Gadget  

Ponsel Android Cepat Panas? Ini Penyebabnya 

Ponsel Android cepat panas atau overheat tentu pernah dialami setiap pengguna. HP yang panas ini tentu akan menyebabkan performa menurun hingga kinerja aplikasi melambat.

Hal ini tentu saja akan menghambat aktivitas Anda menggunakan ponsel untuk kebutuhan sehari-hari. Beberapa pengguna biasanya merasakan ponsel overheat ketika berada di luar ruangan.

Terlebih lagi saat sedang musim panas. Tak hanya itu terdapat beberapa penyebab lain ponsel Android cepat panas. Apa saja itu? berikut ini beberapa faktor penyebabnya.

Berada langsung di cuaca yang terik dan panas

Terlalu lama menggunakan ponsel. Penggunaan HP yang terus menerus membuat baterai bekerja tanpa henti. Inilah yang membuat HP cepat mengalami overheat

Terlalu banyak aplikasi yang bekerja di latar belakang juga membuat baterai ponsel cepat panas

Pengisian daya berlebihan

Cara mengatasi HP Android yang cepat panas

Berikut ini beberapa tips dan cara mengatasi HP Android yang overheat

Lepas casing dan dinginkan HP di ruang sejuk

Cara mudah mengatasi HP overheat adalah dengan langsung melepas casing ponsel dan langsung mendinginkannya di tempat sejuk. Anda juga bisa menggunakan bantuan kipas angin untuk mempercepat suhu ponsel menurun.

Baca juga:  Google Pensiunkan OS Android KitKat Setelah 10 Tahun Beroperasi

Turunkan kecerahan layar

Kecerahan layar maksimal pada ponsel membuat kinerja baterai juga menjadi lebih keras. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab HP mudah panas. Maka dari itu untuk mengatasinya pengguna dapat menurunkan kecerahan layar pada ponsel.

Upaya lain adalah pengguna dihimbau untuk menggunakan screen guard antisilau yang berguna agar Anda lebih mudah melihat layar ponsel di kondisi cahaya yang sangat terang tanpa perlu menaikkan kecerahan layar.

Menonaktifkan latar belakang aplikasi yang tidak digunakan

Terlalu banyak aplikasi yang aktif dan berjalan di latar belakang juga menjadi faktor ponsel Anda bekerja lebih keras. Hal ini yang menyebabkan HP cepat panas. Untuk menonaktifkan aplikasi di latar belakang berikut ini caranya.

Buka “Settings/Pengaturan”

Pilih “Aplikasi” > “Kelola Aplikasi”

Pilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan latar belakangnya

Klik “Penggunaan data”

Geser toogle “Background data/data latar belakang”

Sebagai informasi cara ini dilakukan pada ponsel Xiaomi Redmi Note 10s.

Aktifkan mode pesawat sementara

Bisa jadi ponsel yang terlalu panas karena penggunaan data terus menerus. Ini membuat baterai HP Anda terus bekerja secara maksimal. Maka dari itu cobalah untuk mengaktifkan mode pesawat agar meredakan HP yang sedang overheat.

Baca juga:  HP Redmi 10 5G, Hadirkan Prosesor MediaTek Dimensity 700!

Memperbarui aplikasi

Cek pembaruan aplikasi. Beberapa aplikasi dengan versi lawas bisa jadi dapat memakan energi lebih banyak. Maka dari itu memperbarui aplikasi dapat memperbaiki bug dan bisa meningkatkan efisiensi kinerjanya. Sehingga ponsel tidak mudah panas dan performa akan tetap stabil.

Demikian cara mengatasi HP Android yang overheat. Semoga membantu.