Mengungkap 14 Khasiat Luar Biasa Bawang Bombay untuk Kesehatan Tubuhmu

manfaat bawang bombay

Bawang Bombay, juga dikenal sebagai bawang merah besar, merupakan salah satu bahan masakan yang umum digunakan di seluruh dunia. Bawang yang satu ini diyakini berasal dari wilayah yang sekarang menjadi Iran dan Pakistan. Bawang bombay telah dikenal dan digunakan dalam masakan selama ribuan tahun, dan dapat ditemukan dalam resep-resep dari berbagai budaya di seluruh dunia.

Bawang bombay diperkirakan telah digunakan oleh manusia sejak zaman prasejarah, dan telah menjadi bahan penting dalam masakan Mediterania, Timur Tengah, dan Asia selama berabad-abad. Bawang bombay juga menjadi bahan penting dalam masakan India, di mana bawang bombay dihancurkan dan dicampur dengan rempah-rempah untuk membuat pasta bumbu yang disebut masala.

Pada abad ke-16, bangsa Eropa mulai memperkenalkan bawang bombay ke Amerika Utara dan Selatan, dan sejak itu bawang bombay telah menjadi bahan penting dalam masakan Amerika Latin dan Karibia.

Saat ini, bawang bombay dibudidayakan di seluruh dunia dan menjadi salah satu bahan makanan yang paling umum digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Selain digunakan sebagai bahan masakan, bawang Bombay juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa. Dalam artikel ini, kamu akan menemukan 15 manfaat bawang Bombay untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: 6 Manfaat Sehat Daun Kale untuk Tubuhmu: Temukan Kandungan Nutrisinya

14 Manfaat Baik Bawang Bombay Untuk Kesehatan Tubuh

Bawang bombay mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam bawang bombay antara lain karbohidrat, serat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Berikut adalah komposisi nutrisi bawang bombay per 100 gram:

  • Kalori: 40 kalori
  • Protein: 1,1 gram
  • Lemak: 0,1 gram
  • Karbohidrat: 9,3 gram
  • Serat: 1,7 gram
  • Vitamin C: 7,4 mg
  • Vitamin B6: 0,1 mg
  • Folate: 19 mcg
  • Kalsium: 10 mg
  • Zat Besi: 0,2 mg
  • Magnesium: 10 mg
  • Fosfor: 20 mg
  • Kalium: 146 mg
Baca juga:  PSSI Rela Rogoh Kocek Miliaran Rupiah untuk Tingkatkan Kualitas Wasit

Berikut adalah beberapa manfaat bawang bombay yang sangat baik untuk kesehatan tubuh: 

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Dari informasi yang dilansir melalui situs WebMD, Bawang merah mengandung senyawa sulfur organik. Senyawa ini menjadi penyebab kenapa bawang merah memiliki rasa dan aroma yang tajam dan kuat. Senyawa sulfur organik membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan juga dapat membantu memecah gumpalan darah, menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Sebaiknya, Anda mengonsumsi bawang merah mentah daripada dimasak agar dapat memperoleh senyawa sulfur yang paling banyak dari bawang merah.

2. Menurunkan tekanan darah

Bawang Bombay juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Dilansir dari situs Healthline.com, Senyawa Quercetin dalam bawang Bombay dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan memperkuat dinding arteri, sehingga membantu menurunkan tekanan darah.

3. Membantu mengontrol kadar gula darah

Bawang Bombay mengandung senyawa sulfur yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal ‘Environmental Health Insights’ mengungkapkan bahwa konsumsi bawang segar dapat menurunkan kadar glukosa darah pada penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2.

4. Menurunkan risiko kanker

Terdapat senyawa organosulfur pada Bawang Bombay yang dapat membantu mengurangi risiko kanker. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di National Library of Medicine oleh Nicastro et al., pada tahun 2015.  Komponen bawang putih dan bawang bombay, termasuk DADS, DATS, S-allylmercaptocysteine, dan ajoene, memiliki kemampuan untuk menekan proliferasi berbagai jenis sel kanker dengan melambatkan perkembangan siklus sel dan/atau memicu apoptosis.

