Ragam Jenis Pisang untuk Camilan atau Sajian Lezat, Cek Daftarnya di Sini!

jenis pisang

Siapa yang tidak suka makan pisang? Pisang merupakan buah yang sangat mudah ditemukan di Indonesia dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Selain rasanya yang nikmat, pisang juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Namun, tahukah Anda bahwa ada berbagai jenis pisang? Di Indonesia sendiri banyak jenis pisang yang biasa dijual di pasar buah atau toko. Dibawah ini akan kami bahas beberapa jenis pisang yang harus anda ketahui.

Baca Juga: Ini Penjelasan Flek Hitam Pada Pisang Menjadi Sehat

Beragam jenis pisang yang bisa Anda konsumsi

1. Pisang Cavendish

Pisang Cavendish merupakan jenis pisang yang paling sering kita temukan di pasar atau supermarket. Pisang ini memiliki kulit kuning dan daging manis. Pisang ini juga bertahan lebih lama dari jenis pisang lainnya. Karena itu pisang Cavendish sering dipilih sebagai bahan baku pembuatan pisang goreng atau pisang jualan.

2. Pisang raja

Pisang jenis ini memang pantas menjadi raja. Banana King memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan jenis pisang lainnya. Kulitnya hijau dan dagingnya putih. Rasanya manis dan sedikit asam. Raja Pisang sering diolah menjadi kolak, es campur, atau bahkan dimakan langsung.

3. Pisang Ambon

Pisang ambon memiliki kulit yang tebal, daging buah yang manis dan tekstur yang kenyal. Warna kulit berubah dari hijau menjadi kuning saat matang. Pisang ambon biasanya diolah menjadi pisang goreng atau selai pisang. Sesuai namanya, pisang ini asli Indonesia, konon berasal dari daerah Ambon. Selain itu pisang ambon juga memiliki berbagai macam nutrisi penting yang bermanfaat bagi tubuh.

4. Pisang Kepok

Pisang kepok merupakan salah satu jenis pisang yang biasa digunakan sebagai bahan baku pembuatan pisang goreng. Pisang ini memiliki daging buah yang lembut dan manis. Kulitnya hijau dan mengkilat. Pisang kepok juga sering dibuat menjadi perkedel pisang.

Serat yang terkandung dalam pisang juga bermanfaat untuk memperlancar saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, serat pada pisang kepok juga memiliki sifat prebiotik yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

5. Tanduk Pisang

Tanduk Pisang memiliki bentuk yang unik, yaitu seperti tanduk sapi. Kulitnya berwarna hijau kekuningan dan tidak terlalu tebal. Pisang tanduk biasanya dibuat selai atau olahan pisang lainnya. Pisang bertanduk memiliki rasa yang kurang manis dan tekstur yang lebih padat dibandingkan jenis pisang lain yang bisa dimakan langsung. Oleh karena itu, pisang ini seringkali perlu diolah atau dimasak terlebih dahulu sebelum dapat dinikmati. Pisang tanduk dapat diolah dengan cara digoreng, direbus atau dikukus.

Baca juga: Kenali Manfaat Pisang untuk Kesehatan Tubuh

6. Tapi Pisang

Pisang Mas memiliki kulit yang tipis dan mudah dikupas. Daging buahnya manis dan teksturnya lembut. Pisang ini biasanya dibuat selai atau dimakan langsung. Pisang ini memiliki ukuran kecil sekitar tiga sampai empat sentimeter dan berwarna mencolok seperti emas. Selain itu rasa pisang mas juga cukup manis. Pisang ini memiliki nama ilmiah Musa sinensis dan termasuk dalam jenis pisang meja yang banyak mengandung gula sehingga memiliki rasa yang lebih manis jika dibandingkan dengan jenis pisang lainnya.

7. Pisang Hijau

Pisang mentah memiliki kulit hijau dan daging buah mentah. Rasanya tidak terlalu manis dan teksturnya agak keras. Pisang ini biasanya diolah menjadi pisang pepes atau dijadikan bahan masakan sebagai sayur.

Pisang hijau mengandung lebih banyak pati. Salah satu manfaat makan pisang mentah adalah pati dalam pisang ini tidak menyebabkan kenaikan gula darah yang berlebihan. Oleh karena itu, pisang ijo sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes yang harus menjaga kadar gula darahnya agar tetap terkendali.

8. Pisang Klutuk

Pisang klutuk memiliki bentuk yang unik, yaitu seperti tabung. Pisang ini memiliki daging buah yang manis dan tekstur yang kenyal. Kulitnya berwarna hijau dan cukup tipis. Pisang klutuk biasanya dibuat selai atau dimakan. Pisang klutuk memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan cocok digunakan sebagai campuran makanan. Pisang ini mengandung banyak nutrisi, antara lain karbohidrat, lemak, protein, kalsium, fosfor, besi, vitamin B, vitamin C, flavonoid, saponin, tanin dan serat.

Itulah beberapa jenis pisang yang harus Anda ketahui. Setiap jenis pisang memiliki karakteristik yang berbeda, baik rasa maupun teksturnya. Anda bisa memilih jenis pisang yang sesuai dengan kebutuhan atau selera Anda. Jangan lupa untuk rutin mengkonsumsi pisang, karena pisang kaya akan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

berbagai jenis pisang

Apakah Anda tahu jenis pisang apa yang harus dibeli? Yuk, pesan pisang, buah-buahan dan kebutuhan sehari-hari lainnya dengan mudah, cepat, dan bebas repot lewat aplikasi Astro!

Di aplikasi Astro, Anda bisa menemukan berbagai jenis buah segar, termasuk pisang, dengan kualitas terjamin. Selain itu, dengan aplikasi Astro, Anda dapat dengan mudah berbelanja kebutuhan sehari-hari lainnya seperti bahan makanan, perlengkapan rumah tangga, dan lainnya.

Baca juga: Kenali Ciri-Ciri Pisang Yang Sudah Matang

Apa yang kamu tunggu? Ayo download aplikasi Astro sekarang juga dan nikmati kemudahan berbelanja yang bisa kamu dapatkan dengan mudah dan cepat. Rasakan kepraktisan berbelanja di Astro, karena membeli buah-buahan dan kebutuhan sehari-hari lainnya kini lebih mudah melalui aplikasi Astro. Ayo, beli sekarang!

Referensi:

Kenali 7 jenis dan manfaat pisang untuk kesehatan tubuh

sumber gambar: Pexels