Gadget  

Bocoran Spesifikasi OnePlus 12, Bakal Pakai Cip Snapdragon 8 Gen 3 & Kamera Periskop

Jakarta, Gizmologi – Meski hingga saat ini kehadirannya di Indonesia masih belum jelas, sudah saatnya OnePlus menyiapkan flagship terbarunya. Dan dalam beberapa pekan terakhir, rumor terkait desain dan spesifikasi OnePlus 12 sudah mulai bermunculan, diharapkan membawa perbaikan pada chipset dan kamera.

Bisa dibilang sejarah peningkatan spek OnePlus dari satu generasi ke generasi berikutnya cukup acak – terlihat dari hadirnya alert slider yang tidak konsisten, alias tidak selalu hadir di semua generasi, meski itu salah satu ciri khasnya. Termasuk juga kelengkapan sensor kameranya, dimana OnePlus 11 benar-benar “turun” hanya dengan 2x optical zoom.

Sebelum munculnya bocoran spesifikasi OnePlus 12, render desain tersebut pertama kali dipublikasikan oleh salah satu pembocor informasi ternama, OnLeaks. Dipublikasikan oleh Smartprix, tampilannya sendiri tidak terlalu berbeda dengan OnePlus 11. Kecuali tampilan depan yang terlihat lebih datar dan modul kamera belakang yang sedikit berbeda berkat pengaturan sensor telefoto tipe periskop.

Baca juga: Debut OnePlus Nord 3 di India, dengan chip Dimensity 9000 dan kamera utama

Spesifikasi OnePlus 12 Kembali mendukung pengisian daya nirkabel

Spesifikasi OnePlus 12

Smartphone OnePlus selalu dikaitkan dengan performa tinggi, di mana konsumen bisa mendapatkan pengalaman terbaik dengan harga yang sedikit lebih terjangkau daripada membeli flagships lain seperti Samsung atau Apple. Dirilis akhir tahun ini, spesifikasi OnePlus 12 akan ditopang oleh chipset terbaru Qualcomm yang siap diluncurkan dalam waktu dekat, yakni Snapdragon 8 Gen 3.

Baca juga:  Pakai 4 Cara Menggunakan Samsung Smart Manager, Optimalkan Performa

Sejauh ini, masih harus dilihat aspek peningkatan apa saja yang akan dibawa Qualcomm ke chip terbarunya nanti. Bocoran lain mengklaim bahwa spesifikasi OnePlus 12 juga akan diperkuat dengan RAM 16GB LPDDR5X dan penyimpanan tipe UFS 4.0. Dipadukan dengan kapasitas baterai yang juga lebih besar, mencapai 5.400 mAh.

Spesifikasi OnePlus 12

Jika rumor spesifikasi OnePlus 12 benar, konsumen akan dapat mengisi ulang secara nirkabel alias nirkabel. Pasalnya, website Smartprix menyebutkan bahwa selain mendukung fast charging 100W, juga akan hadir wireless charging 50W. Layar depan juga akan ditingkatkan resolusinya menjadi 2K, menggunakan panel AMOLED LTPO 120Hz 6,7 inci.

Dan bagaimana dengan kameranya? Selain sensor utama dan ultrawide yang diklaim beresolusi 50MP, spesifikasi OnePlus 12 juga akan ditingkatkan melalui sensor telefoto tipe periskop yang memberikan 3x optical zoom. Dengan resolusi 64MP, OnePlus juga terus bekerja sama dengan Hasselblad untuk meningkatkan kualitas gambar secara keseluruhan.

Terinspirasi dari desain seri Reno10

Spesifikasi OnePlus 12

OnLeaks mengatakan bahwa desain OnePlus 12 kurang lebih sama dengan sebelumnya. Dan pada rendering di atas, smartphone ini akan tampil dalam warna hitam glossy, senada dengan permukaan sandstone khas seri OnePlus sebelumnya. Panel depan juga diduga lebih tipis dari sebelumnya, dan lokasi kamera selfie juga telah dipindahkan ke tengah atas layar – perubahan yang sama dibawa oleh Nothing Phone (2).

Baca juga:  HPM dan PT Telkom Ajak Gen Z Masuki Dunia Metaverse

Soal modul kamera belakang, tampaknya OnePlus juga mengambil inspirasi dari Reno10 Series 5G yang juga mengusung sensor periskop. Karena modul ini membutuhkan lebih banyak ruang, lampu flash LED dipindahkan ke luar lingkaran sensor kamera, sesuai dengan lekukan modul, dibuat lebih dekat ke sensor utama.

Secara umum, Qualcomm akan memberi tahu Anda merek mana yang siap menggunakan chip terbarunya setelah peluncuran resminya. Jika OnePlus termasuk salah satunya, kemungkinan besar bocoran spesifikasi OnePlus 12 di atas adalah benar adanya.