Gadget  

iPhone 12 ditarik dari Prancis karena pancarkan radiasi lebihi batas

iPhone 12 ditarik dari Prancis lantaran pancarkan radiasi lebihi batas
Jika tidak, Apple harus menarik ponsel

Jakarta – Biro regulasi spektrum frekuensi radio Prancis ANFR memerintahkan Apple menarik iPhone 12 dari negara yang sebab memancarkan gelombang elektromagnetik melebihi batas yang dimaksud diizinkan.

Laman France24, Selasa (12/9) waktu setempat, melaporkan ANFR memerintahkan Apple menarik iPhone 12, rilisan 2021, mulai hari itu setelah menemukan model itu memancarkan gelombang elektromagnetik yang tersebut rentan diserap tubuh melebihi batas yang dimaksud diizinkan.

"Mengingat ponsel sudah terjual, Apple dalam waktu singkat harus mengambil langkah perbaikan supaya ponsel memenuhi aturan. Jika tidak, Apple harus menarik ponsel," kata ANFR.

Penelitian ANFR di dalam laboratorium menunjukkan tubuh menyerap gelombang elektromagnetik sebanyak 5,74 watt per kilogram ketika iPhone 12 dipegang atau dikantongi. Eropa menerapkan standar penyerapan gelombang elektromagnetik sebesar 4,0 watt per kilogram.

Sementara itu, penyerapan radiasi elektromagnetik iPhone 12 dalam jarak 5 centimeter memenuhi ambang batas 2,0 watt per kilogram menurut tes ANFR.

Organisasi kesehatan dunia WHO dalam situs resmi mengatakan, berdasarkan banyak studi, tiada ada dampak negatif bagi kesehatan yang dimaksud disebabkan oleh ponsel.

Baca juga:  Deret Masalah di iPhone 15 Baru, Simak Daftarnya

Apple, diberitakan Reuters, mengatakan iPhone 12 sudah mendapat sertifikasi mengenai kepatuhan standar radiasi dari berbagai badan internasional. Apple mengatakan sudah memberikan kepada ANFR beberapa orang hasil tes laboratorium internal kemudian independen dari pihak ketiga untuk menunjukkan kepatuhan merekan terhadap regulasi Specific Absorption Rate (SAR) lalu standar global.

Raksasa teknologi dari Cupertino, Amerika Serikat, itu berkomitmen untuk berkoordinasi dengan ANFR untuk menunjukkan kepatuhan mereka.

Sumber: antaranews