Game  

Square Enix tampaknya senang dengan penjualan Final Fantasy 16, tetapi bayangkan jika dirilis di lebih dari sekadar PS5

Square Enix telah mengungkapkan bahwa mereka sama sekali tidak peduli dengan penjualan Akhir Fantasi 16 sejauh ini. Gim ini, dirilis secara eksklusif di PS5 pada 22 Juni, dikirim dan terjual secara digital sebanyak 3 juta unit dalam minggu pertama.

Angka tersebut berada di bawah rilis terbaru dalam seri, dan meskipun Square Enix tidak pernah secara resmi mengungkapkan target penjualan untuk game tersebut, tetap lebih rendah dari yang diperkirakan akan dijual oleh entri jalur utama berikutnya dalam seri Final Fantasy bertingkat.

Tapi, menurut Square Enix, penjualan game tersebut “sangat kuat”. Argumen penerbit adalah bahwa basis penginstalan PS5 lebih kecil, dibandingkan dengan PS4 ketika Final Fantasy 7 Remake – yang terjual 3,5 juta kopi dalam tiga hari – dirilis secara eksklusif di platform tersebut.

“Dengan 38 juta konsol PS5 dikirimkan secara global (per 31 Maret 2023), penjualan Final Fantasy 16 melampaui tiga juta unit di seluruh dunia beberapa hari setelah dirilis pada 22 Juni 2023,” kata Square Enix kepada IGN.

Baca juga:  HMD Global Bakal Memindahkan Produksi Ponsel Nokia dari China ke Eropa

“Dengan mempertimbangkan angka penjualan dari Final Fantasy 7 Remake yang terkenal dan perbedaan ukuran basis penginstalan PlayStation 4 pada saat perilisan judul ini, kita dapat melihat bahwa tingkat pemasangan Final Fantasy 16 cukup tinggi, diberikan basis penginstalan PS5.”

Perusahaan menambahkan bahwa meskipun senang dengan performa game sejauh ini, mereka akan “terus melakukan berbagai inisiatif untuk mendorong lebih banyak orang untuk memainkan game tersebut.”

Mengesampingkan perbedaan antara remake dan entri utama baru, penjualan Final Fantasy 16 juga tertinggal dari Final Fantasy 15. Game tersebut dirilis pada tahun 2016, dan berhasil terjual lebih dari 5 juta unit saat diluncurkan – menjadikannya Final Fantasy dengan penjualan tercepat yang pernah ada. (rekor yang belum dipecahkan).

Tentu saja, perbedaan utama di sini adalah Final Fantasy 15 dirilis secara bersamaan di PS4 dan Xbox One. Gim ini nantinya akan mencapai lebih dari 6 juta penjualan hanya beberapa bulan kemudian – jauh sebelum dirilis di PC.

Meskipun ada manfaat dari argumen Square Enix tentang tingkat lampiran Final Fantasy 16 vs judul sebelumnya, situasinya tidak jauh berbeda dari Final Fantasy 15 yang dirilis. Game itu keluar pada November 2016 – tiga tahun setelah kehidupan PS4 dan Xbox One.

Baca juga:  Laporan langsung PS5 dan Tanya Jawab Ed Boon – PlayStation.Blog

Final Fantasy 16 diluncurkan pada Juni 2023 – dua setengah tahun dalam kehidupan PS5. Saat ini, ada lebih dari 38 juta konsol PS5 di alam bebas. Sekitar perilisan Final Fantasy 15, ada lebih dari 50 juta PS4, bersama dengan lebih dari 30 juta konsol Xbox One.

Sementara Final Fantasy 16 pasti akan terus menjual lebih banyak di bulan-bulan dan tahun-tahun mendatang (seiring pertumbuhan basis instalasi PS5 dan harga game turun), Square Enix tidak jujur. Perusahaan mengabaikan keberadaan konsol Xbox Series X dan S, serta PC. Mungkin, seandainya game tersebut dirilis di lebih banyak platform daripada hanya PlayStation 5, penjualan minggu pertamanya akan menyamai atau bahkan melebihi Final Fantasy 15’s.

Bahkan di luar perbandingan dengan game Final Fantasy sebelumnya, ketiga tokoh tersebut cukup buruk jika dilihat bersamaan dengan hit besar seperti Elden Ring, God of War Ragnarok dan begitu banyak judul modern dengan akar yang ada.

Jika ada, penjualan setiap game Final Fantasy arus utama baru harus menumbuhkan basis penggemar; dengan mudah menabrak kepala dengan rilis terbesar tahun ini. Ini seharusnya lebih mudah untuk dicapai Final Fantasy 16, mengingat itu dirancang sebagai game aksi yang tepat, terinspirasi oleh God of War dan Game of Thrones – semua hal yang memposisikannya dengan baik untuk menjadi perampokan pertama banyak pemain ke dalam seri.

Baca juga:  PS5 game streaming now available for select users to test

Sayangnya, semakin lama Square Enix terus berpura-pura PlayStation adalah satu-satunya konsol yang ada, siapa pun yang ingin terjun ke seri ini harus mencari di tempat lain jika mereka tidak memiliki PlayStation. Mari berharap, cepat atau lambat, Square Enix menyadari bahwa ia perlu bertemu dengan para pemain di mana pun mereka berada.



Source link