Kata Politikus PDIP mengenai Megawati Belum Tentukan Sikap Politik ke Pemerintahan Prabowo

Kata Politikus PDIP mengenai Megawati Belum Tentukan Sikap Politik ke Pemerintahan Prabowo

Jakarta – Ketua Umum Partai Demokrasi Negara Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri tak mengumumkan sikap urusan politik partai pada Rakernas V PDIP. Juru Bicara PDIP, Chico Hakim, menjelaskan, PDIP tak buru buru menentukan sikap akibat bermetamorfosis menjadi pemenang Pemilihan Legislatif atau Pileg 2024.

Chico menilai, sebagai pemenang Pileg, PDIP berada pada sikap yang dimaksud nyenyak kemudian menguntungkan untuk memperhitungkan lalu mempertimbangkan apa yang mana terbaik bagi PDIP secara elektoral. Keputusan ini juga diwujudkan demi melindungi keseimbangan demokrasi.

“Artinya memang benar sesuai apa yang mana disampaikan Megawati dengan gaya bahasa yang unik. Kami masih mengantisipasi serta memperhitungkan betul dengan dasar ideologis kemudian mempertimbangkan hal-hal yang sifatnya elektoral,” ujar Chico ketika dihubungi Tempo pada Senin, 27 Mei 2024. 

Dia mengatakan, seluruh kader PDIP sudah pernah memberikan wewenang terhadap Megawati untuk menentukan sikap. Chico mengatakan, penentuan sikap kebijakan pemerintah PDIP akan mempertimbangkan visi misi pemerintahan mendatang serta keberpihakan terhadap rakyat. 

PDIP, kata Chico juga akan mempertimbangkan apakah pemerintah ke depan mendedikasikan seluruh sumber daya untuk menyejahterakan rakyat atau hanya sekali berfikir mengenai pembagian kekuasan juga jabatan. Chico menilai, pembagian kekuasaan telah mulai tampak dengan adanya upaya mengubah UU Kementerian Negara. 

Baca juga:  Megawati: Fakir Miskin Harus Dipelihara, Bukan Hanya dengan Kata-kata

“Kami akan mengawasi fungsi check and balance apakah akan seimbang pada saat kami berada pada pada maupun luar pemerintahan,” ujar dia. 

Adapun Megawati mengatakan, dirinya masih memerlukan kalkulasi kebijakan pemerintah sebelum memutuskan bergabung atau tiada ke pemerintahan Prabowo-Gibran.

“Ini kan juga, sikap urusan politik partai berada dalam di atau ke luar pemerintahan, gitu kan. Kalau menit ini saya ngomong kan harus dihitung secara politik,” ujar Megawati pada acara penutupan Rakernas V PDIP pada Beach City Stadium, Ancol, Jakarta, pada Ahad, 26 Mei 2024. Pernyataan Megawati itu disambut tepuk tangan dari kader PDIP.

Meski demikian, Megawati mengatakan, berdasarkan DNA serta historis PDIP, sikap kebijakan pemerintah PDIP didasarkan pada pemikiran mana yang tersebut akan menghadirkan bangsa menjadi tambahan baik, berdaulat, kemudian lebih besar berdiri di melawan kaki sendiri. “Itulah landsan pilihan sikap urusan politik kita,” ucap Megawati.

Dia mengajukan permohonan seluruh kadernya untuk fokus mengungguli PDIP pada Pemiliham Kepala Daerah atau pemilihan gubernur 2024. “Karena itulah hal terbaik pada waktu ini adalah sudahlah turun ke akar rumput untuk persiapan Pemilihan Kepala Daerah ini,” ucap dia.

Baca juga:  Prananda: Soliditas menuju 2024 terjaga usai Rakernas IV PDIP

Artikel ini disadur dari Kata Politikus PDIP soal Megawati Belum Tentukan Sikap Politik ke Pemerintahan Prabowo