Game  

Terra Nil adalah hembusan udara sejuk dan segar yang dibutuhkan oleh genre pembangunan kota

Begitu banyak template pembangun kota tradisional berputar di sekitar Anda mengambil dari tanah: siapkan pangkalan Anda, mesin insinyur untuk mengekstraksi sumber daya dari tanah, dan mengaspal segala sesuatu yang terlihat untuk membangun kompleks industri Anda. Anda mengambil dari tanah, tetapi tidak pernah mengembalikan apa pun – mungkin Anda akan membuat sketsa halaman rumput yang terawat rapi atau ruang hijau publik, tetapi Anda melakukannya untuk kenyamanan, bukan untuk keberlanjutan. Anda melakukannya untuk peringkat yang lebih baik, atau populasi yang lebih bahagia, bukan karena Anda mencoba memberi kembali kepada planet yang telah mendukung Anda dan bertindak sebagai dasar dari semua ambisi Anda.

Pencapaian terbesar game ini adalah membuat kepuasan reklamasi terasa begitu menyenangkan.

Terra Nil menolak gagasan pembangun kota dengan sepenuh hati. Alih-alih, ia meminta Anda untuk melakukan kebalikan dari apa yang mungkin biasa Anda lakukan di saingan genre; meremajakan, menghidupkan kembali, menghidupkan kembali. Anda mendarat di planet mati – tempat yang layu dan kering dan diracuni oleh industrialisasi pandangan pendek dari populasi yang telah lama hilang – dan mulai bekerja untuk memperbaikinya kembali. Apakah itu tundra, pulau tropis, atau kota bobrok, Terra Nil memberi Anda area bumi mati dan berkata “simpanlah”, tanpa pertanyaan.

Baca juga:  MAKI Gugat Firli Cs dan Dewas KPK Terkait Lili Pintauli

Dari sini, sebuah pola mulai muncul. Anda perlu menghidupkan kembali ekosistem Anda yang sedang berjuang dalam tiga tahap. Tahap pertama selalu melibatkan Anda menambah daya dari lanskap – tetapi tidak ada pabrik yang menggunakan bahan bakar fosil di sini, tidak ada menara pendingin yang terlihat. Alih-alih, Anda perlu mencari tahu apa yang dihasilkan lingkungan ini dengan lebih baik untuk Anda – apakah Anda akan dapat menggerakkan scrubber beracun Anda dengan turbin angin atau pembangkit panas bumi, misalnya?

Ingin memperkenalkan kembali paus? Bersihkan lautan!

Setelah Anda bertenaga, dan racun dikeluarkan dari tanah, Anda dapat bekerja untuk mengubah zona bencana coklat-dan-krem yang kering ini menjadi sesuatu yang sama sekali lebih… hijau. Menempatkan mesin yang menghasilkan rumput dan menabur tanah untuk Anda adalah urusan yang sangat dingin, dan tarikan pasang surut yang lembut ke dalam kesombongan gameplay inti Terra Nil: teka-teki lingkungan. Menemukan keseimbangan yang tepat antara kekuatan yang diambil dari area lokal dan seberapa banyak tanah yang dapat Anda tutupi dengan hijau hidup adalah langkah pertama dalam putaran gameplay Terra Nil yang menggiurkan – dan kemungkinan besar akan membuat Anda ketagihan sejak dini. Lagi pula, Anda tidak bisa meninggalkan tempat seindah ini hanya setengah hidup, bukan?

Tidak Anda tidak bisa. Jadi, selanjutnya, Anda perlu meningkatkan keanekaragaman hayati. Selama empat level dalam game, ini dapat bervariasi secara dramatis – apakah Anda menghidupkan kembali dunia dengan membiarkan pembibitan bambu merangkak di atas fondasi gedung pencakar langit kuno yang terlantar? Apakah Anda memperkenalkan terumbu karang kembali ke lautan yang dulu dipenuhi minyak? Apakah Anda dengan hati-hati menempatkan rumah kaca ganggang untuk menumbuhkan hutan ganggang di atas permukaan tanah batu yang tidak dapat dihuni?

