Beroperasi secara fungsional, pemudik dapat menggunakan 3 ruas tol Trans Sumatera

KabarOto.com – PT Hutama Karya (Persero) memastikan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) siap dilalui pemudik. Jalan tol ini memiliki panjang 596 kilometer (Km). Pendatang baru dapat melewati tiga jalan fungsional.

Beberapa waktu lalu tol Trans Sumatera beroperasi sepanjang 329 km, kini hampir menyentuh 600 km dalam 4 tahun.

Baca Juga: Sebelum Pulang Naik Mobil, Ketahui Jadwal Ganjil Genap Jalan Tol Trans Jawa

“Semakin panjang ruas jalan tol beroperasi, maka animo pemudik akan meningkat setiap tahunnya dan berpotensi menyebabkan peningkatan lalu lintas,” ujar Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro.

Untuk itu, pastikan kondisi fisik Anda dalam keadaan prima sebelum berkendara dan jika merasa mengantuk atau lelah, segeralah beristirahat di rest area yang telah disediakan.

Ruas tersebut meliputi Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar sepanjang 140 Km, Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 189 Km, Ruas Palembang – Indralaya sepanjang 21,9 Km, Ruas Pekanbaru – Dumai sepanjang 131 Km, Ruas Medan – Binjai sepanjang 17,3 Km. km.

Baca juga:  Marvel Snap dipuji karena memulihkan pertumbuhan dalam genre permainan kartu yang dapat dikoleksi

Jalan Raya Trans Sumatera (foto: Hutama Karya)

Ada juga ruas Binjai – Langsa Seksi 1 (Binjai – Stabat) sepanjang 11,8 km, Sigli – Banda Aceh seksi 2, 3 dan 4 (Seoulimeum ​​– