Cedera yang lebih serius, Miguel Oliveira absen dari MotoGP Prancis 2023

KabarOto.com – Pembalap CryptoDATA RNF Miguel Oliveira dipastikan absen dari MotoGP Prancis 2023 setelah mengalami kecelakaan di GP Spanyol akhir pekan lalu.

Sebelumnya, Miguel absen di GP Portugal karena cedera usai terlibat insiden dengan Marc Marquez (Repsol Honda) di Portimao. Setelah itu, ia kembali terlibat kecelakaan di GP Spanyol.

Baca Juga: Dorna Sports Uji Sistem Komunikasi Radio untuk Keselamatan Pembalap MotoGP

Detik-detik kecelakaan antara Miguel dan Quartararo

Insiden itu terjadi saat Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) terpojok di samping Marco Bezzecchi (Mooney VR46) saat melakukan pengereman dan menyenggol Miguel. Akibatnya, Miguel dilarikan ke fasilitas medis dan dijatuhi hukuman dislokasi bahu kiri. Tim juga memastikan bahu pilot berhasil direposisi.

Setelah pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit, ditemukan luka yang lebih serius, termasuk patah tulang lengan atas dan kerusakan ligamen labrum anterior, yang menahan bahu pada tempatnya. Dengan demikian, pebalap asal Portugal itu memutuskan untuk tidak menghadiri Grand Prix Prancis dan fokus pada proses rehabilitasi.

Tim yang dikomandani Razlan Razali itu membiarkan Miguel absen dan menempatkan pembalap pengganti yakni Lorenzo Savadori di GP Prancis pada 14 Mei.

Baca juga: Honda Tes Sasis Baru Kalex di Tes MotoGP Jerez 2023

Raul Fernandez akan menjalani operasi dan diperkirakan akan tampil di GP Prancis 2023

“Meski Miguel dan tim dokter sudah sepakat untuk tidak menjalani operasi, pemulihannya akan memakan waktu lama. Karenanya, tidak bisa tumbang di GP Prancis. Dengan absennya Miguel, Lorenzo Savadori akan menggantikannya. Sebagai test rider Aprilia, dia menjadi akrab dengan tim saat mengalami crash pada tes MotoGP di Jerez,” demikian keterangan resmi RNF Aprilia.

Baca juga:  Hamka Hamzah Yakin Ada Sisi Positif dari Drama Rebutan Pemain Thomas Doll Vs Shin Tae-yong

Selain Miguel, rekan setimnya, Raul Fernandez juga harus menjalani operasi sindrom kompartemen di lengan kanannya. Operasi ini dilakukan karena cukup sulit baginya untuk mengendarai sepeda motor dalam beberapa balapan terakhir. Pembalap Spanyol itu diharapkan cepat pulih dan bisa membalap di Prancis.