5 Cara Mengatasi Video Tidak Bisa Diputar di Browser

5 Cara Mengatasi Video Tidak Bisa Diputar di area Browser

Jakarta – Anda mungkin pernah menemukan permasalahan saat memutar video dalam dalam browser. Ini dapat disebabkan hambatan dari satu file video maupun seluruh situs.

File video yang dimaksud mana tidaklah sanggup jadi diputar biasanya akan memunculkan pesan This video file cannot be played. (Error Code: 102630). Kode kesalahan dapat muncul akibat beberapa faktor, misalnya browser tidaklah kompatibel, driver grafis yang dimaksud digunakan lawas, atau ekstensi browser bermasalah.

Berikut cara mengatasi video yang tersebut dimaksud tiada bisa jadi jadi diputar, dirangkum dari Online Tech Tips, Senin (2/10/2023):

1. Update Browser

Satu hal yang mana digunakan mampu hanya Anda lakukan terlebih dulu adalah memperbarui atau update browser ke versi terbaru. Update akan meningkatkan kompabilitas format video berbasis web kemudian memperbaiki beberapa hambatan dari streaming.

Baca juga:  Segalanya tampak sedikit samar untuk Saga dalam video Alan Wake 2 baru ini yang baru keluar dari Summer Game Fest 2023

Biasanya update akan dikerjakan secara otomatis. Namun Anda mampu memeriksanya secara berkala di area dalam Settings untuk melihat apakah sudah dijalankan menggunakan browser terbaru.

Misalnya pada Google Chrome dengan masuk ke menu Chrome > Settings > About Chrome lalu juga tunggu hingga update berjalan sendiri. Sementara pada Safari, pengguna harus memperbarui MacOS, langkah masuk ke menu Apple > System Settings > General > Software Updates.

2. Hapus Cache Browser

Cache yang dimaksud mana lawas bisa jadi jadi menyebabkan permasalahan pada browser hingga memproduksi video dalam dalamnya tiada mampu diputar. Hapus seluruh data cache untuk memperbaiki permasalahan ini.

Untuk pengguna Google Chrome, mengakses menu Chrome > More Tools > pilih Clear Browsing Data. Pada popup tersebut, atur rentang waktu ke All Time (sepanjang waktu), ceklis pada boks serta juga pilih Clear Data.

Microsoft Edge dengan masuk ke menu Edge > Settings > Privacy, Search, and Services > What to Clear > atur waktu ke All Time > ceklis semua boks > Clear Now. Mozilla Firefox langkah dengan membuka Firefox > Settings > Privacy & Security > Clear Data > ceklis seluruh boks > Clear.

Baca juga:  Video gameplay Baldur's Gate 3 yang baru memperkenalkan Jason Isaacs sebagai Lord Enver Gortash

Terakhir Safari, mulai masuk ke browser > Clear History > atur Clear to all History > Clear History.

3. Putar Video dari Browser Lain

Jika Anda tidaklah mampu memutar video, coba untuk menggunakan browser lain. Beberapa browser dapat memutar steaming atau video tambahan baik dibandingkan lain.

Dengan cara ini juga sanggup jadi menentukan apakah permasalahan berasal dari browser atau sumber video yang mana diputar.

4. Update Driver Video Card

Cara lainnya adalah dengan memperbarui kartu grafis Anda. Pengguna PC dapat melakukannya dengan mengunjungi situs produsen kartu grafis kemudian unduh driver kartu video terbaru.

Berikutnya periksa Windows Updates untuk menambahkan pembaruan pada video hardware serta klik kanan untuk menekan tombol Start serta menuju ke Settings lalu juga Windows Update.

Sementara Mac harus memperbarui sistem software. Caranya masuk ke aplikasi Settings > General > Software Updates.

5. Matikan Ekstensi Pihak Ketiga

Ekstensi dapat menimbulkan hambatan yakni mengganggu seperti pemutar media. Matikan seluruh ekstensi dengan masuk ke manajemen add-on browser.

Baca juga:  Serial Mengharukan Sabtu Bersama Bapak Tayang Perdana 29 Juni di Prime Video

Sumber: CNBC Indonesia