6 Jenis Buah-Buahan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil, Ini Alasannya!

Buah-Buahan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Sebagai seorang ibu hamil, mengonsumsi buah-buahan segar dan sehat sangatlah penting untuk memastikan kecukupan asupan nutrisi harian. Namun, ada beberapa jenis buah-buahan yang sebaiknya dihindari karena dapat menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan janin dalam kandungan. Berikut ini adalah beberapa jenis buah-buahan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil.

Baca Juga: Daftar Resep Masakan Untuk Ibu Hamil yang Mual dan Mudah Dibuat

6 Jenis – Jenis Buah Yang Tidak Dianjurkan DIkonsumsi Ibu Hamil

1. Nangka

Nangka merupakan salah satu buah-buahan tropis yang kaya akan nutrisi dan serat. Namun, menurut informasi dari healthshots.com, Nangka menghasilkan panas dalam tubuh, oleh karena itu tidak disarankan dikonsumsi dalam jumlah besar selama kehamilan.

Meskipun begitu seorang ibu hamil dapat mengonsumsinya dalam jumlah kecil. Berlebihan dalam mengonsumsinya bukanlah ide yang baik, karena dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi ibu dan bayi..

2. Pepaya Muda

Pepaya muda merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sering dihindari oleh ibu hamil. 

Menurut situs Healthline, jenis lateks pada pepaya yang belum matang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil karena: dapat memicu kontraksi rahim yang kuat, yang dapat menyebabkan persalinan prematur. Lateks tersebut mengandung papain yang dapat disalahartikan oleh tubuh sebagai prostaglandin yang kadang-kadang digunakan untuk menginduksi persalinan. Selain itu, lateks tersebut juga dapat melemahkan membran penting yang mendukung janin.

Baca juga:  Ini Alasan HMD Global akan Menjual Perangkat Nokia Rekondisi

3. Durian

Durian dikenal sebagai salah satu buah-buahan favorit banyak orang, namun tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini disebabkan kandungan alkohol dalam durian yang cukup tinggi menurut situs Halalmui.com, dan jika kita melihat informasi yang diperoleh dari CDC, tidak ada jumlah penggunaan alkohol yang aman selama kehamilan atau saat berusaha hamil. Tidak ada waktu yang aman untuk mengkonsumsi alkohol selama kehamilan. Semua jenis alkohol sama berbahayanya, sehingga ada baiknya ibu hamil untuk tidak mengkonsumsi durian untuk sementara waktu

4. Nanas

Nanas memiliki kandungan asam yang cukup tinggi dan dapat memicu mual dan sakit perut pada ibu hamil. Selain itu, menurut informasi yang dilansir dari situs indiatimes.com, ibu hamil disarankan untuk menjauhi buah nanas. Nanas memiliki kandungan bromelain yang tinggi, yang merupakan enzim yang dapat melunakkan leher rahim dan juga dapat memicu kontraksi rahim. Hal ini dapat menginduksi persalinan prematur yang tidak baik bagi ibu dan bayi.

5. Pare

Pare merupakan sayuran yang memiliki rasa pahit dan sering dihindari oleh banyak orang, termasuk ibu hamil. Menurut informasi dari situs thehealthsite.com, dikatakan bahwa mengkonsumsi pare atau biji pare selama kehamilan dapat menyebabkan sakit perut, gangguan pencernaan, diare, dan nyeri di perut. Beberapa ahli mengatakan bahwa minum jus pare selama kehamilan dapat menginduksi kontraksi dan bahkan menyebabkan pendarahan, yang dapat menyebabkan keguguran.

Baca juga:  Bisakah saya mengganti oli dari merek yang berbeda tetapi dengan kekentalan yang sama? inilah jawabannya

6. Buah Persik

Buah persik mengandung banyak nutrisi dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, Menurut situs firstcry, mengonsumsi buah persik secara berlebihan selama kehamilan dapat meningkatkan suhu tubuh normal dan menyebabkan pendarahan. Kulit persik sebaiknya dihindari, karena tonjolan seperti rambut pada kulit persik dapat menyebabkan alergi pada tenggorokan atau memperburuk kondisi tenggorokan.

Bagaimana Mencegah Konsumsi Buah-Buahan yang Tidak Dianjurkan untuk Ibu Hamil

Baca Juga: Jangan Sampai Tidak Tahu Bunda, Ini Manfaat Buah Apel Untuk Ibu Hamil

Untuk mencegah konsumsi buah-buahan yang tidak dianjurkan untuk ibu hamil, kamu perlu memperhatikan jenis dan kandungan nutrisi dari setiap buah yang dikonsumsi. Berikut beberapa tips untuk mencegah konsumsi buah-buahan yang berisiko bagi ibu hamil:

1. Konsultasi dengan Dokter Kandungan

Sebelum mengonsumsi buah-buahan, ibu hamil disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu. Dokter dapat memberikan informasi dan rekomendasi mengenai jenis buah-buahan yang sebaiknya dikonsumsi atau dihindari selama masa kehamilan.

2. Perhatikan Kandungan Nutrisi Buah

Sebelum mengonsumsi buah-buahan, periksa terlebih dahulu kandungan nutrisi dan kandungan gula dari setiap jenis buah. Pilihlah buah-buahan yang kaya akan nutrisi dan rendah kadar gula.

3. Cuci Buah dengan Bersih

Sebelum dikonsumsi, pastikan buah-buahan dicuci dengan bersih untuk menghilangkan kotoran dan pestisida yang menempel. Hal ini dapat mencegah infeksi dan masalah kesehatan lainnya.

Baca juga:  Flek Hitam di Wajah Yang Membandel? Ini Cara Menghilangkan dan Mencegahnya!

4. Hindari Makanan atau Minuman yang Mengandung Buah yang Tidak Dianjurkan

Selain menghindari langsung mengonsumsi buah-buahan yang tidak dianjurkan untuk ibu hamil, juga hindari makanan atau minuman yang mengandung buah-buahan tersebut. Pastikan untuk membaca label pada kemasan makanan atau minuman untuk memastikan tidak terkandung buah yang berisiko bagi ibu hamil.

Dalam memilih buah-buahan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan, perlu diperhatikan kandungan nutrisi dan efek yang mungkin ditimbulkan bagi kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Beberapa jenis buah-buahan seperti nangka, pepaya muda, durian, nanas, pare, dan buah persik sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Namun, tetap konsumsi buah-buahan yang sehat dan kaya akan nutrisi untuk memastikan kecukupan asupan nutrisi harian selama masa kehamilan.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Buah Pir Untuk Ibu Hamil 

Nah, itu dia buah-buahan yang kurang baik dikonsumsi oleh ibu hamil yang harus kamu ketahui! Namun tidak berarti semua buah-buahan tidak baik untuk bumil! Kamu bisa langsung memesan buah-buah yang sehat untuk ibu hamil dari aplikasi Astro yang cocok banget untuk para ibu hamil. Sebab, aplikasi Astro memungkinkan kamu untuk memesan buah-buahan dan kebutuhan harian lainnya secara online dan pengantarannya cepat hanya 15 menit saja. Yuk, belanja sekarang di aplikasi Astro!