Simulasi Head to Head, Prabowo Unggul Lawan Ganjar atau Anies

MerahPutih.com – Menteri Pertahanan (Menhan) yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, diprediksi mampu menggungguli dua pesaing terdekatnya, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, jika pemilihan presiden (pilpres) hanya diikuti dua pasangan calon (paslon). Temuan ini merujuk hasil survei Indikator Politik Indonesia periode Juli 2023.

Peneliti utama Indikator, Burhanuddin Muhtadi, menyampaikan berdasarkan hasil survei simulasi head to head, ketika Prabowo berhadapan dengan Ganjar, dia unggul dengan 47%. Adapun responden yang memilih Ganjar 39,6% dan 13,4% sisanya tidak menjawab.

Baca Juga

Golkar-PAN Dukung Prabowo, Politisi PDIP Sebut Kunci Kemenangan di Tangan Rakyat


“Kalau head to head Ganjar versus Pak Prabowo, datanya begini, Pak Prabowo unggul signifikan di atas margin of error 2,35%. Selisih kurang lebih sekitar 7,4%. Jadi, ini signifikan,” ucapnya dalam paparannya secara daring, Jumat (18/8).

“Kalau kita lihat trennya, meskipun unggul signifikan, keunggulan Pak Prabowo di bulan Juli sedikit menurun. Di bulan Juni, waktu itu keunggulannya sekitar 9%-an,” imbuh peneliti senior itu

Baca juga:  Timnas Indonesia U-20 Pincang Jelang Lawan Irak, Zanadin Fariz Cedera

Prabowo pun kembali unggul kala berhadapan dengan Anies. Bahkan, selisihnya kian lebar lantaran Menteri Pertahanan itu meraih 51,2%, sedangkan Anies 33,5%, dan yang tidak menjawab 15,3%.

Baca Juga:

PDIP Klaim Tetap Pertimbangkan Erick Thohir Jadi Cawapres Ganjar


“Taruhlah TT/TJ (tidak tahu/tidak jawab) 15% taruh semua ke Anies, Pak Prabowo masih mendapatkan angka di atas 50%,” ungkap Burhanuddin.

Survei ini digelar Indikator pada 15-22 Juli 2023 dengan melibatkan responden 1.811 WNI dan telah memiliki hak pilih. Responden tersebar di 38 provinsi se-Indonesia dan dipilih melalui teknik multistage random sampling. Toleransi kesalahan (margin of error) riset sekitar 2,35% pada tingkat kepercayaan 95%. (Knu)

Baca Juga:

Approval Rating Tinggi Jokowi Dorong Elektabilitas 2 Sosok Bakal Capres



Source link