Trevel  

4 Ukuran Denah Rumah Minimalis 3 Kamar dan Contoh Desainnya

Pintuwisata.com – Denah rumah minimalis 3 kamar tidur mulai diapresiasi oleh sebagian orang akhir-akhir ini. Hal ini dikarenakan desain minimalis mendapat respon positif karena terlihat lebih sederhana namun tetap bisa elegan.

Tidak sedikit pemilik rumah yang ingin merombak desain rumahnya menjadi konsep minimalis. Bagi yang ingin merencanakan rumah minimalis dengan 3 kamar perlu memperhitungkan luas tanah dan budget.

Rumah minimalis 3 kamar tidur tentunya membutuhkan referensi baik dari segi ukuran maupun desain. Anda bisa menyimak pembahasan berikut untuk referensi ide tips dan ukuran rumah minimalis.

Denah Rumah Minimalis Ukuran 3 Kamar Tidur

Denah rumah minimalis 3 kamar tidur Memiliki berbagai ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan penghuni rumah. Ada denah rumah dengan 3 kamar berukuran 7×10, 7×9, 7×12 dan seterusnya.

Berikut ukuran denah rumah yang bisa Anda jadikan sebagai ide untuk mendesain rumah minimalis.

1. Ukuran Tanaman Minimalis 7 x 9

Ukuran Tanaman Minimalis 7 x 9
Ukuran Tanaman Minimalis 7 x 9

Denah minimalis 3 kamar berukuran 7×9 mungkin bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki lahan lebih sedikit. Anda bisa merancang desain rumah dua tingkat agar penggunaan ruang lebih efisien dan tertata.

Misalnya, di lantai satu Anda akan menemukan ruang utama, ruang tamu, dapur, dan ruang keluarga. Sedangkan lantai dua digunakan untuk dua kamar tidur yang bisa digunakan anak-anak Anda.

Anda bisa memodifikasi atap rumah minimalis untuk dijadikan sebagai tempat menjemur pakaian. Dengan begitu, pakaian Anda akan lebih cepat kering.

2. Denah minimalis ukuran 7 x 12

Ukuran Tanaman Minimalis 7 x 12
Ukuran Tanaman Minimalis 7 x 12

Denah rumah 7×12 3 kamar cocok untuk Anda terapkan saat memiliki luas tanah pas-pasan. Optimalkan luas lahan untuk membangun rumah sederhana dengan tiga kamar.

Baca juga:  BAMTC 2023: Gregoria Mariska Tahan Rasa Sakit dan Anthony Ginting Keluhkan Lapangan Licin

Isi denah rumah 7×12 meliputi tiga kamar tidur, teras, ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi dan dapur. Agar ruangan tetap terasa luas dan tidak terasa sempit, Anda bisa membatasi penggunaan sekat kecil saja.

3. Ukuran Tanaman Minimalis 6 x 9

Ukuran Tanaman Minimalis 6 x 9
Ukuran Tanaman Minimalis 6 x 9

Anda dapat mengoptimalkan penggunaan lahan untuk denah minimalis 3 kamar tidur 6×9 untuk mengisinya dengan ruang-ruang penting. Misalnya seperti kamar tidur, ruang keluarga, ruang tamu, dapur dan kamar mandi.

Untuk ruang keluarga, Anda bisa memadukannya dengan ruang tamu agar ruangan terasa lebih luas. Anda hanya perlu menambahkan partisi untuk membatasi penggunaan kedua ruang tersebut.

4. Denah minimalis 10 x 24

Denah minimalis 10 x 24
Denah minimalis 10 x 24

Dengan luas tanah yang cukup luas, Anda bisa membangun rumah dengan tiga kamar tidur. Meski memiliki konsep minimalis, rumah dengan kavling yang sangat luas akan terasa lega dan leluasa karena tidak memiliki ruangan yang sempit.

Rumah dengan ukuran 10 x 24 pun bisa ditambahkan taman kecil untuk menanam tanaman atau digunakan sebagai tempat menjemur pakaian. Selain itu, Anda bisa memasang kaca jendela berukuran besar agar sirkulasi udara berjalan lancar.

Tips merencanakan desain rumah minimalis 3 kamar

Sebelum Anda memutuskan untuk membangun rumah minimalis 3 kamar tidur, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba tentukan denah rumah minimalis 3 kamar tidur.

1. Menyusun rencana yang matang

Rumah adalah tempat untuk pulang dan beristirahat. Membuat rumah nyaman untuk ditinggali adalah hal mendasar yang harus dilakukan penghuni rumah. Oleh karena itu, sebelum mendesain rumah, ada baiknya membuat denah terlebih dahulu.

