Pohon Taru Menyan Bali, Pohon Misterius Mampu Netralkan Bau Jenazah

  • Bagikan
Pohon Taru Menyan Bali
en.tempo.co

Pohon Taru Menyan Bali merupakan pohon ajaib dengan usia hingga ribuan tahun yang hanya dapat tumbuh di Bali. Saking ajaibnya, pohon ini terkenal hingga mancanegara. Terdapat keunikan dan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bali dan mendatangi pohon ini.

Pohon Taru Menyan Bali
en.tempo.co

Keunikan Pohon Taru Menyan Bali

Pohon Taru Menyan yang telah tumbuh berabad-abad ini berada di Desa Trunyan, Kintamani, Bali. Desa Trunyan menjadi desa wisata yang memiliki tradisi unik di Bali.

Tradisi tersebut adalah pemakaman yang terselenggara tanpa adanya prosesi penguburan mayat. Sebagai gantinya, jenazah hanya diletakkan berjajar di bawah pohon ajaib yang bernama Pohon Taru Menyan.

Hal Misterius Pohon Taru Menyan

Pohon Taru Menyan yang berada di Desa Trunyan ini memang terkenal sebagai pohon yang cukup misterius. Hingga kini, masyarakat sekitar tidak ada yang tahu kapan tepatnya pohon tersebut berdiri. Namun banyak yang mengungkapkan jika pohon tersebut telah berusia ratusan tahun.

BACA JUGA :  Wisata Unik di Indonesia Wajib Anda Kunjungi dan Temukan Hal Baru

Kemisteriusan pohon ini pun semakin menguat dengan adanya bau wangi yang muncul dari Pohon Taru Menyan. Pohon ini dipercaya dapat mengambil nutrisi dari mayat yang diletakkan di bawahnya.

Selain itu, sisi misterius lainnya dari pohon ini adalah kemampuannya hanya dapat hidup di Desa Trunyan. Bahkan pohon ini dapat menghilangkan bau busuk mayat yang diletakkan berjajar di bawah pohon tersebut.

Meskipun berbalut misteri, akan tetapi kesan tersebut tidak akan Anda rasakan saat datang ke area pemakaman yang berada di Desa Trunyan tersebut. Sebaliknya, kawasan ini sangat terjaga kebersihannya.

Prosesi pemakaman yang terjadi di kawasan Pohon Taru Menyan Bali ini justru menjadi daya tarik wisata yang cukup unik. Pohon raksasa dengan sulur yang menjalar ke berbagai arah justru membuatnya semakin menarik. Keberadaan tulang belulang serta tengkorak di kawasan tersebut tidak mampu mengurangi daya tarik dari pohon ajaib ini.

  • Bagikan