Bola  

Diduga Jadi Pemain Ilegal, Yanis Issoufou Kabarnya Dilarang Main Lagi Bersama Prancis di dalam Piala Planet U-17 2023

Diduga Jadi Pemain Ilegal, Yanis Issoufou Kabarnya Dilarang Main Lagi Bersama Prancis dalam di Piala Planet U-17 2023

SEPUTARPANGANDARAN.COM, Jakarta – Penyerang timnas Prancis U-17 Yanis Issoufou kabarnya dijatuhi hukuman larangan bermain lagi pada Piala Planet U-17 2023 oleh FIFA. Hal ini imbas dari dugaan status pemain ilegal.

Dugaan yang dimaksud bermula dari laporan timnas Senegal untuk FIFA pada 23 November lalu. Dalam surat resminya, Federasi Sepak Bola Senegal (FSF) menyoroti keberadaan Issoufou yang mana dianggap tak sah untuk berlaga di dalam Piala Bumi U-17 2023 dikarenakan beliau sebelumnya diketahui sempat membela Nigeria U-17 pada kualifikasi Piala Afrika U-17 2022. Ajang yang disebutkan secara bukan dengan segera berhubungan dengan Piala Planet U-17 2023 lantaran duta Afrika ditentukan dari perlombaan tersebut.

Selain Senegal, Burkina Faso juga sempat melayangkan mengkritik serupa. Keduanya merupakan kelompok yang digunakan dikalahkan Prancis di area Piala Planet U-17 2023 kemudian sama-sama ingin agar skuad asuhan Jean-Luc Vannuchi didiskualifikasi dari turnamen.

Namun, permintaan yang dimaksud tidak ada dikabulkan oleh FIFA. Menurut laporan L’Equipe, tempat Les Bleus tidaklah akan terpengaruh di kompetisi ini. Akan tetapi hukuman telah lama diberikan terhadap pemain yang digunakan bersangkutan. Issoufou disebut sudah ada ditangguhkan sementara oleh FIFA dari Piala Planet U-17 2023. 

Baca juga:  Waktunya Cuma 10 Menit, Pembukaan Piala Dunia U-17 2023 akan Dibuat Semenarik Mungkin

Dengan begitu, winger jika klub Montepellier itu tidaklah akan tampil lagi di tempat sisa turnamen. Pemain berusia 17 tahun itu sudah ada tak masuk di skuad Prancis sejak putaran 16 besar melawan Senegal. Kemudian nama Issoufou juga tak ada ketika Le Bleus mengalahkan Uzbekistan di dalam perempat final.

Di sisi lain, Senegal juga sudah memutuskan untuk tidak ada melanjutkan hambatan ini. Dalam keterangan ditulis yang digunakan ditandatangani Sekretaris Jenderal FSF Victor Seh Cisse, merekan mengungkapkan telah menerima surat balasan melawan membantah yang tersebut dilayangkan dan juga meminta-minta FIFA mengakui kesalahan ini.

Issoufou tercatat selalu bermain pada tiga laga fase grup Piala Planet U-17 2023 melawan Burkina Faso, Korea Selatan, dan juga Amerika Serikat. Ia mencatatkan dua assist pada waktu Les Bleus mengalahkan Amerika Serikat juga Burkina Faso.

Timnas Prancis U-17 pada masa kini sudah pernah menegaskan diri lolos ke sesi semifinal Piala Global U-17 2023. Mereka akan berhadapan dengan Mali pada Stadion Manahan, Solo, Selasa, 28 November 2023 mulai pukul 19.00 WIB. Yanis Issoufou kemungkinan besar tidaklah akan bermain pada pertandingan tersebut.

Baca juga:  TC di Jerman Selama 17 Hari, Timnas Indonesia U-17 Alami Perubahan Fisik

L’EQUIPE, SPORTS NEWS AFRICA

Pilihan Editor: Piala Planet U-17 2023: Pelatih Timnas Mali U-17 Sesumbar Timnya Bisa Cetak 10 Gol ke Gawang Prancis di area Semifinal

Sumber: tempo