Piaggio dan Autoliv sepakat mengembangkan airbag untuk sepeda motor

KabarOto.com – Untuk meningkatkan keselamatan berkendara, Piaggio dan Autoliv sepakat mengembangkan sistem airbag yang akan dipasang pada Piaggio MP3 yang merupakan skuter roda tiga.

Piaggio sendiri menjadi pabrikan sepeda motor kedua yang mengembangkan airbag, dimana Honda menjadi yang pertama dan memasangnya di model Gold Wing.

Sebelumnya, Piaggio dan Autoliv sudah menjalin kerja sama ini di ajang EICMA 2021.

Baca juga: Piaggio Indonesia Tanggapi Masalah Model Vespa dengan Melacak Skuter Listrik Lain

Sistem kerja airbag sepeda motor

Sekedar informasi, Autoliv merupakan perusahaan yang fokus pada teknologi airbag. Dengan pengalaman dan dukungan Piaggio, akan memudahkan terwujudnya impian memproduksi airbag untuk sepeda motor dan segera membawanya ke masyarakat umum.

Desain airbag Autoliv dan Piaggio mewakili komponen yang sangat besar. Saat dilipat, komponen ini diletakkan di belakang fairing, tepat di bawah setang.

Baca Juga: Cantik! Piaggio Indonesia resmi menjual aksesoris Vespa Primavera Color Vibe

Untuk sistem kerjanya, sama seperti airbag mobil. Namun, airbag ini berada di balik penutup yang terbuka dalam hitungan milidetik saat airbag dipompa oleh generator, yaitu gas kimia yang ditenagai oleh listrik.

Baca juga:  Ini memiliki Chery Tiggo 8 Pro e+ modern dan 7 Pro Hybrid

Selain itu, kedua perusahaan ini membuat celah penutup pada airbag yang didesain sedemikian rupa sehingga saat dipompa, airbag langsung menjerat tubuh bagian atas dan kepala pengendara.