Fitur baru WhatsApp (WA) terus bertambah untuk memperkaya pengalaman pengguna. Baru-baru ini, WhatsApp menelurkan beberapa fitur anyar lagi, seperti Komunitas, menyembunyikan status online, hingga avatar seperti yang sudah ada di Instagram dan Facebook.

Bukan cuma WhatsApp “reguler” untuk perpesanan personal, WhatsApp Business juga kedatangan fitur baru yang bakal mempermudah pengguna mencari toko secara online. Setidaknya, ada enam fitur baru WhatsApp yang sudah dirilis dan dicoba di Indonesia. Berikut daftarnya.

1. Komunitas

Fitur baru WhatsApp yang pertama adalah Komunitas. Fitur ini sebelumnya sudah diumumkan di Indonesia sejak awal November dan diuji coba secara terbatas.

Tak perlu waktu lama, fitur Komunitas WhatsApp akhirnya bisa dicoba oleh seluruh pengguna di Indonesia. Fitur Komunitas berfungsi untuk mewadahi beberapa grup-grup kecil untuk mempermudah koordinasi secara online.

Namun, cara menggunakan fitur Komunitas agak berbeda dengan grup WhatsApp reguler yang sudah ada selama ini. Untuk melihat bagaimana cara kerja fitur Komunitas WhatsApp, bisa dilihat di artikel “Muncul Tab Komunitas di WhatsApp, Apa Kegunaannya?”.

Sementara cara menggunakan fitur Komunitas bisa disimak di artikel berikut “Cara Membuat Komunitas di WhatsApp untuk Tampung Banyak Grup”.

2. Polling

Fitur baru WhatsApp polling akhirnya juga bisa dicoba di Indonesia. Seperti namanya, polling memungkinkan pengguna melakukan jajak pendapat di grup maupun chat personal.

Fitur polling di WhatsApp mempermudah pengambilan suara, terutama di grup yang punya banyak anggota. Misalnya, menentukan waktu pertemuan rapat, titik temu, menu makan siang, dan masih banyak lagi.

Keputusan yang ditentukan juga bisa lebih efektif dan menghemat waktu. Apalagi jika di dalam grup tersebut terdapat puluhan hingga ratusan anggota. Cara membuat fitur polling bisa mengikuti langkah di artikel “Begini Cara Membuat Polling di WhatsApp Grup”.

3. Direktori WhatsApp

Fitur baru WhatsApp berikutnya adalah Direktori WhatsApp Business. Fitur ini memungkinkan pengguna WhatsApp, baik reguler maupun WhatsApp Business, untuk mencari berbagai toko di sekitar mereka berdasarkan kategori.

Sebelumnya, pencarian toko yang memiliki akun WhatsApp Business hanya bisa dilakukan melalui nama tokonya saja, bukan berdasarkan lokasi atau kategori.

Menurut Meta, induk perusahaan WhatsApp, fitur Direktori WhatsApp Business hadir untuk mempermudah pengguna mencari toko-toko yang belum mereka ketahui di WhatsApp, atau di sekitar mereka, berdasarkan kategorinya.

Fitur Direktori WhatsApp mengharuskan pengguna mengaktifkan lokasi untuk melihat toko-toko apa saja yang ada di sekitar mereka atau di suatu wilayah berdasarkan kategori. Bagaimana caranya? Simak selengkapnya di artikel “Fitur Direktori WhatsApp Business Hadir di Indonesia, Toko di WA Makin Gampang Dicari”.

4. Sembunyikan status online

Bagi sebagian pengguna WhatsApp, status “online” yang muncul setiap kali membuka aplikasi seolah-olah menjadi momok. Sehingga, tidak sedikit yang mencari trik menyembunyikan status online di WhatsApp dengan berbagai cara.

Untungnya, kini WhatsApp menggulirkan fitur baru untuk menyembunyikan status online lebih mudah. Dengan fitur ini, pengguna memiliki kontrol lebih untuk menampilkan status online kepada orang-orang yang diinginkannya saja.

Pengguna WA bisa menentukan siapa saja kontak yang bisa melihat status online tersebut saat dirinya aktif di WhatsApp. Bagaimana caranya? Ikuti langkahnya di artikel “Fitur Sembunyikan Status Online WA dari Orang Tertentu Sudah Bisa Dicoba di Indonesia”.

5. Avatar WhatsApp

Fitur baru WhatsApp satu ini mungkin belum merata di Indonesia. Namun, sebagian pengguna WhatsApp,terutama versi beta, sudah bisa mencoba fitur Avatar.

Fitur Avatar di WhatsApp ini mirip seperti yang ada di Facebook dan Instagram, di mana pengguna bisa membuat dan memodifikasi avatar sesuai keinginan mereka. Fitur Avatar ini dapat ditemukan di deretan tombol stiker di bagian bawah.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna WA akan diminta untuk membuat Avatar sesuai keinginannya. Bagaimana caranya? Bisa disimak di artikel “WhatsApp Mulai Sebar Fitur Avatar, Mirip Facebook dan Instagram”.

6. Chat ke nomor sendiri lebih mudah

Sama seperti avatar, fitur baru WhatsApp satu ini juga masih disebar secara terbatas untuk beberapa pengguna di Indonesia, terutama versi beta. Fitur chat ke nomor sendiri memungkinkan pengguna mengirim pesan dari dan ke nomor yang sama di WhatsApp.

Sebenarnya, chat ke nomor sendiri sama saja seperti ketika pengguna mengirim pesan ke pengguna lain, hanya saja tujuannya adalah nomor Anda sendiri. Cara ini tentu saja lebih mudah ketimbang menggunakan link tautan WhatsApp yang ditujukan ke nomor sendiri. Lantas, bagaimana caranya? Selengkapnya ada di artikel “Fitur Chat WhatsApp ke Nomor Sendiri Sudah Bisa Dicoba di Indonesia”.