Desain denah bisa dari segi budget atau gambaran seperti apa denah rumah 3 kamar tidur dengan konsep minimalis. Anda perlu merinci semua pengeluaran yang mungkin diperlukan untuk menentukan jumlah anggaran.

Baca juga:  Wuling Sodorkan Penawaran Menggoda untuk Alvez dan Air Ev di GIIAS, Cek Promonya di Sini

Biaya yang mungkin Anda perlukan antara lain biaya bahan bangunan, biaya tenaga kerja, biaya tak terduga, dan lain-lain. Sesuaikan kebutuhan pembangunan dengan dana yang Anda miliki.

2. Mengutamakan kualitas ruangan

Mengisi rumah dengan 3 kamar boleh saja, karena kamar-kamar tersebut nantinya akan digunakan oleh orang tua, anak-anak, dan tamu. Namun, Anda juga perlu memperhatikan kualitas ruangan agar orang merasa nyaman.

Buatlah ruangan yang cukup luas untuk menampung kasur dan beberapa perabot. Karena jika ukuran ruangan terlalu kecil, pengguna bisa merasa sesak dan sesak. Belum lagi kebutuhan akan furnitur tambahan.

Furnitur kamar tidur yang bisa Anda tambahkan antara lain meja rias, lemari pakaian atau rak. Namun, jika areanya tidak terlalu luas, Anda bisa mempertimbangkan untuk menempatkan furnitur penting saja.

3. Buat Ventilasi

Ventilasi memainkan peran penting di setiap ruangan di rumah. Dengan adanya ventilasi, maka kualitas udara di dalam ruangan dapat ditingkatkan karena terjadi pertukaran udara dari dalam ke luar.

Selain itu, jika Anda memasang jendela di dalam ruangan, maka sinar matahari dapat masuk ke dalam ruangan. Kamar tidur juga membutuhkan sinar matahari agar penggunanya dapat merasa nyaman.

Ide desain rumah minimalis 3 kamar tidur

Anda mungkin bingung bagaimana menentukan desain denah rumah sederhana 3 kamar di kota atau kota. Berikut beberapa ide desain rumah minimalis yang bisa Anda jadikan referensi nantinya.

1. Proyek Rumah Minimalis dengan Garasi

Proyek Rumah Minimalis dengan Garasi
Proyek Rumah Minimalis dengan Garasi

Bagi anda yang memiliki kendaraan baik itu sepeda motor ataupun mobil tentunya anda membutuhkan garasi untuk menyimpan kendaraan anda. Walaupun Anda berencana membuat 3 kamar tidur, bukan berarti Anda tidak bisa membuat garasi juga.

Baca juga:  Naniek Rachmat Ubah Sulam Karawo Jadi Lebih Elegan, Segar, dan Dinamis

Anda bisa menyesuaikan letak garasi di bagian depan rumah, tepatnya di samping teras dan ruang tamu. Sedangkan kamar tidur berada di bagian belakang rumah melewati ruang tamu atau ruang keluarga.

2. Desain rumah minimalis tanpa garasi

Desain rumah minimalis tanpa garasi
Desain rumah minimalis tanpa garasi

Jika Anda merasa memang tidak membutuhkan garasi, maka tanah yang digunakan untuk membangun garasi bisa dibuat untuk memperluas ruang depan. Rumah dengan desain ini biasanya tipe 36 dengan desain tipe memanjang.

Sementara dua kamar tidur lainnya bisa bersebelahan dan berhadapan dengan ruang keluarga di bagian belakang rumah.

3. Desain rumah minimalis dengan sekat

Desain rumah minimalis dengan sekat
Desain rumah minimalis dengan sekat

Privasi setiap orang sangatlah penting, meskipun masih dalam satu keluarga. Sebagai upaya menjaga privasi satu sama lain, ruangan dalam rumah bisa diberi sekat berupa dinding.

Partisi berupa dinding akan membatasi setiap ruangan di dalam rumah. Sisa ruang kosong bisa dimanfaatkan sebagai ruang keluarga untuk berkumpul.

4. Desain rumah minimalis dengan dapur yang luas

Desain rumah minimalis dengan dapur yang luas
Desain rumah minimalis dengan dapur yang luas

Apa kamu suka memasak? Bagi anda yang suka memasak, denah rumah minimalis 3 kamar tidur dengan dapur yang luas tentunya akan menjadi pilihan yang tepat. Untuk membangun dapur yang luas, Anda dapat menghemat penggunaan area ruangan lainnya. Fokus membuat dapur idaman yang nantinya bisa Anda gunakan sebagai tempat berkreasi mengolah masakan.

penutupan

Jadi begitulah denah rumah minimalis 3 kamar tidur yang bisa anda gunakan sebagai referensi saat merencanakan proyek rumah. Untuk informasi lebih lanjut mengenai rencana dan proyek, Anda dapat mengunjungi Pintuwisata.com.