Selama Ini Aku Kira Cuci Kepiting Susah, Ternyata Simple Banget Dengan Cara Ini!

cara membersihkan kepiting

Kepiting adalah makanan laut yang lezat dan bergizi. Namun, membersihkan kepiting bisa jadi sulit bagi sebagian orang. Tidak hanya karena kepiting memiliki cangkang yang keras, tetapi juga karena kepiting memiliki bagian dalam yang perlu dibuang. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara membersihkan kepiting dengan benar sebelum memasaknya. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu ikuti untuk membersihkan kepiting dengan mudah.

Baca Juga: Cara Mengolah Seafood Agar Tidak Amis dan Pasti Lezat

Cara Membersihkan Kepiting Yang Benar dan Tepat

Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum membersihkan kepiting, pastikan kamu telah menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan. Beberapa alat yang diperlukan antara lain pisau, gunting, dan sikat cucian. Bahan yang dibutuhkan antara lain air bersih, garam, dan air es.

Membuang Duri Kepiting

Langkah pertama dalam membersihkan kepiting adalah membuka bagian atas cangkangnya dan membuang duri-duri yang ada di dalamnya. Caranya adalah dengan memegang bagian atas cangkangnya dan menekannya ke bawah secara perlahan-lahan hingga terbuka. Setelah cangkangnya terbuka, lepaskan duri-duri yang ada di dalamnya dengan menggunakan pisau atau gunting.

Baca juga:  Pelajari cara Wayfinder mengambil pahlawan warna-warni dari halaman untuk dimainkan – Akses Awal dimulai 15 Agustus – PlayStation.Blog

Membuang Bagian Dalam Kepiting

Setelah duri-duri terbuang, selanjutnya kamu perlu membuka bagian dalam kepiting dan membuang isinya. Caranya adalah dengan memisahkan bagian dada dari bagian kaki, kemudian memisahkan cangkang bagian dalam dari daging. Setelah itu, ambil bagian dalam kepiting dan bersihkan dengan air bersih dan sikat cucian hingga bersih.

Membersihkan Daging Kepiting

Setelah bagian dalam kepiting dibersihkan, selanjutnya kamu bisa membersihkan daging kepiting. Caranya adalah dengan merendam kepiting dalam air es dan garam selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan sikat hingga bersih.

Memilih Kepiting yang Segar

Sebelum memasak kepiting, pastikan kamu memilih kepiting yang segar. Kepiting segar biasanya memiliki cangkang yang mengkilap dan aroma yang segar. Jangan memilih kepiting yang mulai terlihat tidak segar karena dibekukan terlalu lama atau memiliki bau amis yang menyengat dan berlebihan.

Memasak Kepiting dengan Air Garam

Agar kepiting yang dimasak enak dan lezat, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti. Pertama, gunakan air garam dalam memasak kepiting. Caranya adalah dengan merebus air dan menambahkan garam secukupnya. Setelah air mendidih, masukkan kepiting dan masak selama 15-20 menit.

Baca juga:  Emosi mempelai pria yang viral karena menendang mobil, diduga karena bertabrakan dengan kendaraan lain

Membuat Saus Kepiting yang Enak

Selain memasak kepiting dengan air garam, kamu juga bisa membuat saus kepiting yang enak sebagai pelengkapnya. Caranya adalah dengan menumis bawang putih, bawang bombay, dan cabai hingga harum. Setelah itu, tambahkan saus tomat, saus tiram, dan kecap manis. Aduk rata dan masukkan kepiting yang telah dimasak. Tambahkan sedikit air dan masak hingga saus meresap ke dalam kepiting. Kamu juga bisa membeli saus kepiting siap saji dengan berbagai jenis rasa, seperti saus padang, bulgogi atau bahkan gochujang

Baca Juga: Rahasia Sukses Memasak Ayam Enak dan Juicy: Cara Membersihkannya dengan Benar

Selain lezat, kepiting juga kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Berikut adalah beberapa kandungan nutrisi dalam kepiting:

Protein dan Karbohidrat

Kepiting mengandung protein yang tinggi, yakni sekitar 20 gram per 100 gram daging. Selain itu, kepiting juga mengandung karbohidrat yang rendah sehingga aman dikonsumsi bagi orang yang sedang diet rendah karbohidrat.

Lemak dan Kalori

Kepiting mengandung sedikit lemak dan kalori, sehingga cocok dikonsumsi bagi orang yang ingin menjaga berat badannya.

Baca juga:  Xavi Hernandez Akui Barcelona Susah Payah Kalahkan Villarreal

Vitamin dan Mineral

Kepiting juga kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin B12, seng, fosfor, dan selenium. Vitamin B12 berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, sedangkan seng, fosfor, dan selenium berperan dalam menjaga kesehatan tulang, gigi, dan sistem kekebalan tubuh.

Mengolah kepiting bisa jadi sulit bagi sebagian orang, terutama dalam membersihkannya. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah yang diatas, kamu bisa membersihkan kepiting dengan mudah.

Baca Juga: Mau Makan Udang Enak? Ini Cara Membersihkannya yang Benar

Jangan lupa untuk membeli bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat hidangan tersebut. Untuk memudahkan kamu dalam berbelanja kebutuhan harian, yuk coba gunakan aplikasi Astro!

Dengan Astro, kamu bisa berbelanja kebutuhan harianmu dengan mudah, cepat, dan tanpa ribet. Tinggal buka aplikasi, pilih barang yang kamu inginkan, dan bayar dengan mudah melalui aplikasi. Tidak perlu keluar rumah atau antri lama di supermarket, semuanya bisa dilakukan dengan mudah di aplikasi Astro.

Jangan ragu untuk mencoba dan rasakan kemudahan berbelanja dengan Astro. Yuk, download aplikasinya sekarang juga dan nikmati kemudahan berbelanja untuk kebutuhan harianmu.