Apa Bedanya Telur Ayam Negeri dan Kampung? Cari Tahu di Sini!

Halo Sahabat Bintang! Pernahkah Anda bertanya-tanya apa perbedaan sebenarnya antara telur dari ayam kampung dan ayam kampung? Meski sama-sama telur ayam, namun ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok di antara keduanya. Artikel ini akan membahas secara detail mengenai perbedaan telur ayam negeri dan ayam kampung.

Baca juga: Pelajari cara menyimpan telur tanpa kulkas yang bagus

Apa itu Telur Ayam Kampung dan Desa?

Sebelum membahas perbedaan keduanya, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu apa itu telur ayam negeri dan ayam kampung. Telur ayam buras merupakan jenis telur yang dihasilkan oleh ayam ras yang dipelihara dengan sistem modern dan diberi pakan khusus. Jika anda pernah melihat peternakan ayam di internet, kemungkinan besar peternakan tersebut adalah peternakan domestik, biasanya peternakan yang menghasilkan telur dari ayam kampung dilakukan secara besar-besaran.

Sedangkan telur ayam kampung atau biasa disebut di luar negeri Telur ayam kampung Ini adalah jenis telur yang dihasilkan oleh ayam yang dibesarkan secara tradisional berkeliaran di sekitar lingkungan rumah atau peternakan dan banyak ditemukan di banyak peternakan organik.

Perbedaan telur ayam kampung dan kampung

Ukuran dan warna kulit telur

Perbedaan telur ayam kampung dan ayam kampung yang pertama adalah ukuran dan warna cangkangnya. Telur dari ayam kampung biasanya berukuran lebih besar dan memiliki cangkang yang lebih tebal serta berwarna putih. Sebaliknya, telur ayam kampung biasanya berukuran lebih kecil dan memiliki cangkang yang lebih tipis, dengan warna yang cenderung lebih kekuningan atau cokelat.

Warna Kuning Telur

Perbedaan kedua telur ayam negeri dan ayam kampung adalah pada warna kuning telurnya. Telur ayam kampung biasanya memiliki kuning telur lebih pucat, sedangkan kuning telur ayam kampung cenderung lebih kuning kecoklatan atau bahkan jingga.

Perbedaan warna ini disebabkan oleh perbedaan pakan yang dikonsumsi ayam betina penghasil telur. Ayam kampung biasanya diberi pakan yang terdiri dari gandum, jagung dan tepung ikan, sedangkan ayam kampung biasanya memakan serangga, cacing dan dedaunan.

Kandungan Gizi Telur

Perbedaan telur ayam negeri dan ayam kampung selanjutnya adalah pada kandungan nutrisinya. Menurut informasi yang dilansir medicalnewstoday.com, peneliti telah menemukan kandungan magnesium yang lebih tinggi pada telur ayam kampung. Namun, mereka juga menemukan bahwa telur ayam kampung memiliki kadar fosfor dan seng yang lebih rendah.

Studi lain menemukan bahwa kadar betakaroten juga lebih tinggi pada telur ayam kampung. Penelitian lain telah menunjukkan bahwa telur dari ayam yang dibesarkan di padang rumput mengandung antioksidan flavonoid dan karotenoid yang lebih tinggi dan asam lemak omega-3 anti-inflamasi daripada telur dari ayam yang dibesarkan di kandang atau yang dibesarkan secara organik.

Telur ayam kampung cenderung memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dan kadar kolesterol yang lebih rendah jika dibandingkan dengan telur ayam negeri. Hal ini disebabkan oleh perbedaan pola makan ayam yang menghasilkan telur.

Baca Juga : Segudang Manfaat Telur Ayam Kampung yang Perlu Anda Ketahui

Kecepatan Produksi Telur

Perbedaan terakhir antara telur ayam buras dan lokal adalah kecepatan produksi telur. Ayam kampung umumnya lebih produktif menghasilkan telur daripada ayam kampung. Ayam kampung dapat menghasilkan sekitar 280-320 telur per tahun sedangkan ayam kampung hanya dapat menghasilkan sekitar 120-180 telur per tahun.

Nah itulah perbedaan telur dari ayam kampung dan ayam kampung. Meskipun sama-sama telur ayam, namun terdapat perbedaan yang signifikan dari segi ukuran dan warna kerabang, warna kuning telur, kandungan gizi dan kecepatan produksi telur. Kedua jenis telur ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung kebutuhan dan kesukaan Anda masing-masing.

Jika Anda lebih memperhatikan kualitas dan kandungan gizi telur yang Anda konsumsi, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli telur ayam kampung. Namun, jika Anda membutuhkan telur dalam jumlah banyak, Anda dapat memilih telur dari ayam kampung yang lebih produktif dalam produksi telur.

Terakhir, selain memperhatikan jenis dan kualitas telur yang Anda konsumsi, jangan lupa untuk mengolah telur dengan cara yang sehat dan tepat agar tetap terjaga kandungan nutrisi yang dikandungnya.

Baca juga: Tips dan Cara Mengonsumsi Telur Tanpa Khawatir Kolesterol Naik

Demikian informasi lengkap mengenai perbedaan telur ayam kampung dan ayam kampung. Bagaimana, apakah Anda mengerti? Jangan lupa untuk memilih jenis telur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk kebutuhan sehari-hari, belanja saja dari Astro, aplikasi belanja online yang mudah, cepat, dan berkualitas. Di Astro, Anda bisa membeli berbagai kebutuhan sehari-hari mulai dari bahan makanan hingga produk pembersih dengan mudah dan cepat.

Memenuhi kebutuhan Anda, Astro menjamin kualitas dan keamanan produk yang Anda beli. Selain itu, Astro juga memberikan berbagai promo menarik!

Jadi tunggu apa lagi? Ayo download aplikasi Astro sekarang juga dan nikmati kemudahan berbelanja dari rumah.

Referensi:

Küçükyılmaz, K., Bozkurt, M., Yamaner, Çınar, M., Çatlı, A., & Konak, R. (2012, Mei). Pengaruh sistem pemeliharaan organik dan konvensional terhadap kandungan mineral telur ayam. Kimia Pangan, 132(2), 989–992. https://doi.org/10.1016/j.foodchem.2011.11.084

7 Manfaat Telur Ayam Kampung, Benarkah Lebih Sehat dari Telur Biasa?

Apa yang perlu diketahui tentang telur ayam kampung

Sumber gambar: Shutterstock