Gibran Mangkir Debat di area TVOne, Muhaimin Anggap Itu Hak Masing-masing

Gibran Mangkir Debat pada area TVOne, Muhaimin Anggap Itu Hak Masing-masing

SEPUTARPANGANDARAN.COM, Jakarta – Calon delegasi presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, bukan sejumlah berkomentar persoalan mangkirnya calon perwakilan presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka di Dialog Interaktif Cawapres “Mencuri Hati” Kawula Muda yang digunakan dilakukan TVOne kemarin. Gus Imin, begitu Muhaimin akrab disapa, menyatakan hadir atau tidaknya individu itu bagian dari hak.

“Itu mungkin saja hak masing-masing,” kata Gus Imin untuk Tempo saat ditemui di dalam Hotel Bidakara  usai kegiatan itu pada Rabu malam, 6 Desember 2023.

Diketahui Gibran Rakabuming Raka kembali absen di forum debat publik, salah satunya pada Dialog Interaktif Cawapres “Mencuri Hati” Kawula Muda yang tersebut dijalankan TvOne pada Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu, 6 Desember 2023.

Berdasarkan keterangan panitia, undangan di kegiatan dialog sama-sama calon delegasi presiden itu sudah ada ditujukan untuk tiga calon wapres, yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, serta Mahfud Md. Namun, mereka menyampaikan cuma Muhaimin kemudian Mahfud yang dimaksud memberikan konfirmasi kedatangan. Gibran bukan tampak hadir di tempat acara dialog interaktif yang dimaksud diselenggarakan stasiun televisi swasta itu.

Baca juga:  Umumkan Arah Dukungan Keluarga Besar Gus Dur, Ini Profil Yenny Wahid Putri ke-2 Mendiang Gus Dur

Sumber Tempo yang mengetahui absenya Wali Perkotaan Solo pada dialog itu menyebut, Gibran Rakabuming awalnya sudah ada menyanggupi untuk hadir di kegiatan itu. Namun, jelang penyelenggaraan dialog, salah individu tanpa peringatan membatalkan diperkenalkan Gibran Rakabuming beberapa hari sebelum acara berlangsung. Narasumber itu mengatakan Gibran Rakabuming tidak ada diperkenankan untuk hadir oleh elite TKN juga partai koalisi.

Wakil Komandan Relawan TKN Prabowo-Gibran Immanuel Ebenezer alias Noel menyatakan tidak ada tahu menahu persoalan absennya Gibran Rakabuming. Ia meminta-minta untuk menghubungi anggota TKN lain. “Hubungin yang dimaksud lain, ya,” kata Noel  saat dihubungi Kamis siang, 7 November 2023. 

Sementara itu, Gibran Rakabuming Raka mengungkap ucapan perihal ketidakhadirannya di undangan debat capres-cawapres dalam luar yang mana diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

“Saya datang yang dimaksud debat resmi,” kata Gibran menjawab pertanyaan wartawan selepas acara pemberitahuan dukungan untuk Prabowo-Gibran dari Pergerakan Perempuan Muda Nahdliyin (Perdana) di tempat Jakarta, seperti dikutipkan Antara, Rabu malam, 6 Desember 2023.

Baca juga:  Ganjar-Mahfud ingin perkembangan bangsa Indonesia bergerak cepat

ADIL AL HASAN | IHSAN RELIUBUN

Pilihan Editor: Jokowi Minta otoritas Pusat Bantu Bereskan Permasalahan Air di area Kupang

Sumber: tempo