[HOAKS atau FAKTA]: Pelaku Penjegalan Anies Baswedan Menyerahkan Diri

MerahPutih.com – Kanal Youtube Rahasia Politik mengunggah video dengan klaim pelaku utama penjegalan Anies Baswedan menyerahkan diri dan akui bahwa diperintah oleh pihak istana. Dalam gambar pratinjau terlihat seorang pria berbaju tahanan dikelilingi polisi bersenjata lengkap.

FAKTA

Setelah dilakukan penelusuran pada gambar pratinjau tersebut, ditemukan fakta bahwa foto tersebut bukan merupakan penyerahan diri pelaku penjegalan Anies Baswedan.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Megawati Batalkan Ganjar Jadi Capres PDIP

Foto aslinya ditemukan pada laman Jawapos dengan judul berita “BNPT Sebut 31 Orang PNS Jadi Tersangka Terorisme.”

Selain itu, narasi yang dibacakan dalam video tidak menjelaskan tentang klaim pada video. Narasi yang dibacakan justru identik dengan artikel Kompas dengan judul “Strategi Pemenangan Anies Baswedan Telah Dibentuk”. Pada artikel yang diunggah pada 25 April 2023 tersebut membahas tentang Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang telah membangun strategi untuk memenangkan Anies Baswedan. Kendati demikian, koalisi perubahan perlu mengantisipasi masalah yang akan menerpa, salah satunya soal calon wakil presiden.

Baca juga:  Akhir Pekan, Anies dan AHY Sapa Anak Muda Bandung

Narator pada video juga membacakan ulang artikel Warta Ekonomi dengan judul “Kekuatan Anies Baswedan Kunci Penentu Nasib Ganjar-Prabowo di Pilpres 2024, Bisa Jadi Duet atau Malah Duel”.

Artikel ini diunggah pada 26 April 2023 dan menjelaskan tentang penilaian pengamat politik Universitas Jember Muhammad Iqbal tentang duet Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden 2024 ditentukan oleh elektabilitas Anies Baswedan.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Jutaan Buruh Lengserkan Jokowi dari Istana

Ganjar diprediksi bisa duet (berpasangan) atau duel (lawan) Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024. Apalagi, jika elektabilitas bakal capres Anies Baswedan meningkat ke depannya.

Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto menjadi lawan dalam pemilihan presiden mendatang. Saat ini seluruh parpol pemilik kursi di DPR RI telah menyatakan sikap dan dukungan kepada tiga bacapres yang ada, yaitu Prabowo, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

KESIMPULAN

Tidak ada informasi mengenai penyerahan diri pelaku penjegalan Anies Baswedan. Gambar pratinjau dan klaim pada video tidak memiliki kaitan dengan klaim yang disebutkan pada video. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Anies Disambut Ribuan Orang di Bandung



Source link