Jabar Internasional Marathon 2022 di Pangandaran, Upaya Bangkitkan Sport Tourism Pasca Pandemi

Jabar International Marathon (JIM) 2022 digelar di Kabupaten Pangandaran pada Minggu, 20 November 2022.

Penyelenggaraan lomba lari terbesar di Jawa Barat ini sempat absen dalam dua tahun terakhir setelah pandemi COVID-19.

Humas JIM Eksi mengatakan lomba lari massal jalan raya ini diselenggarakan dengan titik start dan finish di pantai Pangandaran. “Sebagai salah satu upaya untuk kembali membangkitkan aktivitas sport tourism di Jawa Barat,” kata Eksi, Minggu (20/11/2022).

Dia mengatakan ada 4 kategori jarak para pelari Jabar International Marathon. Diantaranya lari dengan jarak 42 Km, 21 Km, 10 Km dan 5 Km.

“Sementara ini jumlah peserta yang mengikuti JIM 2022 ada sebanyak 1600 pelari yang berasal dari regional, nasional dan internasional. Tercatat ada yang berasal dari Kenya, China dan Belanda,” ucapnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi sejumlah pejabat lingkup pemerintah Pangandaran membuka berjalannya acara JIM 2022.

“Semoga Jabar International Marathon ini selain jadi ajang bertemunya orang-orang sehat, bisa mendorong Pangandaran jadi sport tourism di Jabar,” kata Ridwan Kamil.

Baca juga:  Bupati Jeje Wiradinata Launching Penanaman Puluhan Ribu Bibit Mangrove Bantuan Kemensos

Selain itu, Ridwan berharap para pelari tidak hanya ikut marathon saja tapi bisa menikmati pariwisata Pangandaran usai melakukan kegiatan.

Diharapkan, JIM akan menjadi salah satu pendorong yang efektif untuk bergeraknya kembali roda ekonomi yang relevan.

“Runners akan diajak untuk menikmati kearifan lokal Kabupaten Pangandaran dengan
semangat “Berlari Menuju Indonesia Juara”,” ucapnya.

Rute lari disiapkan khusus sehingga runners dapat berkeliling melintasi sejumlah ikon dan spot menarik di sekitar Pantai Pangandaran.

Spectators dan sapa warga yang hangat bersahabat pun akan menyambut pelari di lintasan.

“Dengan kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini mulai bisa terkendali, Provinsi Jawa Barat kembali mengajak para pelari berwisata olahraga ke daerah selatan Jawa Barat, tepatnya Kabupaten Pangandaran,” ucapnya.

Adapun Rute Perjalanan yang akan ditempuh pelari dengan jarak tempuh yang berbeda.

1. Rute 42 Km

42 Km marathon ditempuh dari Pangandaran Sunset menuju Cikembulan lari sambil melihat indahnya pantai. Kemudian keluar menuju jalan Raya Pangandaran-Cijulang sampai ke Parigi kemudian rute dilanjutkan ke arah Cintakarya, Bojong, Sidamulih, Sidomulyo hingga ke Pantai Pangandaran.

Baca juga:  Tunjukkan Nasionalisme, Karang Taruna Desa Gelar Upacara Bendera

2. Rute 21 km

Untuk jarak 21 km berlari dari pantai Pangandaran Sunset menuju Cikembulan, Pajaten, Sidomulyo, Jalan PJ KA, masuk jalan siliwangi menuju Pananjung Pangandaran.

3. Rute 10 Km

Sementara jarak 10 km ditempuh melalui pantai Pangandaran sunset menuju Cikembulan bundaran marli, kemudian putar balik.

4. Rute 5 Km

Sedangkan jarak 5 km ditempuh melalui jalan Pangandaran Sunset menuju Pamugaran kemudian putar balik.