Cerita penjual mukena dapat penghargaan di dalam Shopee Super Awards 2023

Cerita penjual mukena dapat penghargaan di dalam pada Shopee Super Awards 2023

SEPUTARPANGANDARAN.COM, DKI Jakarta – Shopee kembali menyelenggarakan Shopee Super Awards 2023 sebagai turnamen penghargaan untuk pihak dan juga figur yang dimaksud sudah berkontribusi bagi perkembangan sektor ekonomi digital bersatu teknologi Shopee pada satu tahun terakhir, termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal.

UMKM lokal dianggap mempunyai peran penting sebagai penggerak roda perekonomian Indonesia. Oleh akibat itu, tiada heran apabila sebagian kategori di tempat Shopee Super Awards 2023 ditujukan khusus untuk para pelaku UMKM yang tersebut telah dilakukan memberikan dampak positif melalui ekosistem e-commerce Indonesia.

Salah satu UMKM yang sukses menyabet penghargaan di area Shopee Super Awards 2023 ini adalah pemilik UMKM Azella Collections Triana Saptiaji. Triana berhasil menyabet penghargaan pada kategori Super Livestreamer UMKM, berkat ketekunannya menggunakan ciri ‘live streaming’ hingga sukses mengedarkan ribuan item pada satu hari.

Triana pun berbagi kisah untuk awak media mengenai perjalanannya merintis usaha mukena onlinenya. Awalnya, pria berusia 43 tahun ini memiliki bidang usaha konveksi, namun perputaran modalnya dirasa cukup lama oleh sebab itu berbagai dari para pelanggannya yang digunakan membayar di tempo yang cukup lama.

Baca juga:  Aplikasi Yup Hadirkan Fitur 'Bayar E-Commerce'

“Saya telah pakai Shopee dari tahun 2015, tapi waktu itu cuma untuk belanja aja, dan juga waktu itu saya masih punya industri online konveksi. Istri saya bilang, zaman semakin canggih, semakin modern, jadi serba digital, jadi harus bisa saja melangkah ke depan. Selain itu, sebagai UMKM kecil kita butuh yang bisa jadi perputaran modalnya bisa jadi cepat, serta akhirnya saya mengungkap Azella Collections di area Shopee. Alhamdulillah, bersyukur banget ambil tindakan itu,” ungkap Triana.

Pandemi COVID-19, menjadi titik balik pada perjalanan usaha Triana. Pria kelahiran Tasikmalaya ini, mengandalkan fasilitas live streaming pada Shopee, untuk mengembangkan industri mukenanya. Hasilnya pun cukup mengesankan. Azella Collections berhasil mengirimkan hingga 1.500 item pada waktu kampanye tanggal kembar berlangsung.

“Namanya era digital, kita sebagai pelaku UMKM mau nggak mau harus belajar biar mampu berkembang. Akhirnya saya pelajari itu fitur-fitur dalam Shopee termasuk live streaming. Sehari bisa jadi live sampai 7 sesi. Alhamdulillah bisa saja tembus beratus-ratus jt pada sehari waktu 12.12,” ujarnya.

Baca juga:  Izin E-Commerce dan Social Commerce Bakal Berbeda

Berkat bisnisnya yang berkembang, Triana berhasil mewujudkan cita-cita untuk membuka lapangan pekerjaan bagi 100 orang pegawainya.

Lebih lanjut, ia masih berjuang menuntaskan misinya untuk memberikan dampak positif pada daerahnya dengan menghurangi tingkat pengangguran pada Kawalu, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kisah sukses menjadi inspirasi bagi pelaku UMKM lainnya, memberikan bukti bahwa pemanfaatan fitur-fitur inovatif dalam wadah e-commerce dapat menyebabkan kesuksesan dan juga perkembangan perusahaan yang tersebut signifikan.