Gadget  

Huawei MatePad Air Gabungkan Cip Snapdragon 888 & Layar 144Hz

Jakarta, Gizmologi – Lain di Indonesia, lain di negara asalnya. Setelah memperkenalkan tablet mid-range baru yang membawa aplikasi kantor tingkat desktop, Huawei juga memperkenalkan tablet premium baru bernama Huawei MatePad Air. Tampil dengan desain yang elegan, namun juga memiliki spesifikasi yang mumpuni.

Huawei MatePad Air telah memulai debutnya sejak 18 Mei lalu, di negara asalnya yaitu China bersama dengan beberapa produk lainnya – termasuk seri MatePad yang harganya lebih terjangkau. Namun versi ini hadir untuk segmen tablet premium. Pilihan warna dan desain ramping membuatnya tampak bersaing dengan iPad Air dengan nama yang sama.

Desain Huawei MatePad Air terlihat cukup sederhana, memiliki desain bodi belakang datar dan bezel samping, dengan mengutamakan lima pilihan warna yang bisa dibilang beberapa. Selain hitam dan putih, ada pilihan warna biru muda, hijau muda dan ungu cerah, gunakan permukaan matte. Ketebalan Huawei MatePad Air hanya 6,4 mm dan beratnya 508 gram.

Baca Juga: Sasar Pelajar & Karyawan Huawei MatePad 11 2023 Dibanderol Rp 7 Jutaan,

Dapatkan aplikasi kantor desktop dan jurnal kelas

Huawei MatePad Air

Bobot yang ringan dan desain yang ramping sangat penting untuk sebuah tablet – plus tidak membebani untuk dibawa kemana-mana, sehingga tetap nyaman untuk dibawa kemana-mana dengan aksesoris tambahan. Huawei MatePad Air dapat dipasangkan dengan penutup keyboard (yang sayangnya tidak memiliki touchpad) atau M-Pencil generasi kedua, yang sudah mendukung pintasan gerakan di badan pensil.

Baca juga:  13 Potret Detail Seres E1 yang Dirilis di PEVS 2023, Siap Bersaing dengan Wuling Air EV!

Huawei memang mengutamakan produktivitas pada tablet ini. Di bagian depan perangkat lunak, HarmonyOS 3.1 terbaru di Huawei MatePad Air didukung oleh dua aplikasi kelas desktop. Selain WPS Office, versi China hadir dengan aplikasi CAJ Viewer, cocok untuk akademisi profesional. Dapat mengakses dan mengedit jurnal akademik dalam format CAJ.

Huawei MatePad Air

Aplikasi Huawei Note juga didukung oleh berbagai fitur khusus seperti membuka dua halaman berbeda dalam layar terpisah, tulisan tangan dalam teks, bahkan merekam suara sambil melakukan proses transkripsi secara real-time sambil menulis atau menggambar secara bersamaan. Itu dapat diakses secara bersamaan dengan aplikasi lain seperti Zoom dan lainnya menggunakan multi-jendela.

Untuk mendukung aplikasi produktivitas kelas desktop, Huawei MatePad Air menjalankan salah satu chip andalan Qualcomm, Snapdragon 888. Meski bukan yang terbaru, arsitektur CPU-nya mirip dengan Snapdragon 8 Gen 1 dan seri 2 dengan RAM hingga 12GB dan opsional. penyimpanan internal hingga 512GB. Layak menjadikannya tablet premium.

Harga Huawei MatePad Air mulai Rp 5 jutaan

Huawei MatePad Air

Dan pilihan hiburannya? Layar Huawei MatePad Air merupakan salah satu tablet dengan refresh rate tertinggi, yakni 144 Hz, bahkan adaptif alias bisa turun hingga 30 Hz untuk menghemat daya. Dimensi layarnya 11,5 inci, menggunakan panel IPS, beresolusi 2,8K dan mendukung gamut warna P3. Ditambah teknologi Vivid HDR, yang secara otomatis mencerahkan visual berdasarkan jenis konten.

Baca juga:  Ini Bocoran Besaran Insentif EV yang Ditawarkan untuk Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air EV

Meski memiliki empat bezel tipis, Huawei tetap bisa mengemas empat speaker ke dalam Huawei MatePad Air, serta baterai besar berkapasitas 8.300mAh yang diklaim mampu memutar video hingga 12 jam. Pengisian daya juga bisa dilakukan lebih instan melalui dukungan fast charging 40W.

Sudah tersedia di China, harga Huawei MatePad Air cukup bervariasi. Opsi paling terjangkau bisa didapat dengan CNY 2.899 (Rp 5,8 juta) untuk memori 8 + 128 GB. Sedangkan opsi tertinggi dibanderol CNY4.499 atau sekitar Rp9,3 jutaan, memiliki memori 12+512 GB.