Gadget  

Review realme 11 Pro+ 5G: Smartphone dengan Sensor 200MP Paling Stylish

Memasuki pertengahan tahun 2023, realme kembali membawa inovasi terbarunya lewat realme Number Series, dengan realme 11 Pro+ 5G sebagai penawaran terbaiknya. Melanjutkan inovasi dari generasi sebelumnya, smartphone ini membawa desain dan kualitas kamera setara flagship. Hadir sebagai smartphone pertama di dunia dengan kamera 200MP dan teknologi 4x SuperZoom.

Ya, berkat adanya perkembangan sensor kamera terbaru serta komputasi fotografi, kini besaran megapiksel pada sebuah sensor bisa dimanfaatkan untuk hasilkan foto berkualitas, bahkan dalam tingkatan zoom tertentu. realme 11 Pro+ 5G hadir dengan sensor kamera 200MP generasi baru yang setara dengan flagship, dihadirkan dalam kemasan yang premium, hasil rancangan realme dan desainer ternama.

Tentunya tidak hanya desain dan kamera saja yang diunggulkan—smartphone ini juga hadir dengan kualitas layar terbaik di kelasnya, pengisian daya instan, serta kapasitas penyimpanan yang sangat lega. Berikut review realme 11 Pro+ 5G!

Desain

realme 11 Pro+ 5G

Semangat Leap-forward langsung dibawa ke salah satu nilai jual utama realme 11 Pro+ 5G yang paling terlihat, yakni pada segi desain. Kali ini, realme mencoba untuk naik kelas dan membuat varian terbaik realme Number Series jadi jauh lebih premium. Di mana tim realme Design Studio menggandeng Matteo Menotto, mantan desainer dari merek premium ternama, Gucci.

Ada dua pilihan warna spesial yang ditawarkan, yakni Oasis Green dan Sunrise Beige. Keduanya dirancang mirip, menggunakan material Premium Lychee Vegan Leather, dengan modul kamera yang dibuat sangat besar, membuatnya terlihat lebih ikonik. Plus, bagian tengah bodi yang dibuat seolah memiliki aksen jahitan 3D—tidak seperti permukaan resleting asli, bagian ini dilapisi plastik transparan, jadi tetap nyaman di permukaan tangan.

Tekstur mirip kulit pada realme 11 Pro+ 5G tentu membuat pengalaman menggenggam yang lebih premium, ditambah dengan lengkungan 3D di sisi kiri dan kanan, baik depan dan belakang. Tidak perlu khawatir kotor, karena realme memastikan materialnya tahan noda sekaligus tahan lama. Bobot 189 gram membuat smartphone ini terasa cukup ringan, namun tetap kokoh. Sementara ketebalan 8,7mm masih mudah untuk diselipkan ke saku celana.

Bagian atas dan bawah dibuat flat, sementara bingkainya menggunakan material polikarbonat dengan aksen warna sesuai bodi belakang. Karena modul kamera belakang berada di tengah, realme 11 Pro+ 5G tetap stabil ketika diletakkan di atas meja. Overall, desain realme 11 Pro+ 5G terlihat sangat premium sekaligus berbeda dari lainnya. Memberikan daya tarik tersendiri.

Walaupun terasa kokoh dengan permukaan bodi belakang tahan noda, yang menurut saya masih bisa ditingkatkan adalah sertifikasi tambahan, supaya bisa berikan rasa aman lebih pada penggunanya. Selain soft case yang disediakan dalam paket penjualannya.

Layar

realme 11 Pro+ 5G

Selain desain bodinya, tampilan serta kualitas layar realme 11 Pro+ 5G juga sudah setara dengan flagship masa kini. Lengkungan 3D di sisi kiri dan kanan? Bezel tipis termasuk bagian bawah? Panel OLED 120Hz dengan dukungan 1 milyar warna? Semuanya hadir, dengan tambahan fitur premium lainnya.

