[HOAKS atau FAKTA] Sejumlah Ketum Partai Siap Berperang Demi Dukung Anies

MerahPutih.com – Beredar video dari kanal YouTube POLITIK NEGARA yang memperlihatkan gambar miniatur Presiden Jokowi bersama lima ketua umum partai dengan narasi menyatakan enam orang siap berperang untuk Anes Baswedan.

Cerita

PDIP tidak tenang!! hitung mundur kekalahan Ganjar, tokoh terkenal ini siap berperang mendukung Anies

Baca juga

[HOAKS atau FAKTA]: Warga Jakarta menyegel kantor Ketum PSSI

pemeriksaan fakta

Setelah menonton seluruh konten video, tidak ditemukan informasi yang dapat dipercaya mengenai klaim narasi tersebut. Video hanya berisi klip video dan gambar dari berbagai acara yang digabungkan menjadi satu.

Narator video tersebut hanya membaca dari artikel okezone.com berjudul “Prabowo Kelayakan Tingkatkan Efek Endorsement Jokowi, Pengamat: Jadi Kekuatan”, yang diunggah pada 28 Maret 2023.

Baca juga

[HOAKS atau FAKTA]: Belanda menyiapkan Rp 2,417 triliun untuk permintaan maaf

Thumbnail dengan Presiden Jokowi bersama lima presiden partai politik yakni Presiden Gerindra Prabowo Subianto, Presiden Golkar Airlangga Hartarto, Presiden PKB Muhaimin Iskandar, Presiden PPP Muhamad Mardiono dan Presiden PAN Zulkifli Hasan identik dengan foto yang diunggah artikel merdeka.com berjudul “Di Bawah Komando Jokowi, PAN Ketum Puji Prabo wo dan Airlangga”, yang tayang pada 2 April 2023.

Baca juga:  Bukan Aroma Jeruk atau Vanila, Parfum Mobil Ini Pakai Roti dan Aromanya Tangkal Mabuk Perjalanan

Foto tersebut merupakan kejadian saat Presiden Jokowi bertemu dengan lima ketua umum partai di Mabes PAN. Pertemuan tersebut membahas pidato tentang kekuatan gabungan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Kebangkitan Indonesia Raya (KIR).

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang terkandung dalam video tersebut adalah palsu dan mengandung konten yang menyesatkan.

Kesimpulan

Dalam video tersebut, sama sekali tidak ada kabar soal Jokowi dan lima ketua umum partai yang bersedia mendukung Anies. Dengan demikian, informasi tersebut termasuk hoaks. (Knu)

Baca juga

[HOAKS atau FAKTA]: DPR resmi menggugat Presiden Jokowi



Source link