Baca juga:  Senjata, skin, dan operator Modern Warfare 2 akan dibawa ke CoD 2023 untuk pertama kalinya

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Bawang Bombay mengandung senyawa quercetin yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang. Menurut situs betterbones.com, Senyawa ini dapat membantu meningkatkan produksi sel-sel tulang dan memperkuat tulang.

6. Menjaga kesehatan kulit

Bawang Bombay memiliki kandungan senyawa antioksidan yang dapat membantu melawan kerusakan kulit dan penuaan dini. Sehingga dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit terlihat lebih sehat dan bersinar.

Baca Juga: Zucchini, Sayuran Berkhasiat Tinggi yang Harus Ada di Dapurmu

7. Membantu meredakan batuk

Bawang Bombay mempunyai senyawa antiinflamasi yang dapat membantu meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Efek dari hal tersebut adalah membantu mengurangi peradangan pada saluran pernapasan dan membantu meredakan gejala batuk.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bawang Bombay memiliki sifat antioksidan dan antibakteri yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga, hal tersebut dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

9. Menurunkan risiko infeksi

Bawang Bombay mengandung sifat antibakteri dan antivirus yang dapat membantu menurunkan risiko infeksi. Konsumsi bawang bombay disinyalir dapat membantu melawan bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit.

10. Membantu mengatasi masalah pencernaan

Bawang Bombay mengandung senyawa prebiotik yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Hal ini sangat bermanfaat karena dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus dan membantu pencernaan.

11. Membantu meredakan sakit kepala

Bawang Bombay mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat membantu meredakan sakit kepala. Dimana hal tersebut dapat membantu mengurangi peradangan pada pembuluh darah dan meredakan sakit kepala.

12. Menurunkan risiko stroke

Menurut informasi yang didapatkan dari situs WebMD, Bawang Bombay memiliki senyawa sulfur yang yang dapat membantu menurunkan risiko stroke. Sulfur dapat membantu mengurangi peradangan pada pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke otak.

Baca juga:  (Untuk Asia Tenggara) Promosi Big Games Big Deals hadir di PlayStation Store – PlayStation.Blog

13. Membantu mengatasi masalah gigi dan mulut

Bawang Bombay memiliki senyawa antibakteri yang dapat membantu mengatasi masalah gigi dan mulut.Hal ini membantu melawan bakteri penyebab penyakit gigi dan mulut. Menurut situs prodentcare, Bawang mentah ternyata baik untuk kesehatan gigi kamu karena  mengandung senyawa sulfur yang bersifat antimikroba dan dapat mengurangi jumlah bakteri dalam mulut Anda.

Baca Juga: Resep dan Kandungan Nutrisi Timun Jepang Kyuri, Unik & Sehat!

14. Membantu mengatasi masalah insomnia

Bawang Bombay ternyata sangat cocok untuk dikonsumsi orang yang mengalami masalah insomnia, menurut informasi yang dirilis melalui situs mp-engineering.co.uk, bawang bombay juga kaya akan L-tryptophan, asam amino yang berfungsi sebagai obat penenang alami. L-tryptophan juga membantu menurunkan tingkat stres yang juga berperan dalam meningkatkan kualitas tidur yang baik.

Bawang Bombay memiliki banyak manfaat kesehatan yang penting untuk tubuh. Selain menjadi bumbu masakan yang populer, Nah, itulah 14 manfaat bawang Bombay yang perlu kamu ketahui untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Dengan menambahkan bawang Bombay ke dalam dietmu, kamu tidak hanya mendapatkan rasa yang lezat pada masakan, tetapi juga manfaat kesehatan yang luar biasa.

Untuk memudahkanmu dalam berbelanja kebutuhan harian, ada aplikasi Astro yang bisa kamu gunakan. Dengan Astro, kamu dapat membeli semua kebutuhanmu secara online dengan mudah, cepat, dan tanpa ribet. 

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, unduh aplikasi Astro sekarang juga dan nikmati kemudahan berbelanja yang tersedia di sana. Dengan Astro, kamu dapat lebih fokus dalam menjaga kesehatan tubuhmu tanpa perlu khawatir akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan harianmu. Happy shopping!