisa saja lebih tinggi baik,” tuturnya.

“Agar harapan juga cita-cita bersama sanggup terwujud sebagaimana kita harapkan.Inilah yang saya sampaikan pada suadara semua,” katanya.

Sumber: Suara.com