10 Tips Mudik Naik Motor yang digunakan Aman dan juga Nyaman

10 Tips Mudik Naik Motor yang digunakan Aman dan juga juga Nyaman

Jakarta – Motor masih menjadi transportasi pilihan yang tersebut diminati masyarakat untuk mudik ke kampung halaman pada waktu lebaran Idul Fitri. 

Sebagian khalayak memilih mudik pakai motor akibat dinilai lebih banyak hemat. Namun, perjalanan jarak berjauhan dengan motor memerlukan persiapan juga perhatian ekstra untuk menjamin keselamatan lalu kenyamanan. 

Sebenarnya, mudik naik motor bukan disarankan akibat berisiko tinggi terhadap kecelakaan jika dibandingkan mudik menggunakan mobil atau transportasi umum. Tapi, jikalau Anda memilih mudik naik motor, simak tips mudik naik motor agar aman lalu aman berikut ini.

Tips Mudik Naik Motor

1. Perawatan Kendaraan

Sebelum memulai perjalanan mudik ke kampung halaman, pastikan kendaraan pada status prima. 

Periksa oli, rem, lampu, dan juga ban untuk menjamin semuanya berfungsi dengan baik. Lakukan perawatan rutin lalu servis sesuai jadwal untuk mengelak kesulitan teknis dalam berada dalam perjalanan.

2. Tidak Membawa Barang Berlebihan

Pemudik tentunya akan menyebabkan tas ketika pergi mudik. Saat memilih mudik pakai motor, pilihlah tas  yang mana sesuai untuk mengakibatkan barang bawaan. 

Baca juga:  Korlantas Antisipasi Potensi Kemacetan Mudik Lebaran di Jalan Tol

Pastikan barang bawaan terpasang dengan kokoh kemudian seimbang di dalam motor. Selain itu, jangan mengakibatkan tas atau barang yang mana melebihi beban kendaraan agar bukan mengganggu keseimbangan pada waktu berkendara.

3. Tentukan Rute Perjalanan

Sebelum berangkat, tentukan rute perjalanan yang tersebut akan ditempuh. Pastikan untuk memilih rute yang digunakan aman lalu aman teristimewa untuk pengendara motor. Perhitungkan juga keadaan jalan serta kemungkinan sesudah itu lintas selama perjalanan.

4. Pakai Baju yang Tepat

Saat mudik naik motor, pakailah pakaian yang mana senyaman dan juga sesuai untuk perjalanan jarak jauh. Gunakan perlengkapan pelindung seperti helm, jaket, sarung tangan, kemudian sepatu yang mana memenuhi standar keselamatan. 

Hindari menggunakan sandal atau pakaian yang longgar yang mana dapat mengganggu konsentrasi Anda pada waktu berkendara. Jangan lupa untuk menghadirkan jas hujan agar tak kehujanan di dalam jalan. 

5. Istirahat Secukupnya

Selama perjalanan jarak jauh, penting untuk mengatur jadwal istirahat secara teratur. Berhenti setiap beberapa jam untuk istirahat, meregangkan otot, juga mengisi energi. Hindari berkendara pada kondisi lelah atau mengantuk untuk menjauhi kecelakaan.

Baca juga:  Wuling menyiapkan bengkel tunggu dan 70 titik servis untuk layanan Mudik Lebaran

6. Pantau Cuaca

Perhatikan keadaan cuaca sebelum berangkat lalu selama perjalanan. Hindari berkendara di situasi hujan atau cuaca buruk lainnya yang mana dapat mempengaruhi penglihatan serta kestabilan kendaraan. Saat hujan turun, disarankan untuk menepi lalu mencari tempat meneduhkan yang mana aman. 

7. Jaga Jarak dan juga Kecepatan

Selalu jaga jarak aman antara kendaraan Anda dan juga kendaraan lain di dalam sekitar. Hindari mengemudi terlalu cepat juga ikuti batas kecepatan yang dimaksud ditetapkan. Ingat, keluarga Anda mengawaitu di rumah. 

8. Perhatikan Tanda lalu Arus Lalu Lintas

Patuhi semua tanda dan juga aturan berikutnya lintas selama perjalanan. Berkendaralah dengan normal serta santai. Jangan pernah melakukan manuver berbahaya lainnya yang tersebut dapat membahayakan diri sendiri dan juga pengguna jalan lainnya.

9. Siapkan Dokumen dan juga Peralatan Darurat

Sebelum mudik pakai motor, pastikan Anda menghadirkan dokumen kendaraan kemudian identitas pribadi yang lengkap. Selain itu, bawa juga peralatan darurat seperti perban, ramuan ringan, juga alat-alat kecil lainnya yang digunakan kemungkinan besar dibutuhkan selama perjalanan.

Baca juga:  Jasamarga memberikan diskon 20% untuk Mudik dari tanggal 27 hingga 29 April 2023

10. Gunakan Aplikasi Navigasi

Beritahu keluarga atau teman dekat Anda tentang rute perjalanan Anda juga perkiraan waktu kedatangan. Gunakan program navigasi atau peta offline untuk membantu navigasi selama perjalanan.

RIZKI DEWI AYU

Artikel ini disadur dari 10 Tips Mudik Naik Motor yang Aman dan Nyaman