Berkat lengkungan dua sisi tersebut (plus empat sisi bezel tipis), dimensi layar 6,7 inci pada realme 11 Pro+ 5G tidak terasa besar dalam genggaman. Layar smartphone ini juga sudah mendukung 2160Hz PWM Ultra-high Frequency Dimming. Artinya? Warna bakal tetap akurat dan minim efek flickering pada tingkat kecerahan rendah. Bahkan tidak semua flagship memiliki fitur ini.

realme 11 Pro+ 5G

Mode warna layar realme 11 Pro+ 5G bisa kamu sesuaikan lewat sejumlah preset berbeda maupun pengaturan manual. Ingin tampilan video lebih memuaskan di mata? Cukup aktifkan opsi pada O1 Ultra Vision Engine, dan video lawas pun bakal terlihat seolah direkam dengan kamera yang sudah mendukung efek HDR.

Layar realme 11 Pro+ 5G juga sudah mengantongi dua sertifikasi perlindungan mata khusus dari TUV Rheinland, agar tetap nyaman dan tidak merasa lelah meski dipandang dalam durasi waktu yang lama. Untuk urusan proteksi, terdapat sensor sidik jari in-display yang cepat nan akurat. Lalu bagaimana dengan proteksi layarnya?

Baca juga:  Ini memiliki Chery Tiggo 8 Pro e+ modern dan 7 Pro Hybrid

Selain lapisan anti gores yang sudah terpasang dari pabrikan, realme gunakan material tempered glass generasi kedua untuk realme 11 Pro+ 5G. Material kaca tersebut telah diuji untuk tes jatuh dari ketinggian 1 meter dalam kondisi ekstrem. Selama masa pengujian, baru jatuh dua kali dari meja, sih. Kabar baiknya, layar aman meski sedang tidak menggunakan soft case.

Kamera

realme 11 Pro+ 5G

Yang menjadi bintang utama selain dari segi desain, tentu ada pada bagian yang satu ini. Ya, kamera realme 11 Pro+ 5G dibekali dengan sensor utama yang cukup spesial yakni 200MP ISOCELL HP3 yang notabene merupakan sensor generasi baru. Sensor tersebut membuat smartphone ini hadir sebagai yang pertama di dunia dengan kamera 200MP 4x SuperZoom.

Selain “besar” secara resolusi, diameter sensornya juga tergolong besar di 1/1,4 inci, memungkinkan sensor menangkap cahaya jauh lebih banyak. Bersama aperture f/1.69 dan teknologi penggabungan piksel canggih, sensor utama realme 11 Pro+ 5G bisa gabungkan 16 piksel individu menjadi 1 piksel besar. Hasilkan foto 12,5MP berkualitas tinggi, pas untuk kondisi pencahayaan lebih menantang.

Jumlah piksel tinggi tersebut juga memungkinkan realme 11 Pro+ 5G untuk hasilkan 4x lossless zoom, memanfaatkan bagian tengah sensor untuk hasilkan foto lebih jelas dibandingkan solusi digital zoom tradisional. Apakah sesuai dengan klaim realme? Ketika saya uji, 4x zoom pada smartphone ini memang lebih baik dibandingkan digital zoom biasa—selama kondisi pencahayaan berlimpah atau cukup.

realme 11 Pro+ 5G

Saya sendiri cukup puas dengan kualitas 2x zoom, baik pada mode biasa maupun mode portrait, masih cukup bisa diandalkan pada pencahayaan cukup atau indoor. Mode Street Photography terbaru di realme 11 Pro+ 5G juga memiliki tiga filter baru, plus watermark tambahan hasil kolaborasi bersama Lonely Planet sebagai Global Photography Partner realme. Dari ketiga filter, Cinematic jadi favorit saya pribadi, pas untuk mengabadikan momen sudut kota Jakarta.

