Babah Ramu Manjakan Pengunjung dengan Kuliner ‘Jelajah Nusantara’

BABAH Ramu Dine & Bar, Hotel Episode, Gading Serpong, Tangerang, Sabtu (19/8), menyambut tamu dengan lebih istimewa. Satu per satu tamu mulai berdatangan sejak pukul 18.00 WIB di. Meja-meja nan sudah ditata rapi siap menyambut. Aroma nikmat menguar dari beberapa food stall nan menyajikan makanan Nusantara. Inilah menu makan malam spesial nan lezat di Babah Ramu malam ini.

Restoran di lantai dasar Hotel Episode, Gading Serpong, Tangerang, ini selalu punya ide untuk menarik perhatian pengunjung lewat konsep kuliner. Dalam perayaan HUT ke-78 kemerdekaan RI, mereka menghadirkan acara ‘Sate Nusa Soto Bangsa’. Acara itu menyajikan tujuh varian soto dan delapan sate, menyesuaikan dengan HUT ke-78 RI. Kali ini, Babah Ramu mengajak pengunjung untuk ‘Jelajah Nusantara’ lewat sajian khas Indonesia. Racikan makanan nan tersaji di Sabtu malam ini merupakan kreasi tangan Executive Chef of Hotel Episode Darfi yang berkolaborasi dengan Executive Chef of Semaja Restaurant (part of Ismaya Group) Patrick Ramon.

BACA JUGA:

Sambut HUT RI, Babah Ramu Hadirkan Menu ‘Sate Nusa Soto Bangsa’

“Kami lebih mengedepankan masakan lokal yang kami sajikan di buffet, bukan cuma sate dan soto, melainkan semua masakan dapat panggungnya di sini. Kami bawa salah satu dessert yang jarang orang tahu, tapi terkenal di Badui, yaitu ada Pulut Nai Nai,” kata Food and Beverage Manager of Hotel Episode Johanes, kepada Merahputih.com, Sabtu (19/8).

Baca juga:  Star Wars Jedi: Survivor akhirnya memamerkan beberapa karakter favorit penggemar dengan trailer ceritanya
chef patrick
Chef Patrick menyajikan dua signature menu.(foto: Merahputih.com/Andreas Pranatalta)

“Jelajah Nusantara” mengusung konsep live cooking dan buffet. Masing-masing chef membuat dua signature menu yang nantinya disajikan ke para tamu. Chef Darfi membuat Tongseng Kambing dan Udang Bakar Jimbaran Saus Dabu, sedangkan Chef Patrick membuat Cumi Goreng Saus Padang dan Sate Maranggi.

“Saya melihat di sekitar sini tidak ada tongseng yang di-modify. Kami bikin dari daging kambing yang kaki kami boneless lalu dimarinasi dengan rempah-rempah Indonesia. Kami bikin sausnya on the top juga. Jadi benar-benar kami modify,” kata Darfi. Ia kemudian menjelaskan sajian udang yang disajikan berbeda. “Udang Jimbarannya juga beda rasanya. Mulai dari marinasi, metodenya, semua kami modify,” lanjutnya.

babah ramu
Para tamu tengah menikmati sajian ‘Jelajah Nusantara’ dari Babah Ramu.(foto: Merahputih.com/Andreas Pranatalta)

Selain membuat menu signature-nya, Patrick juga menyajikan dua menu untuk buffet, yakni Ayam Gota Andaliman Sauce dan Gulai Kerang Sambal Aceh. “Sate marangginya asli dari Purwakarta karena aku belajar dari sana,” kata Patrick. Dalam membuat sate maranggi, Patrick mempersiapkannya begitu matang. Ia bahkan sampai menginap selama seminggu di tempat pemilik restoran sate maranggi di Purwakarta.



BACA JUGA:

Rayakan HUT Kemerdekaan RI dengan Sajian Berkuah di Soto Nusa Sate Bangsa

“Itu restoran temanku juga. Tapi aku enggak nanya buatnya seperti apa. Terus kami makan sate maranggi, pengin tahu cara mereka bakar seperti apa. Pas sampai di sana, mereka lagi prepare, aku lihat secara spontan, aku rekam, dan ‘oke, I will make it lebih modern lagi’. Versiku lebih ke plating-nya, tapi rasanya sama,” kata Patrick.

Baca juga:  ROG Ally bertujuan untuk mengambil Steam Deck dengan banderol harga $699,99, menurut bocoran
babah ramu
Udang Bakar Jimbaran Saus Dabu buatan Chef Darfi.(foto: Merahputih.com/Andreas Pranatalta)

Meski demikian, Patrick tak mau mengklaim sate maranggi racikannya sebagai hidangan autentik. “Tapi rasanya hampir mendekati. Karena autentik itu hanya punya satu restoran, hanya satu makanan,” lanjutnya.

Untuk menu buffet, ‘Jelajah Nusantara’ menghadirkan Char Kwetiaw With Shrimp, Acar Kuning Nyonya, Gulai Kerang Sambal Aceh, Ayam Gota Andaliman Sauce, dan Beef Gepuk Masak Kecombrang. Beragam dessert juga disajikan seperti Pulut Nai Nai, Mango Pudding, Es Campur, hingga Apem Putih. Jangan lewatkan juga mencicip salad dan buah-buahan yang tersedia.(and)



BACA JUGA:

Hotel Episode dan Solitaire Rayakan HUT Ke-78 Kemerdekaan Indonesia



Source link