Fitur Kunci Layar pada WhatsApp Akan Tersedia di WhatsApp Desktop

Beberapa tahun yang lalu, WhatsApp telah merilis fitur kunci layar pada WhatsApp beta untuk pengguna Android dan iOS. Lewat fitur ini, pengguna mendapatkan keamanan ekstra sehingga aplikasi tersebut tidak bisa dibuka oleh sembarang orang.

Fitur ini tidak tersedia di klien web/desktop, tetapi WhatsApp akhirnya mengembangkan solusi dengan membawa opsi kunci layar ke pembaruan masa depan WhatsApp Desktop versi beta, demikian dilansir Indozone dari WABetaInfo, Senin (21/11/2022).

Dari tampilan yang dibagikan oleh WABetaInfo, kata sandi diperlukan setiap kali pengguna membuka aplikasi dan sangat berguna ketika penggunanya berbagi PC dengan orang lain.

Meski bersifat opsional, namun pengguna WhatsApp desktop tetap memiliki kontrol lebih dan dapat memilih kapan aplikasi tersebut harus dikunci. Kata sandinya pun bisa diatur sedemikian rupa oleh pengguna, sehingga kata sandi tersebut hanya bisa diketahui oleh si pengguna.

Kalau lupa kata sandi gimana dong?

Eits jangan khawatir guys! pengguna hanya perlu keluar dari aplikasi dan masuk lagi ke WhatsApp Desktop dengan menghubungkan perangkat Anda dengan kode QR.

Baca juga:  Cara Mudah Membuat QR Code Menggunakan Canva Lewat Laptop dan Ponsel

Sebagai berita tambahan, WhatsApp juga dapat mengimplementasikan fitur yang memungkinkan pengguna mengunci aplikasi dengan menggunakan Touch ID di Mac saat sensor sidik jari tersedia.

Kemampuan untuk melindungi WhatsApp desktop dengan menggunakan fitur kunci layar masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut dan akan dirilis pada pembaruan aplikasi di masa mendatang.

Tanggal perilisannya pun belum diketahui pasti karena pihak terkait masih merahasiakannya, so kita tunggu kabar selanjutnya saja ya guys!