Di sini, elemen Terra Nil yang membingungkan menjadi lebih jelas. Membudidayakan Tundra, misalnya, mengharuskan Anda menanam irigasi di dataran tinggi sambil mempertahankan kelembapan rendah. Jadi, Anda dapat membakar sebagian tanaman hijau Anda – ideal untuk mendorong lebih banyak keanekaragaman bioma – dan memenuhi persyaratan untuk Tundra, sembari menciptakan lebih banyak keanekaragaman hayati. Tidak terlalu banyak bagian bergerak yang membuat Anda kewalahan, tetapi cukup bagi Anda untuk mulai melihat persneling berputar begitu Anda masuk ke bagian pengembangan ekosistem yang lebih baik. Menyempurnakan keseimbangan dan menyaksikan berbagai bioma Anda mulai bekerja sama? Ada kepuasan yang terasa tak tertandingi di ruang bangunan kota.

Terkadang Anda perlu membakarnya untuk memulai lagi.

Mengingat bahwa Anda hanya menarik dari pasokan energi yang sangat sedikit, sedikit yang dapat Anda ambil secara bertanggung jawab dari bumi, elemen manajemen sumber daya permainan berpadu sempurna dengan diversifikasi. Gunakan bangunan sesedikit mungkin, tinggalkan jejak sekecil mungkin, dan Anda akan bermain sesuai aturan Terra Nil. Dan ini akan menyiapkan Anda untuk bagian ketiga dan terakhir dari kampanye Anda: berkemas dan pergi. Jangan tinggalkan jejak Anda pernah di sini. Antitesis dari genre pembangun kota, diwujudkan dengan efek yang luar biasa.

Ini adalah bagian tersulit dari game ini – dan mungkin itulah pesan yang ingin dipupuk oleh pengembang Free Lives. Semuanya baik dan bagus untuk mendukung konservasi, tetapi bagian yang paling sulit adalah melangkah mundur sepenuhnya dan membiarkan alam mengambil jalannya. Jadi, Anda membangun stasiun daur ulang yang merusak semua mesin yang Anda tanam. Anda mengumpulkan bangunan Anda dengan drone, memuatnya ke dropship, dan meluncur. Di level pertama Anda, Anda mungkin berantakan; menyebarkan bangunan jauh dan luas dalam upaya untuk mengubah setiap inci peta. Tapi kemudian Anda menyadari, ini memiliki konsekuensi – lebih sulit untuk berkemas dan pergi. Jadi, di level selanjutnya, Anda membuat semuanya lebih terpusat, atau membangun di sepanjang rute yang mudah ditentukan sehingga lebih mudah untuk berkemas dan pergi saat waktunya tiba.

Segalanya bisa menjadi sangat rumit nantinya – dan Anda harus bisa membersihkannya.

Dari lokal ke lokal, Anda merasa pemahaman Anda tentang reklamasi meningkat. Kecil, tujuan opsional (kelembaban lebih dari 80%, toksisitas di bawah 10%, dan seterusnya) memberi Anda dorongan untuk beroperasi di luar batas minimum, dan melihat efek cuaca bertahan sebagai hasil dari kerja keras Anda sungguh menakjubkan. Satu level, khususnya, akan menghadiahi Anda dengan kembalinya aurora borealis – jika Anda meremajakan area tersebut dengan cukup baik.

Keseluruhan putaran hadiah di pusat Terra Nil dirancang agar Anda tetap berinvestasi dalam peremajaan alami planet ini. Dari menyemai tanah hingga menyempurnakan keseimbangan bioma, tidak ada permainan seperti ini – sadar lingkungan, utopis dalam pandangannya – dalam genre, atau dalam permainan secara lebih luas. Seorang pembuat teka-teki cerdas yang didandani dengan pesan yang luar biasa, pembangun anti-kota eksperimental dari Free Lives menghirup udara sejuk dan segar dalam genre yang telah stagnan untuk sementara waktu. Tarik napas, dan rasakan perubahan di udara.



Source link