8 Kloter Jemaah Haji Negara Indonesia Bergerak ke Makkah untuk Umrah Wajib

8 Kloter Jemaah Haji Negara Negara Indonesia Bergerak ke Makkah untuk Umrah Wajib

JAKARTA – Delapan kloter jemaah Haji Tanah Air berpindah dari Madinah menuju Makkah untuk menjalani umrah wajib. Para jemaah haji Nusantara yang dimaksud yang sudah ada sembilan hari tinggal pada Madinah diberangkatkan ke Makkah, hari ini Senin, (20/5/2024).

Sekitar pukul 5.30 pagi waktu Arab Saudi, satu puluh bus jemaah haji kloter JKG 01 diberangkatkan menuju lokasi miqat pada Masjid Bir Ali. Rombongan jemaah JKG 1 berangkat dari Hotel Abraj Taba Madinah untuk mengambil Miqat pada Masjid Bir Ali serta selanjutnya melaksanakan ibadah umrah di Makkah Al Mukarramah.

Sebanyak 392 jemaah haji dan juga anggota kloter JKG 1 adalah rombongan jemaah haji yang mana pertama kali tiba dalam Madinah pada 12 Mei lalu. Setelah menempuh 15 menit perjalanan, rombongan tiba ke Masjid Bir Ali.

Di di sini jemaah diberikan waktu maksimal 40 menit untuk melakukan niat ihram, Salat Sunah Tahiyatul Masjid lalu ihram. Sedangkan bagi jemaah lansia lalu disabilitas disarankan melakukan niat serta salat sunah di dalam di bus. Sebanyak 5 kloter selanjutnya akan diberangkatkan pada pukul 2 siang kemudian 2 kloter pada pukul 5 sore.

Baca juga:  Jemaah Haji Negara Indonesia Harus Waspadai Penularan MERS-COV

“Alhamdulillah pagi ini jemaah haji yang dimaksud diberangkatkan ke Makkah ada 392 jemaah yang dimaksud tergabung di JKG 1, jemaah haji dari Ibukota Barat. Ada 1 jemaah yang dimaksud dirawat pada KKHI. Akan kita lihat situasinya untuk berangkat ke Makkah,” kata Kadaker Madinah Li Maczhumi.

Hingga hari ini, ribuan jemaah haji Negara Indonesia gelombang 1 terus berdatangan ke Madinah. Bagi jemaah yang digunakan baru datang, mereka akan menjalani ibadah di dalam Masjid Nabawi kemudian kunjungan ke tempat bersejarah Islam.

Artikel ini disadur dari 8 Kloter Jemaah Haji Indonesia Bergerak ke Makkah untuk Umrah Wajib