Deklarasikan Dukung Anies-Cak Imin di tempat Pilpres 2024, Ini adalah Profil Organisasi Pemuda Pancasila

Deklarasikan Dukung Anies-Cak Imin di tempat tempat Pilpres 2024, Hal ini adalah Profil Organisasi Pemuda Pancasila

SEPUTARPANGANDARAN.COM, Jakarta – Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno secara tegas menyatakan dukungan organisasinya terhadap Anies Baswedan selaku anggota Pemuda Pancasila.

“Hari ini kita berkumpul pemberitahuan menyokong Paslon Capres-Cawapres nomor 1 yaitu AMIN Anies Baswedan juga Cak Imin. Artinya kita setuju untuk memberikan pilihan kita di tempat Pemilihan Umum atau Pilpres untuk beliau berdua,” kata Ketua Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila (PP) Japto Soelistyo Soerjosoemarno di tempat Basket Hall, GBK, Ibukota Pusat, Ahad, 26 November 2023.

Sebelumnya, Japto Soejosoemarno sudah pernah mengindikasikan dukungan terhadap pasangan Anies-Cak Imin pada konferensi pers di dalam Jakarta,  yang dimaksud sudah diusung serta memenuhi aturan presidential threshold sebesar 20 persen.

“Pemuda Pancasila tidak ada punya hak mengusung capres atau cawapres, tapi kami memperkuat siapa pun kader Pemuda Pancasila yang dimaksud diusung oleh partai lalu memenuhi syarat. Itu kami dukung. Pasti itu,” kata Japto Soerjosoemarno terhadap wartawan dalam Jakarta, Jumat, 24 November 2023, sebagaimana dikutipkan dari Antara.

Sementara itu, Japto Soerjosoemarno juga menjadi sorotan akibat masuk di jajaran Wakil Ketua Dewan Penasihat Timnas AMIN, kelompok pemenangan Anies Baswedan juga Muhaimin Iskandar. Dalam regu tersebut, Japto akan bekerja di tempat bawah pimpinan Ketua K.H Syukron Makmun.

Baca juga:  Ganjar Sebut Penampilan Mahfud di tempat Debat Cawapres Menginspirasi

Japto, yang digunakan juga Ketua Umum MPN Pemuda Pancasila, menjadi salah satu dari tujuh orang Wakil Ketua Dewan Penasihat Timnas AMIN. Keikutsertaannya mencuri perhatian dikarenakan MPN Pemuda Pancasila telah terjadi berdiri sejak 1959 juga memiliki sejarah panjang pada peta urusan politik Indonesia.

Profil Pemuda Pancasila

Organisasi Pemuda Pancasila diresmikan pada 28 Oktober 1959 di area Jakarta. Dikutip dari situs Pemuda Pancasila Jawa Tengah, organisasi ini miliki akar dari Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI), sebuah sayap kebijakan pemerintah para petinggi militer berpartisipasi pada masa itu seperti Ahmad Yani, AH Nasution, lalu Gatot Subroto.

IPKI sendiri muncul sebagai respons terhadap bahaya laten komunis yang diinisiasi oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) pada masa itu. Dengan undang-undang yang tersebut melarang militer bergerak terlibat di kegiatan urusan politik praktis, IPKI menjadi wadah bagi para tokoh militer untuk tetap saja berkontribusi pada melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Rekam Jejak Pemuda Pancasila

Sejak awal berdirinya, disitir dari laman pemudapancasilajateng.or.id, Pemuda Pancasila ini sudah pernah berpartisipasi pada menjaga dan juga melestarikan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara. Organisasi ini tampil sebagai perisai penyelamat ketika Pancasila dihadapkan pada ancaman penting dari Pemuda Rakyat, yang digunakan merupakan bagian dari pergerakan PKI.

Baca juga:  Kiky Saputri Roasting Anies Baswedan Menggelitik dan Menohok!

Pada 1965, pada berada dalam upaya PKI yang mana gencar menelusup pada masyarakat, Pemuda Pancasila terlibat pada bentrokan fisik dengan anggota PKI. Peristiwa ini mencatat beberapa kali gugurnya kader-kader Pemuda Pancasila, yang digunakan dianggap sebagai kejadian heroik di perjuangan organisasi ini.

Dalam menjalankan eksistensinya, Pemuda Pancasila miliki ikrar yang dimaksud mengokohkan komitmen mereka itu terhadap Tanah Air dan juga ideologi Pancasila. Ikrar ini mencakup persatuan pada Tanah Air, bangsa, bahasa, serta ideologi Pancasila.

Pemuda Pancasila tiada hanya sekali muncul sebagai organisasi pemuda biasa, melainkan visinya sebagai penjaga juga pengawal setia nilai-nilai dasar negara. Dalam melaksanakan tugasnya, organisasi ini masih setia pada prinsip-prinsip Pancasila yang digunakan merupakan landasan negara Indonesia.

PUTRI SAFIRA PITALOKA  | RADEN PUTRI

Sumber: tempo