Deretan 5 Pemain Indonesia yang Pernah Berkarir di Asia Tenggara: No 1 Eks Kapten Timnas Indonesia

Bambang Pamungkas adalah salah satu pencetak gol terbanyak timnas Indonesia yang berkarir internasional (Foto: PSSI).

JAKARTA – Deretan pemain Indonesia yang pernah berkarir di Asia Tenggara dipastikan selalu menjadi pujaan publik karena jam terbangnya yang tinggi dengan pengalaman internasional.

Nama Rafli Mursalim kini tengah menjadi sorotan para pecinta sepak bola Indonesia. Mantan pemain timnas U-19 Indonesia ini memilih untuk melanjutkan karirnya bersama klub Liga Kamboja Nagaworld FC mulai musim 2023-2024.

Kariernya dalam beberapa musim terakhir tidak semulus yang diharapkan. Pemain berusia 24 tahun itu hanya memainkan tiga pertandingan untuk Gresik United musim lalu. Mantan pencetak gol terbanyak Liga Santri 2016 ini juga kerap berganti klub.

Sebelum Rafli, siapa saja pemain Indonesia yang sudah pernah bermain di Asia Tenggara? Selanjutnya Sportsstars.id akan memberikan analisis mengenai;

Deretan 5 pemain Indonesia yang berkarier di Asia Tenggara

  1. Eilie Aiboy

Elie Aiboy adalah salah satu pemain sepak bola Indonesia yang paling terkenal (Foto: Twitter/@Liga2Match)

Daftar 5 pemain Indonesia yang pernah berkarier di Asia Tenggara, mari kita mulai dengan nama Eilie Aiboy. Winger kelahiran Jayapura itu menorehkan namanya setelah menjadi andalan Timnas Indonesia pada 2001-2009.

Selama itu, Elie juga mencatatkan 48 caps dan mencetak 8 gol untuk Skuad Garuda. Selain memperkuat beberapa klub Tanah Air, juara Liga Indonesia 2012 Semen Padang memperkuat klub Liga Malaysia Selangor FC pada 2005 dan 2008.

  1. Ponaryo Astaman

Biodata dan agama oleh Ponaryo Astaman.  (Foto: Borneofc.id).

Pemain yang seumuran dengan Eilie Aiboy, Ponaryo Astaman berkarier di Malaysia dan bermain untuk Telekom Malaysia FC pada musim 2006-2007. Tapi dia hanya bermain satu musim di country club tetangga.

Maka Ponaryo memilih kembali ke Indonesia dan memperkuat Arema FC semusim kemudian. Pemain kelahiran Balikpapan ini memiliki karir yang sukses saat bermain untuk Sriwijaya FC dan menjuarai Piala Indonesia pada musim 2009-2010.