KPU Sebut Konsolidasi Demokrasi Harus jadi Topik Spesifik Debat Capres-Cawapres

KPU Sebut Konsolidasi Demokrasi Harus jadi Topik Spesifik Debat Capres-Cawapres

SEPUTARPANGANDARAN.COM, Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari, menyatakan secara spesifik yang dimaksud perlu dibahas pada debat calon presiden dan juga duta presiden adalah penguatan konsolidasi demokrasi. “Karena kita pernah mengalami transisi demokrasi dari satu tipe pemerintahan yang dinilai tidaklah demokratis menjadi demokratis,” kata Hasyim, menjawab isu demokrasi yang perlu dibahas capres-cawapres, di tempat pelataran gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Ibukota Pusat, Senin, 27 November 2023.

Menurut Hasyim, konsolidasi demokrasi masih terus di uji coba. Misalnya di pemilu, kata dia, sejak pembaharuan konstitusi, proses uji coba yang dimulai sejak Pemilihan Umum 2004, 2009, 2019 sampai 2024 terdapat sejumlah eksperimen.

Dia mencontohkan, dari pemilihan kepala wilayah (Pilkada) dibuatlah pemilihan kepala daerah serentak; pemilihan umum dibikin menjadi pemilihan umum serentak; dan juga pemilihan dak Pemilihan Kepala Daerah serentak dibuatkan dijalankan pada tahun yang digunakan sama. “Itu masih dievaluasi lagi,” kata dia.

Sebab itu, topik yang mana penting pada pembahasan demokrasi secara spesifik, ia bertutur, diskusi tentang demokrasi adalah meningkatkan kekuatan konsolidasi demokrasi agar bukan kembali untuk situasi yang tersebut mangkhawatirkan berbagai orang menjadi tiada demokratis.

Baca juga:  Ketua DKPP Sebut Anggota Komisi II DPR Setuju Revisi PKPU Nomor 19 Tahun 2023

“Itu perlu menjadi komitmen dengan untuk meningkatkan kekuatan konsolidasi demokrasi di tempat Indonesia,” ujar Hasyim, seusai Deklarasi Kampanye pemilihan Damai 2024. Dalam pengumuman itu, tiga pasangan calon, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Deklarasi itu menegaskan proses pesta demokrasi berjalan secara sehat dan juga damai. KPU menjadwalkan kampanye berlangsung sejak 28 November 2023-10 Februari 2024. Diikuti empat hari berikutnya pencoblosan calon presiden pada 14 Feberuari 2024.

Pilihan Editor: KPU Belum Tunjuk Ahli Bahas Isu Debat Capres-Cawapres

Sumber: tempo