Gadget  

Bisa jalankan game PC dan console, apa iPhone 15 cocok untuk gamers?

Bisa jalankan game PC lalu console, apa iPhone 15 cocok untuk gamers?

Jakarta – Apple resmi meluncurkan lini iPhone 15, dengan memboyong chipset terkuat Apple saat ini, Bionic A17 Pro, yang memungkinkan para gamers berpindah hati ke perangkat ini.

Para penggemar kebanyakan menyoroti rangka baru perangkat ini yang terbuat dari titanium kemudian bukan lagi besi stainless, atau tipe charging port yang mana bukan lagi lightning melainkan USB type-C.

Namun ambisi Apple dalam dunia game nampaknya sangat menarik, terutama bagi gamers yang mana kerap menimbang membeli iPhone atau ponsel gaming berbasis Android.

Sejak peluncuran Apple Arcade pada tahun 2019, Apple sudah pernah berusaha menunjukkan bahwa merek peduli terhadap para gamer. Namun tahun ini, di area bawah arahan Tim Cook, akhirnya Apple nampaknya penting mengubah perangkatnya untuk gaming.

Apple juga sebelumnya tidaklah pernah mengklaim bahwa gawainya diperuntukkan untuk gaming, walau performanya lebih banyak dari cukup untuk itu.

Pada Apple Event, Selasa (12/9) waktu setempat, Apple dengan percaya diri menyebut perangkatnya sebagai media gaming mobile terbaik di area dunia. Bahkan, ia juga menampilkan demo game moba, yang digunakan sekarang dijadikan kategori esport dunia.

Baca juga:  Klaim Baru Tentang iPhone 15 Ultra, Yang Diharapkan Menggantikan Model Pro Max: Mungkin Hadir Dengan Kamera Depan Ganda!

“iPhone adalah media gaming mobile terbaik di dalam dunia, dibekali kekuatan performa berdaya tinggi dari Apple Silicon, A17 Pro membawa media luar biasa ini lebih besar sangat lagi, meletakkan fondasi mobile gaming ke generasi baru. Beberapa pengembang game terbaik dunia pun memanfaatkan performa tercanggih ini,” klaim Apple pada peluncuran iPhone 15 di area Apple Event melalui YouTube-nya.

Masuk ke bagian paling menariknya, iPhone 15 seri Pro akan mampu menjalankan game-game PC kemudian console seperti Division, Resident Evil 4, Resident Evil Village, hingga Assasin’s Creed. Kabar yang tersebut cukup mencengangkan bagi pecinta game.

Ini adalah berkat chipset A17 Pro lalu teknologi ray tracing yang kinerjanya didongkrak hingga empat kali lebih tinggi cepat dari sebelumnya.

Hanya tersedia pada jajaran seri Pro yakni iPhone 15 Pro serta Pro Max, chipset A17 Pro diklaim menjadi chip 3 nm pertama di area industri perponselan.

CPU-nya diklaim tambahan cepat 10 persen dari generasi pendahulu, sementara untuk GPU-nya berperforma lebih besar baik sebanyak 20 persen.

Baca juga:  Kecepatan 5G di iPhone 15 Pro dilaporkan meningkat 24 persen

Dengan membawa enam inti, dapur pacu ini memungkinkan pengguna mendapatkan kinerja aplikasi lebih banyak baik serta efisiensi daya lebih banyak optimal.

“Menakjubkan bila membayangkan game-game yang disebut berjalan di dalam perangkat yang mana masuk pada saku,” jelas narator dalam video tersebut.

iPhone 15 Pro dipasarkan mulai 999 dolar Amerika Serikat (AS), setara Rp15.3 jt tersedia dengan empat pilihan memori penyimpanan yakni 128 GB, 256 GB, 512 GB, serta 1 TB.

Sementara itu untuk iPhone 15 Pro Max akan tersedia mulai harga jual 1.199 dolar AS setara Rp18,4 jt lalu tersedia dengan tiga pilihan memori penyimpanan 256 GB, 512 GB, serta 1TB.

Sumber: antaranews