Cek Kalori Setiap Kue Kering Khas Lebaran

APA YANG LEBIH Waktunya bersilaturahmi dengan sanak saudara, momen lebaran tidak lengkap rasanya tanpa hadirnya aneka penganan manis seperti nastar, lidah kucing dan kastangel. Itu menjadi camilan primadona di momen kemenangan.

Tentu sulit untuk menahan godaan untuk makan dan menghargai rasa manis dan asin dari kue-kue. Tak jarang, kelezatan kue kering membuat kita tergila-gila memakannya dan berakhir dengan penyesalan karena beratnya yang tak terkendali.

Baca juga:

Lebaran, saatnya bersantai makanan khas untuk hari raya



Hati-hati saat makan kue Lebaran. (Foto: Unsplash/Irina)

Meski terlihat kecil, kue lebaran ini tinggi kalori. Karena itu, kue kering tidak boleh dimakan berlebihan. Meski begitu, bukan berarti Anda dilarang menyantap kenikmatan dari manisan tersebut. Untuk amannya, Anda bisa mengecek jumlah kalori setiap jenis kue agar lebih maksimal dan memastikan asupannya tidak berlebihan untuk tubuh Anda. Seperti dikutip dari Gendut Rahasia Indonesia, Berikut panduan daftar kalori yang terkandung dalam kue lebaran.

1. Nastar

Satu buah nanas mengandung 75 kalori, terdiri dari 26% lemak, 68% karbohidrat, dan 6% protein. Nilai tersebut setara dengan empat persen Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang direkomendasikan Kementerian Kesehatan. Satu porsi nastar seberat 60 gram, kalorinya menjadi 224 kalori.

Baca juga:  Mobil naik level setelah setiap tikungan dalam mode karir Forza Motorsport, dan selalu online

2. Kastil

Kue dengan keju parut mengandung 21 kalori. Kemudian 47% lemak, 42% karbohidrat, dan 11% protein. Kandungan kalori dalam satu kastengel setara dengan satu persen dari AKG.

3. Putri Salju

Satu buah seputih salju dengan berat enam gram mengandung 30 kalori. Ini terdiri dari 60% lemak, 33% karbohidrat dan 8% protein, setara dengan 2% dari RDA.

Baca juga:

Batasi makanan manis dan berlemak saat Lebaran



Kue nastar memiliki 75 kalori. (Foto: iStock/Ridwan)

4. Lidah Kucing

Lidah kucing tergolong kue lebaran yang kalorinya cukup rendah, yakni 18 kalori. Lidah kucing mengandung 49% lemak, 46% karbohidrat, dan 4% protein. Saat Anda menghargai lidah kucing, itu berarti Anda mendapatkan satu persen RDA.

5. Kue Sagu

Kue sagu 100 gram memiliki 354 kalori, cukup tinggi dibandingkan dengan kue kering lainnya. Mereka semua mengandung karbohidrat dengan nol persen lemak dan protein. Jumlah kalorinya setara dengan 18% AKG, jadi sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsinya. (jauh)

Baca juga:

Jangan Panik, Batasi Konsumsi Kaldu Santan Saat Lebaran



Source link