Hoaks: Air Laut di Pantai Pangandaran Surut Pasca Gempa Cianjur

Telah beredar video tiktok yang menggambarkan air laut surut dan kering yang terjadi di Pantai Pangandaran. Dipastikan bahwa video yang beredar tersebut adalah Hoaks dan tidak terjadi di laut Pangandaran.

___________

Seperti dilansir dari @jabarsaberhoaks

AIR LAUT DI PANTAI PANGANDARAN SURUT USAI GEMPA CIANJUR.

Beredar video di Tik Tok air laut surut dan kering diklaim terjadi di Pantai Pangandaran, Jawa Barat. Dalam narasinya, klaim air laut kering terjadi pasca gempa bumi di Cianjur pada 21 November 2022.

Video berdurasi 17 detik nampak puluhan warga berdiri di tepi pantai berpasir putih yang airnya surut tersebut dan terlihat juga perahu nelayan terdampar di atas pasir.

Benarkah hal tersebut?

CEK FAKTA : Dilansir dari Merdeka, video asli diketahui terjadi di Pantai Sampur Bangka Belitung.

Dikutip dari Liputan6.com, Kepala Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mikron Antariksa mengatakan terkait air laut surut di perairan Kabupaten Bangka Tengah pada Rabu (12/10/2022), dipengaruhi fenomena pasang surut yang biasa, terlebih gaya tarik bulan (full moon pada 10 hingga 12 Oktober 2022) yang besar menyebabkan air surut sampai jauh.

Baca juga:  Pantai Pangandaran Diserbu Wisatawan, Bupati Jeje : Sekarang Lebih Tertib

KESIMPULAN : Klaim air laut surut dan kering di Pantai Pangandaran adalah keliru. Faktanya, peristiwa itu terjadi di Pantai Sampur, Kepulauan Bangka Belitung.

Informasi ini adalah jenis kategori False Context.