Frank Wormuth akan Dampingi Timnas Indonesia U-17 Mulai Bulan Depan

Frank Wormuth mulai dampingi Timnas Indonesia U-17 pada Agustus 2023 (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Frank Wormuth akan mendampingi Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-17 mulai Agustus 2023. Kepastian itu disampaikan oleh Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir.

Legenda Timnas Jerman itu diketahui ditunjuk oleh PSSI untuk menjadi konsultan pendamping pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti. Dia akan mendapatkan kontrak selama empat bulan, hingga perhelatan Piala Dunia U-17 2023.

Kehadiran Wormuth diharapkan dapat membantu Bima menggodok Garuda Muda. Selain itu, Wormuth juga diharapkan bisa menjadi fasilitator ketika Garuda Muda melangsungkan pemusatan latihan di Jerman.

“Jadi coach Frank akan datang Agustus, lalu ada pendampingan seminggu dua minggu di sini sampai dia mengerti karakter dan kondisi pemain, supaya waktu di Jerman kita tidak perlu ada adaptasi panjang,” kata Erick kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia di Menara Danareksa, Selasa (25/7/2023). 

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir (Foto: MPI/Cikal Bintang)
Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir (Foto: MPI/Cikal Bintang)

Erick mengatakan Wormuth akan menyediakan berbagai kebutuhan Timnas Indonesia U-17 di Jerman. Mulai dari lapangan, persiapan tim, hingga lawan bertanding yang cocok. 

Namun sebelum bertolak ke Jerman, Timnas Indonesia U-17 nantinya akan dijajal dengan Korea Selatan U-17. Laga itu dimaksud untuk mempersiapkan mental sekaligus menilai kesiapan para pemain. 

“Di sana dia akan menyiapkan fasilitas, upgrading skill apa, lawan bertanding siapa yang cocok, misalnya ‘oh kalau lawan bertanding mirip tim A, kita akan bawa tim dari Jerman yang lebih gaya Amerika Latin, karena setiap tim ada gaya, ini yang coba dia lihat, supaya di Jerman nanti kita efektif dan tak perlu adaptasi panjang,” jelas mantan presiden Inter Milan itu. 

“Tapi tentu dalam seleksi di Jerman, ada pemain-pemain yang bisa dikembalikan atau ditambahkan sesuai dengan persiapan tim yang ada di Jerman, tetapi kita juga coba, jangan sampai nanti ke Jerman, ada lawan tanding, biasa mentalnya ga siap, nah makanya kita tandingin dengan Korea U-17 dulu,” tutupnya. 

Editor : Saliki Dwi Saputra

Follow Berita Sportstars di Google News