AWBG Bali 2023 Batal, Menpora Ungkap Sebenarnya Indonesia Selalu Siap Jadi Tuan Rumah Ajang Internasional

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Menpora Dito Ariotedjo dan Presiden PSSI Erick Thohir (FOTO: Sportsstars/Basudiwa Supraja)

JAKARTA – ANOC World Beach Games (AWBG) Bali 2023 resmi dibatalkan. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo dengan tegas menyatakan Indonesia selalu siap menjadi tuan rumah event internasional.

Pada Selasa malam (07/04/2023) WIB, AWBG melalui akun Instagram resminya mengumumkan bahwa pesta olahraga pantai terbesar di dunia itu resmi dibatalkan tahun ini. Ini karena waktu yang singkat untuk menemukan host baru.

Dito mengatakan, Indonesia selalu siap menjadi tuan rumah event internasional. Namun, kata menteri berusia 32 tahun itu, dalam mempersiapkannya diperlukan perencanaan yang matang.

“Indonesia selalu siap menjadi tuan rumah event internasional, olahraga dan event lainnya, dengan pembangunan infrastruktur dan SDM yang dicanangkan presiden hampir satu dekade lalu,” kata Dito.

“Namun pada kenyataannya dalam melaksanakan acara tersebut harus ada perencanaan yang matang agar kita dapat menerima tamu dengan baik”, lanjutnya.

Ia menyebut memang ada isu lain yang muncul setelah FIFA U-20 World Cup dibatalkan di Indonesia. Namun, menurutnya, Indonesia tidak memiliki masalah keuangan.

“Dari segi kemampuan finansial, jelas pemerintah selalu siap memberangkatkan kontingen multi event dan juga tidak pernah menunda pemberian medali kepada atlet peraih medali”, jelasnya.

“Sekali lagi, mewakili pemerintah, Kemenpora menyayangkan pembatalan event ini. Namun, kami juga jamin bahwa kami sangat siap menjadi tuan rumah event internasional ke depannya, seperti Piala Dunia FIBA ​​​​dan Piala Dunia U-17. ,” pungkasnya.

Editor: Hadi Febriansyah

Ikuti berita Sportsstars di berita Google