Pengambilan fokusnya cepat, mode malam “Super Nightscape” juga efektif untuk membuat foto lebih cerah dalam pencahayaan yang kurang, dan Super OIS juga tentunya membantu pengambilan gambar agar lebih stabil. Disebut “Super” karena kali ini memiliki algoritma tahan guncangan 4-axis, ditambah algoritma khusus demi peningkatan reduksi guncangan hingga 180%.

Tentu kamu juga dapat mengambil foto dalam mode resolusi penuh 200MP. Fungsinya? Kamu dapat mengambil gambar terlebih dahulu, dan menentukan bagian mana di dalam gambar yang ingin kamu highlight setelah foto diambil. Overall, kualitas kamera realme 11 Pro+ 5G meningkat cukup signifikan dibandingkan generasi sebelumnya.

Kamera depan 32MP pada realme 11 Pro+ 5G kini juga punya sudut pandang lebih lebar, lebih pas untuk swafoto sambil menunjukkan latar foto lebih leluasa. Menurut saya, yang bisa ditingkatkan ke depannya adalah akurasi dan detail warna kulit, serta kualitas sensor ultra-wide pada kondisi backlight serta low-light.

Hasil foto lengkap dari kamera realme 11 Pro+ 5G bisa kamu akses pada album berikut ini.

AIL4fc8FaPYVo 0eAKrDR7ELu4yzViPMJe lWt8mASnlLg4EmHdP1y7XX4WSZ Oy4zZ2zrfHRlHI7MGEusnXv6VnmOM7 OFGgihaoF3izHQQBYX5PA77U PQ=w2400
Mari kita uji sensor kamera utamanya, dimulai dari 1x zoom
AIL4fc8vmb4vnd5Fz43dQcjV9Xh0uJtaP8 Jr5dTZB05g2nm5VEn5sgLSsmKE2TwkLeg A3Tq0bVj0giKmUBhgRTfrInRbXqdjMKA2Kq4QNPoj2WTOOLA p5=w2400
2x zoom
AIL4fc 61FNBjZ5ls4qoA2xgkYZuefmpVhUsj7O5UXoXhQODn9H7h8FtyyWUAfE8KCwvuWB1SNkQ3It88pW4c5RXf9EdvHabo499zllNug1n8W00Tb
4x zoom
AIL4fc8NGVadp8d1NhRDIaO5h1ooKQQVW6AShziRMObTdN8YedEF khutr4Xn6m2v9pmL40BBGWwWWrxM9 Ty4PlXt5lqJn99lgrGur PF35HTA YLgjkhDX=w2400
…sampai 10x zoom masih cukup jelas, hanya lewat sensor utama
AIL4fc B65eswXDB9axjiquI7xad3q1dt
Sensor besar membuat kamu bisa hasilkan efek bokeh natural, tanpa harus mengaktifkan mode portrait
AIL4fc9lBABa n4SiK3uNgwF9 8UoEB3s3manuagUnYBr qbvQzoPZHbjUSCGZen4BGgiEEGNZ VwRLIAJzHmZMvh4A86IQgzvz3J qymz3mf LLiHOo0FAN=w2400
Loosless zoom dari sensor utama juga bisa dimanfaatkan untuk ambil objek dengan jarak sangat dekat (makro)
AIL4fc8ukhvgt7Wx1 5qgSFjo1BGBrcm8lxbGyHqxXTIJJc9e 0dYVSc8dk7xd ux6E9Yqh992QweSFdgG82PHj VUUpFglwjiYhP9usSocZ1nGG7zl CKW=w2400
Kualitas foto indoor cukup berkualitas dengan warna cukup natural
AIL4fc9hF5U5bhDdC3Zd3QH
Menggunakan sensor ultra-wide sekaligus menguji kemampuan HDR
AIL4fc
Sensor utama, malam hari, tanpa mode malam
AIL4fc dmrshZtTitQJhIcuX9EgQ7cMRPLGfxbT5rxTtE9lWAXpFtIk6lcgg4bBk InFv hQwQEi uQQm6DLj69HtTeLuwxLFrYbZQ
Sensor ultra-wide, malam hari, dengan mode malam
AIL4fc tOuwgVBhpueWd95g2ZIciZcSIJZyKsSDOFKVh1GW89KFjHNl7HQjvGdYqVUtOZdbTo0a07M9Lhz6Hm1vS3S4ggVtsIsj7ieDtJTtfFKDNzue
Dengan mode malam, interior kafe terlihat cukup jelas
AIL4fc9uQzw79Zeua9ZUZTqmVs77OdpyDWYVwX6hqPMJIa wFedWAgutjSpPgu4qtibnV6bRygAicNJsBdJYp1bw1jOWVPViqLpgB vERF0XXrFPvbfUBto0=w2400
Menggunakan mode portrait, 1x zoom
AIL4fc X OTemzSGteTtiRvezS 8IkrbUlrw4FjWfYDPjiHov sFXd3 KMoawRox6tGdJkSBR67 pMWUs5SkmQjp 6g2
Mode portrait, 2x zoom
Selfie menggunakan kamera depan yang punya sudut pandang cukup lebar

