Perusahaan Pembiayaan Ini Sudah Gelontorkan Rp 30 Miliar untuk Kendaraan Listrik

KabarOto.com – Kendaraan listrik mulai diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain ramah lingkungan, penggunaannya juga sangat hemat untuk kantong Anda, tanpa perlu membeli bahan bakar. Oleh karena itu, multifinance kini mulai fokus ke segmen ini, bahkan di tahun 2022 sudah menyalurkan Rp 30 miliar.

Jumlah tersebut tercatat dalam laporan tahunan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. atau Adira Finance. Dana ini dikucurkan untuk membiayai 415 unit kendaraan listrik tahun lalu, 333 unit sepeda motor listrik, dan 82 unit mobil listrik.

Baca juga: Penjualan Otomotif Meningkat di 2022, Pendanaan Adira Finance Capai Rp 31,7 Triliun

CEO Adira Finance I Dewa Made Susila mengatakan perubahan itu untuk mendukung pembiayaan produk ramah lingkungan dan menerapkan keuangan berkelanjutan.

Sepeda motor listrik semakin diminati oleh masyarakat Indonesia (Foto: KabarOto)

“Kami sudah masuk ke pembiayaan kendaraan listrik, tapi masih dalam tahap belajar. Adira telah membiayai Rp 30 miliar pada 2022 untuk kendaraan listrik,” jelas Made.

Adira Finance, menurutnya, akan terus mendukung program pemerintah, menyosialisasikan kendaraan berwawasan lingkungan bagi masyarakat. “Kami masih dalam tahap belajar untuk bisa masuk pembiayaan ini, karena masih banyak hal yang harus dipelajari”, tambahnya.

Baca juga:  Jiangnan U2, Mobil Listrik Murah Bentuk Reinkarnasi Suzuki Alto

Sebagai informasi, hingga 2022, Adira Finance mencatat, penjualan industri mobil baru ritel tumbuh 17% year-on-year menjadi 1,0 juta unit. Pertumbuhan didorong oleh perpanjangan masa insentif pajak PPnBM, serta perbaikan iklim usaha.

Baca juga: Kehadiran sepeda motor listrik baterai jadi daya tarik IMOS 2022

Kemudian, penjualan retail sepeda motor baru mencapai 5,3 juta unit, tumbuh 4% year-on-year. Pinjaman baru ADMF meningkat 22% menjadi Rp 31,7 triliun. Jumlah ini didorong oleh pertumbuhan pembiayaan untuk segmen otomotif.