Dukung Pertumbuhan Buah Hati, Dancow Remajakan RPTRA Garuda Jakarta Timur

UNTUK merayakan Hari Anak Nasional 2023 dan mendukung Gerakan #AkuDanKauSukaDancow dengan Dukungan Dua Juta Ibu untuk tumbuh kembang potensi anak usia satu tahun ke atas di Indonesia, Nestlé DANCOW Imunutri meremajakan ruang publik terbuka untuk anak di lima kota.

Lima kota tersebut adalah Jakarta, Banjarmasin, Tebing Tinggi, Makassar, dan Sidoarjo. Pada 21 Juli 2023, bersama Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur dan TP PKK DKI Provinsi DKI Jakarta, Nestlé DANCOW Imunutri meresmikan penyelesaian renovasi Ruang Publik Terpadu Ramah Bayi (RPTRA) Garuda di Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Peremajaan di RPTRA Garuda Jakarta Timur meliputi pembangunan pondok pendidikan dengan rak buku dan alat bermain, serta merenovasi taman dan sarana bermain anak.

Sufintri Rahayu, Director of Corporate Affairs PT Nestlé Indonesia, mengatakan Nestlé Indonesia percaya bahwa dengan memberikan dukungan kepada para ibu untuk mengoptimalkan stimulasi dan eksplorasi anak usia satu tahun ke atas, akan lahir generasi masa depan yang lebih baik untuk bangsa.

Baca juga:

Pentingnya dukungan ibu untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi

Anak-anak diajak bertani bersama. (Foto: Dancow)

Melalui peremajaan ruang publik ramah anak di lima kota di Indonesia, termasuk di RPTRA Garuda Jakarta Timur, diharapkan adanya ruang bermain yang aman dan nyaman untuk mendorong berkembangnya potensi terbaik anak.

Baca juga:  Hasil Grand Final Proliga 2023: Jakarta LavAni Pertahankan Titel Juara Usai Tumbangkan Bhayangkara Presisi

Orissa Anggita Rinjani, psikolog dan salah satu pendiri Rumah Dandelion, setuju dengan pernyataan tersebut dan menjelaskan bahwa mengajak anak bermain dan berinteraksi di ruang terbuka dapat membantu mereka mengembangkan aspek kognitif, motorik, linguistik, dan sosial secara tepat.

Menurut Orissa, perkembangan semua aspek tersebut akan berdampak pada peningkatan rasa percaya diri anak, sehingga memaksimalkan potensi belajar dan kreativitasnya.

Orissa memberikan beberapa tips untuk merangsang perkembangan motorik dan literasi pada anak, antara lain:

1. Mengajarkan kosa kata baru menggunakan suasana di ruang terbuka seperti tumbuhan, hewan dan elemen lingkungan lainnya untuk memberikan pengetahuan dan pengenalan kosa kata ini.

2. Saat bermain dengan anak, jelaskan apa yang mereka lihat dengan gerakan yang relevan, seperti ‘melihat’, ‘memegang’, ‘mengambil’, dll., untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang hubungan antara gerakan dan makna kata.

Baca juga:

Membesarkan anak agar kreatif melalui Program Pengasuhan Anak Indonesia

Anak-anak diajak melukis sampul. (Foto: Dancow)

3. Mengembangkan kesadaran menulis dengan mengajak anak memperhatikan rambu-rambu RPTRA, seperti membaca rambu “Masuk” atau “Jangan menginjak rumput”, serta simbol-simbol di taman.

Baca juga:  Mantan Kapten Timnas Indonesia Dukung Program 7 Jurus Jitu La Nyalla untuk Sepak Bola Indonesia

4. Ajak anak berdiskusi tentang situasi sosial di sekitarnya untuk merangsang anak mendengarkan, memahami orang lain dan kemampuan mereka mengungkapkan ide.

5. Beri anak kesempatan untuk mendokumentasikan pengalaman di luar ruangan melalui foto, tulisan atau video agar mereka bisa belajar mengungkapkan bahasa dan berefleksi.

Program peremajaan ruang publik terbuka anak merupakan bagian dari Dukungan Dua Juta Ibu, yang seharusnya menjadi pilihan kegiatan bagi orang tua untuk merangsang potensi anak dengan baik. (waf)

Baca juga:

Resep puding susu oreo enak untuk si kecil



Source link