Kamera utama realme 11 Pro+ 5G bisa merekam video hingga resolusi maksimum 4K 30fps atau 1080p 60fps. Algoritma OIS+EIS baru terasa maksimal saat rekam video dalam resolusi 1080p, yang juga bisa ditingkatkan dengan mengaktifkan mode Ultra Steady, termasuk pada kamera depan. Untuk pengambilan foto dan video, realme juga membenamkan fitur Auto-zoom Technology, di mana pengguna dapat melakukan zoom secara otomatis hanya dengan menekan gambar objek yang dituju. Fitur ini akan secara otomatis melakukan zoom dan mengatur komposisi yang proporsional. 

Baca juga:  Peralatan Yamaha dalam warna kontemporer baru, dengan harga Rp. 18 juta

Selain AI Highlight Video dan Bokeh Flare Portrait Video yang dibawa dari generasi sebelumnya, kini ada mode Tracking Shot yang bisa membantu kamu meletakkan fokus utama pada sebuah obyek di dalam frame, supaya bisa menjadi highlight dari video yang kamu ambil. Mode perekaman dengan parameter manual dan dua sisi depan belakang, juga bisa kamu temukan di bagian “More”.

Fitur

realme 11 Pro+ 5G

realme 11 Pro+ 5G juga hadir membawa sejumlah fitur kelas flagship lainnya. Setup speaker stereo pada smartphone ini sudah didukung oleh Dolby Atmos, di mana efek suara tersebut juga bisa diaktifkan ketika menggunakan earphone tanpa kabel alias TWS. Untuk pemutaran langsung dari speaker bawaan, keluaran audionya cukup imbang dalam hal volume, baik dari earpiece di atas maupun speaker di bawah.

Vibration motor pada smartphone realme terbaru satu ini juga sudah bisa dibilang sesuai standar flagship. Ada menu O-Haptics yang bisa kamu akses untuk menentukan intensitas getaran sepresisi mungkin, dan efek getar tersebut bakal muncul ketika kamu menggulirkan menu sampai ujung, atau naik turun volume sekalipun.

Sensor NFC 360 derajat juga tetap dibawa ke realme 11 Pro+ 5G, membuat pendeteksian kartu seperti e-money lebih mudah dengan area lebih luas. Sisanya, realme UI 4.0 berbasis Android 13 di smartphone ini terasa familiar. Kaya akan fitur-fitur bermanfaat, dengan sejumlah bloatware yang bisa dihapus bila dirasa mengganggu.

