Dicecar Hamka Hamzah, Hasani Abdulgani Beberkan Alasan Mengapa Liga 2 Dihentikan

Selasa, 14 Februari 2023, 06.30 WIB

Hasanai Abdulgani di acara Kaukus Nasional Sepak Bola Pers PSSI (Foto: Andika Rachmansyah/MPI)

JAKARTA – Anggota Komite Eksekutif PSSI (Exco) Hasani Abdulgani, menanggapi pertanyaan yang diajukan Hamka Hamzah terkait penghentian sementara Liga 2 dan 3 musim ini. Hasani pun mengaku awalnya tidak setuju dengan penghentian kejuaraan tersebut, namun pada akhirnya menyetujui dua kompetisi dihentikan karena beberapa alasan.

Hamka berkesempatan bertanya langsung kepada Hasani dalam acara bertajuk ‘Kaukus Sepak Bola Nasional Menghidupkan Nyali PSSI’ yang digelar PSSI Press di Senayan Park, Senin (13/2/2023). Pemain FC Kota Bekasi itu mempertanyakan mengapa liga 2 dan 3 dihentikan.

Sebab, seperti diketahui, kedua kompetisi dihentikan sementara akibat dampak tragedi Kanjuruhan pada awal Oktober 2022. Lanjut atau tidaknya kompetisi akan ditentukan pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 16 Februari 2023.

Dihadapkan dengan pertanyaan seperti itu, Hasani mengaku awalnya dia salah satu pihak yang menentangnya sebelum akhirnya menyetujui penghentian kompetisi. Alasannya karena masalah pendanaan yang dirasa PT LIB tidak mampu mendukung.

Baca juga:  Klopp Jelaskan Alasan Tidak Jawab Pertanyaan Seorang Jurnalis

“Awalnya saya termasuk yang tidak setuju dengan penutupan liga, tapi setelah dijelaskan oleh LIB, akhirnya saya memutuskan setuju untuk dipecat,” kata Hasani kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia, Senin (13/10). 02/ 2023) .

Pasalnya, PT LIB telah menyiapkan dana awal sekitar 30 miliar untuk Liga 2. Lanjutnya.

Padahal katanya rilis dengan sistem bubble. Namun, jika dilaksanakan, akan berdampak pada semua kompetisi, termasuk Liga 1.

“Ini berat untuk LIB dan semua kompetisi bisa runtuh. Jika kita kembali ke konsep normal itu tidak akan menjadi masalah. Tapi karena kondisinya semakin tidak sehat, saya akan mengalami wabah, jadi semua perkelahian sudah tidak ada waktu lagi di sana,” katanya.

Meski begitu, Hasani tetap berharap Liga 2 dan 3 dilanjutkan setelah KLB PSSI nanti. Karena itulah harapan sebagian besar masyarakat Indonesia yang ingin kompetisi berjalan sebagaimana mestinya.

“Kami berharap Liga 2 dan 3 yang tertunda dapat dilanjutkan segera setelah KLB terpilih. Kami ingin sepak bola menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Timnas adalah impian 270 juta orang”, pungkas Hasani.

Baca juga:  Terungkap Alasan Luis Milla Mundur dari Persib Bandung: Sang Ibu Sakit, Anaknya Cedera Parah

Penerbit : Furqon Al Fauzi

Ikuti berita Sportsstars di berita Google