Jangan Salah Langkah! Panduan Lengkap Membersihkan Daging Slice dengan Baik

cara membersihkan daging sliced beef

Daging slice, atau yang lebih dikenal dengan sebutan “meat slice,” adalah daging yang sudah dipotong tipis dengan menggunakan mesin pemotong daging. Daging slice banyak digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat berbagai jenis hidangan, mulai dari hidangan Jepang seperti shabu-shabu dan yakiniku hingga hidangan Barat seperti sandwich dan salad.

Namun, meskipun daging slice sudah dipotong tipis dan seharusnya lebih mudah untuk dipersiapkan, masih banyak orang yang tidak tahu cara membersihkannya dengan benar. Padahal, membersihkan daging slice sebelum dimasak sangat penting untuk menghindari risiko keracunan makanan dan memastikan kebersihan dan kesegarannya.

Baca Juga: Cara Mengolah Seafood Agar Tidak Amis dan Pasti Lezat

Apa itu Daging Slice?

Daging slice adalah daging yang sudah dipotong tipis dan merata dengan menggunakan mesin pemotong daging. Ada beberapa jenis daging slice yang mungkin kamu temukan. Diantaranya dua jenis yang paling populer dan mudah ditemnukan adalah daging slice Shortplate dan daging slice Karubi. Perbedaannya adalah daging shortplate umumnya memiliki kandungan lemak yang lebih banyak dari daging Karubi dan mereka pun berasal dari potongan daging yang berbeda. Dalam industri makanan, mesin pemotong daging biasanya digunakan untuk memotong daging menjadi bentuk-bentuk yang diinginkan, termasuk daging slice. Jenis-jenis daging slice yang paling umum adalah daging sapi, ayam, dan babi.

Baca juga:  Tiongkok Desak Amerika Cabut Perjanjian Dagang dengan Taiwan

Mengapa Membersihkan Daging Slice Penting?

Membersihkan daging slice sebelum dimasak sangat penting untuk menghindari risiko keracunan makanan dan memastikan kebersihan dan kesegarannya. Ketika dipotong, daging slice menjadi lebih mudah terkontaminasi oleh bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti sakit perut, diare, dan muntah-muntah. Selain itu, jika daging slice tidak dibersihkan dengan benar, akan terdapat bakteri dan kotoran pada daging yang membuat rasanya menjadi tidak enak.

Cara Membersihkan Daging Slice Dengan Baik dan Benar

Berikut adalah cara membersihkan daging slice yang benar:

Persiapan Alat dan Bahan

  • Siapkan daging slice yang akan dibersihkan
  • Siapkan talenan atau piring yang bersih
  • Siapkan pisau yang tajam
  • Siapkan bahan pencuci, seperti air mengalir dan sabun pencuci piring

Baca Juga: Rahasia Sukses Memasak Ayam Enak dan Juicy: Cara Membersihkannya dengan Benar

Langkah-langkah Membersihkan Daging Slice

  1. Letakkan daging slice pada talenan atau piring yang bersih.
  2. Potong ujung-ujung daging slice yang terlihat kotor atau terdapat noda.
  3. Siram daging slice dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran yang terdapat pada permukaannya
  4. Celupkan daging slice ke dalam wadah yang sudah diisi dengan air bersih.
  5. Gosok-gosok permukaan daging slice dengan lembut menggunakan jari tangan atau sikat lembut hingga bersih..
  6. Keringkan daging slice dengan tissue dapur sebelum digunakan untuk dimasak.
Baca juga:  Facelift yang menggetarkan menjadikan SUV BMW X5 M dan X6 M 2024 lebih baik

Tips Ketika Memasak Cara Membersihkan Daging Slice

  • Jangan biarkan daging slice terlalu lama terpapar udara terbuka karena dapat menyebabkan pembusukan.
  • Masak daging slice pada suhu yang cukup panas untuk membunuh bakteri dan kuman yang mungkin masih terdapat pada daging.
  • Simpan daging slice yang belum dimasak di dalam kulkas pada suhu yang cukup dingin untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan kuman.

Kandungan Nutrisi Daging Slice

Daging slice mengandung berbagai nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh, seperti protein, lemak, zat besi, dan vitamin B12. Protein dalam daging slice dapat membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, sedangkan lemak dapat memberikan energi dan membantu penyerapan vitamin dalam tubuh. Zat besi dan vitamin B12 dalam daging slice dapat membantu mencegah anemia dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Membersihkan daging slice sebelum dimasak sangat penting untuk menghindari risiko keracunan makanan dan memastikan kebersihan dan kesegarannya. Dalam membersihkan daging slice, perlu dilakukan beberapa langkah yang benar dan teliti agar daging dapat bersih dan siap untuk dimasak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin memasak daging slice dengan benar dan sehat.

Baca juga:  James Arthur Kembali dengan Single 'A Year Ago'

Baca Juga: Cara Menyimpan Daging di Kulkas Agar Awet dan Tetap Segar

Jadi, itulah beberapa tips dan trik cara membersihkan daging slice yang benar dan aman untuk kamu lakukan di rumah. 

Bagi kamu yang ingin memasak menggunakan bahan berkualitas, kamu bisa membeli kebutuhan harianmu melalui aplikasi Astro dengan mudah dan cepat. Tidak perlu ribet pergi ke pasar atau supermarket, cukup dengan beberapa klik di aplikasi Astro, kamu bisa memperoleh bahan-bahan segar dan berkualitas untuk memasak di rumah.

Tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Astro sekarang juga dan nikmati kemudahan belanja kebutuhan harianmu.