Performa

realme 11 Pro+ 5G

Walaupun bukan jadi highlight utama, realme 11 Pro+ 5G hadir membawa chipset yang tergolong baru dari MediaTek, yakni seri Dimensity 7050 5G. Memang tidak sepenuhnya baru, karena sejatinya cip yang satu ini merupakan versi refresh dari Dimensity 1080 5G. Meski begitu, sudah gunakan fabrikasi 6nm untuk efisiensi yang tinggi.

MediaTek Dimensity 7050 5G pada realme 11 Pro+ 5G hadir membawa ISP yang mendukung sensor 200MP, serta dukungan AI lebih baik untuk bagian kamera. Bagaimana dengan performanya? Untuk sebuah smartphone yang berada di segmen premium mid-range, sudah tergolong cukup untuk beragam skenario penggunaan.

Kapasitas RAM 12GB yang sudah sangat luas tentunya bakal membantu chipset untuk memperlancar proses multitasking. Bila dirasa kurang, masih bisa ditambah hingga 24GB lewat fitur Dynamic RAM Expansion. Meski tidak ada slot kartu microSD, penyimpanannya pun sudah kelas flagship, karena berkapasitas 512GB. Memungkinkan kamu untuk simpan banyak file foto, video, sampai game berat sekalipun.

Selama kamu tidak mengharapkan visual rata kanan di sejumlah judul seperti Genshin Impact, main game di realme 11 Pro+ 5G cukup lancar, dan tentunya nyaman berkat layar yang responsif serta bodi yang ringan. Material bodi belakang pada smartphone ini juga nampaknya mampu berfungsi ganda, bisa meredam panas dari dalam, sehingga tidak pernah terasa panas berlebih.

Baterai

realme 11 Pro+ 5G

Saya selalu kagum dengan bagaimana vendor yang satu ini bisa menyematkan kapasitas baterai besar, sekaligus kecepatan isi daya ngebut, ke dalam sebuah perangkat yang stylish dan ringan. Baterai realme 11 Pro+ 5G berkapasitas 5,000 mAh, dan untuk penggunaan harian, sangat lebih dari cukup dengan screen on-time kisaran 6 jam. Tentu berkat layar dan chipset yang efisien daya.

realme juga ikut sematkan teknologi khusus, memastikan supaya baterai realme 11 Pro+ 5G bisa tetap awet dalam penggunaan jangka panjang. Lewat Battery Health Engine, misalnya, memastikan agar Kesehatan baterai tetap lebih dari 80% walaupun sudah melewati 1600 siklus isi daya—dua kali lebih tinggi dari standar smartphone pada umumnya. Juga ada cip manajemen daya khusus, SUPERVOOC S yang tingkatkan efisiensi lebih jauh.

realme 11 Pro+ 5G

Lewat teknologi pengisian daya 100W SUPERVOOC, baterai realme 11 Pro+ 5G bisa terisi hingga 50% dalam waktu kurang lebih 10 menit. Sementara untuk mencapai 100% membutuhkan waktu hampir 30 menit saja. Kombinasi yang sangat menyenangkan: baterai irit, isi dayanya pun instan.

Baca juga:  13 Aplikasi Multiakun Terbaik untuk Smartphone Android

Kepala charger milik realme 11 Pro+ 5G pun tergolong sangat kecil, karena sudah mengadopsi teknologi full-link GaN. Teknologi yang satu ini juga bisa mengurangi tingkat panas saat sedang digunakan. Semua teknologi yang hadir untuk memberikan rasa aman pada penggunanya.

Kesimpulan

realme 11 Pro+ 5G

Melalui realme 11 Pro+ 5G, realme meningkatkan pengalaman menggunakan sebuah flagship di realme Number Series lebih jauh dari sebelumnya. Menghadirkan sensor kamera 200MP generasi terbaru, memadukannya bersama desain mewah yang juga nyaman dalam genggaman.

