YLKI : Jangan Jual Bebas Skincare Etiket Biru, Bahaya untuk Konsumen

PERAWATAN KULIT atau produk perawatan kecantikan dengan berbagai klaim khusus, semakin berkembang akhir-akhir ini. Beberapa brand berlomba-lomba menghadirkan produk kecantikan yang dibutuhkan konsumen.

Namun, sedikit konsumen yang mengetahui tentang perawatan kulit bermerek biru. adalah tag atau menandai khusus untuk produk perawatan khusus yang diberikan oleh dokter sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pasien. Sayangnya, perawatan kulit berlabel biru, yang perlu dicermati, dijual secara bebas.

Kepala Divisi Hukum dan Pengaduan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sularsi menegaskan, pengawasan peredaran produk kosmetik berlabel biru selama ini lemah. Hal ini terlihat dari masih banyak produk yang seharusnya diedarkan secara khusus, malah beredar bebas di pasar.

“Dari pihak regulator maupun pemerintah, tidak ada pengawasan dalam pendistribusian dan komersialisasi produk berlabel biru secara optimal,” ujar Sularsi dalam keterangannya, Sabtu (13/5).

Baca juga:

Perawatan kulit saja tidak cukup, kesehatan mental juga mempengaruhi kulit

Konsumen juga harus bijak dalam memilih perawatan kulitnya. (Foto: Pexels/Ron Lach)

Kosmetik bermerek biru bisa sangat berbahaya jika tidak diatur secara ketat. Hal ini karena produk dalam kategori ini merupakan produk yang hanya dapat diberikan kepada konsumen dengan resep dokter.

Di sisi lain, Sularsi juga menegaskan, kurangnya literasi masyarakat menjadi salah satu faktor pendistribusian skincare berlabel biru yang bisa didapatkan secara gratis.

“Sosialisasi dan edukasi masyarakat tentang produk Sincare berlabel biru masih belum masif, karena literasi sangat penting karena berdampak pada kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Karena itu, ia juga mengingatkan produsen agar tidak melanggar hukum dengan mengedarkan secara bebas produk perawatan kulit berlabel biru di pasaran. Pasalnya, peredaran bebas produk yang seharusnya menjalani pemeriksaan khusus dapat melanggar hak konsumen.

“YLKI mengimbau kepada para penjual produk skin care berlabel biru untuk menaati aturan, tidak berjualan secara bebas karena dampaknya dapat membahayakan keselamatan dan perlindungan konsumen”, tegasnya. (*)

Baca juga:

Tips memilih perawatan vegan untuk wanita dengan kulit sensitif



Source link