Normal Eve Rangkum Keresahan Hidup dalam Album ‘Impase’

PAHAM do it yourself (DIY) menjadi semangat tersendiri bagi seorang seniman musik. Banyak alasan untuk melakukan semuanya secara mandiri, mulai dari menghemat pengeluaran atau agar puas dengan rekaman musik yang dikerjakan. Namun terdapat satu benang merah yang sama, yaitu kemandirian dari band/musisi tersebut.

Hal ini serupa dijalankan oleh band alternatif asal Jakarta Normal Eve yang menggarap keseluruhan konsep untuk album debutnya dengan paham DIY. “Benar, saya mengerjakan mulai dari mixing hingga mastering untuk album Impase ini. Dari awal sudah komitmen untuk mengerjakannya sendiri,” ucap vokal/gitar Normal Eve Tubagus ‘Ara’ Azharsyah saat dihubungi Merah Putih, Minggu (6/8).

Baca juga:

Selangkah Menuju Album, Normal Eve Lepas ‘Surel’


Sejak Juli 2022, band beranggotakan Tubagus ‘Ara’ Azharsyah (vokal/gitar) dan Ananda ‘Yoga’ sedari awal merilis satu persatu single yang kemudian disatukan menjadi album penuh bertajuk Impase. Keseluruhan trek yang terdapat di album merupakan single-single yang sebelumnya sudah dirilis dengan tambahan satu trek pelengkap berjudul Eskalasi.

Baca juga:  Lelah lagi hidup, ada yang kelakuan supir truk bawa mulut truk yang dilakukan salfok

Selain itu, bila diperhatikan Normal Eve lebih memilih menggunakan lirik berbahasa Indonesia dalam setiap karya yang dihasilkan. Buah ini tak lain merupakan cara Normal Eve bangga dengan bahasa tanah kelahirannya di Indonesia.

“Dari awal kami ingin membawa semangat berbahasa Indonesia. Liriknya penuh dengan bahasa Indonesia, karena kami ingin memberikan pesan berbanggalah dengan bahasa yang sudah kamu ucapkan sejak lahir,” lanjut Ara.

Lebih lanjut, lagu-lagu yang hadir dalam album ini coba menceritakan tentang keresahan dalam hidup dan kejadian di sekitar yang diharapkan akan relate dengan para pendengarnya. Semua terwakili dengan trek seperti Dimensio, Delusif, Surel, Eksplisit, hingga Pascatrauma.

Baca juga:

Normal Eve Narasikan ‘Pascatrauma’ dalam Sebuah Lagu


Normal Eve coba menerjemahkan musik alternatif dengan gabungan shoegaze secara indah. Berbagai instrumen memberikan alunan musik dengan tambahan efek fuzzy dan juga echoing reverb yang menggema. Terkadang bahkan menciptakan nuansa nada yang mengawang pada beberapa karyanya.

Album debut Impase dari Normal Eve kini sudah bisa dinikmati di setiap digital streaming platform seperti Spotify, JOOX, Deezer, iTunes hingga YouTube Music. Kemudian untuk perayaannya sendiri, Normal Eve menutupnya dengan sebuah harapan.

Baca juga:  Mobil naik level setelah setiap tikungan dalam mode karir Forza Motorsport, dan selalu online

“Mungkin saat ini masih dalam perencanaan untuk release party atau seperti apa rangkaian yg akan kita buat. Juga kita menyiapkan CD/Kaset dan merch yang mungkin dalam waktu dekat akan dirilis.” (far)

Baca juga:

Normal Eve Lepas Single Terbaru Secara ‘Eksplisit’



Source link