Baterai dan kecepatan pengecasannya memuaskan, begitu pula dengan kualitas layarnya. Performanya memang bukan yang paling kencang, namun adanya RAM dan penyimpanan internal ekstra lega tentu membuat smartphone ini tetap dapat dengan lancar diandalkan dalam berbagai kebutuhan dan membantu agar performa tetap terjaga dalam jangka waktu yang lama. Kalau kombinasi tersebut pas untuk kebutuhan Gizmo friends, maka tidak perlu ragu untuk membelinya.

Bila Gizmo friends berminat dengan realme 11 Pro+ 5G (12GB+12GB*|512GB), smartphone ini tersedia dalam dua pilihan warna yakni Sunrise Beige dan Oasis Green. Bisa didapat dengan harga khusus Rp6,899 juta secara online eksklusif di Shopee, Akulaku, dan realme.com pada periode Flash Sale.

Spesifikasi realme 11 Pro+ 5G

realme 11 Pro+ 5G
Klik pada gambar untuk spesifikasi realme 11 Pro+ 5G lengkap

General


Device Type
Smartphone

Model / Series
realme 11 Pro+ 5G

Released
18 July, 2023

Status
Available

Price
Rpx,999,000

Platform


Chipset
Mediatek MT6877V Dimensity 7050 (6 nm)

CPU
Octa-core (2×2.6 GHz Cortex-A78 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)

GPU
Mali-G68 MC4

RAM (Memory)
12GB+12GB* LPDDR5 (Dynamic RAM)

Storage
512GB (UFS 3.1)

Operating System
Android 13

User Interface
realme UI 4.0

Design


Dimensions
161.6 x 73.9 x 8.7 mm

Weight
189 gram

Design Features
Warna: Sunrise Beige, Oasis Green
Vegan Leather Design
Double-reinforced glass
Plastic frame

Battery
5,000 mAh
100W SuperVOOC Charge

Display


Screen Type
Super AMOLED capacitive touchscreen, 1B colors, 120Hz refresh rate

Size and Resolution
6.7 inch, 2412×1080

Touch Screen
Yes

Features
394 PPI
Double Reinforced Glass
Always-on display
120Hz refresh rate
1260Hz touch sampling rate
2160Hz PWM
20,000 level-brightness
2160Hz PWM dimming

Network


Network Frequency
GSM, WCDMA, TD-LTE, FDD-LTE
GSM: 850/900/1800/1900MHz WCDMA: Bands 1/5/8 FDD-LTE: Bands 1/3/5/8 TD-LTE: Bands 38/40/41
5G

SIM
Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Data Speed
4G LTE, 5G

Camera


Multi Camera
Yes (Rear)

Rear
200 MP, f/1.7, 23mm (wide), 1/1.4-inch, 0.56µm, PDAF, OIS;
8 MP, f/2.2, 16mm, 112-degree (ultrawide); 2 MP, f/2.4, (macro)

Front
32 MP, f/2.5, 22mm (wide)

Flash
Yes

Video
4K, 30fps; 1080P, 30/60fps; 720P, 30/60/960fps; OIS+EIS

Camera Features
AI Beauty
AI Scene Detection
Night Mode
Expert Mode
Street Photography Mode 4.0
Street Photography Mode 3.0
Portrait Mode
HDR
Night Color Filter
Pro 108MP mode
Movie mode

Connectivity


Wi-fi
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

Bluetooth
5.2, A2DP, LE, aptX HD

USB
USB Type C

GPS
GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, QZSS, NavIC

HDMI
No

Wireless Charging
No

NFC

Infrared
No

Smartphone Features


Multimedia Features
– MP4/H.264/FLAC player
– MP3/eAAC+/WAV player
– Document viewer
– Photo viewer/editor

FM Radio
Yes

Web Browser
HTML5

Messaging
SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, IM

Sensors
Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass

Other
Kelengkapan:
• Charger 100W Super VOOC Charge
• Kabel USB Tipe-C
• Protect Case
• Protect Film
• SIM Card Tool
• Buku Panduan
• Kartu Garansi