Luca Marini Sebut Hanya Tim Pabrikan yang Bisa Juara Dunia MotoGP

Rabu, 8 Maret 2023, 05:16 WIB

Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team) berpose saat peluncuran tim jelang MotoGP 2023 (Foto: MotoGP)

TAVULIA – Luca Marini menyebut hanya tim pabrikan yang bisa menjadi juara dunia MotoGP. Pebalap Mooney VR46 Racing Team itu merasa wajar saja karena pabrikan mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk berpartisipasi di MotoGP.

FYI, sejak era MotoGP tahun 2002, belum pernah ada pebalap dari tim satelit atau independen yang menjadi juara dunia. Pembalap terakhir yang melakukannya adalah Valentino Rossi di Kejuaraan Dunia 2001 (500cc) bersama Tim Nastro Azzurro Honda.

Setelah itu, gelar juara selalu dibeli oleh para pebalap tim pabrikan. Memang ada beberapa pebalap dari tim satelit yang bisa bersaing untuk menjadi runner up, seperti Sete Gibernau (2003, 2004), Marco Melandri (2005) dan Franco Morbidelli (2020).

Valentino Rossi terus memperkuat Nastro Azzuro (Foto: motogp.com)
Valentino Rossi memperkuat Nastro Azzuro (Foto: MotoGP)

Musim lalu, Enea Bastianini sempat muncul sebagai kandidat juara dunia MotoGP 2022, meski hanya membela tim Gresini Racing. Namun, Marini tidak melihat ini sebagai perubahan yang signifikan.

Baca juga:  Fadil Nasution Sebut Hari Ketiga POBSI Pool Circuit Seri I Pekalongan 2023 Penuh Kejutan

“Tidak, tidak (mereka akan menjadi juara dunia), karena tim pabrikan harus juara,” kata Marini dikutip dari kekuranganRabu (3/8/2023).

“Mereka menginvestasikan banyak uang (di MotoGP), jadi mereka perlu memenangkan balapan dan memenangkan kejuaraan dunia, karena jika tidak, itu akan menjadi masalah besar bagi pabrikan,” tambah pembalap Italia itu.

Ikuti berita Sportsstars di berita Google