Untuk mengingat! Beli mobil bekas, jangan hanya cek kondisinya, cek juga status tiket elektroniknya untuk bisa memperpanjang STNK kendaraan Anda

Ia pun memberikan penjelasan, dimana jika mobil bekas yang ingin dibeli namun masih bermasalah dengan e-ticket, seperti dikenakan pasal tanpa sabuk pengaman, maka denda yang harus dibayarkan adalah Rp. 500.000, maka mobil juga melewati zona genap ganjil dan tidak sesuai dengan nomor tersebut, denda sebesar Rp 250.000, dan mengemudi dengan smartphone dikenakan denda sebesar Rp 500.000, sehingga semua denda tersebut harus dibayar di muka sebelum Anda dapat mentransfer nama Anda atau memperbarui STNK Anda.

Selain itu, masih menurut AKBP Aldo S, konsumen yang membeli mobil bekas juga harus memperhatikan keutuhan dokumen dan memverifikasi keasliannya.

“BPKB itu harus dicocokkan, supaya tidak sama dengan fisik tubuh. Terkadang BPKB juga dipalsukan orang, dan kita juga punya SOP cara membedakannya, misalnya mencocokan dengan nomor rangka yang tertera,” tambah AKBP Aldo S.

Pengarang : Fahmi Rizki

Sumber: Liputan6.com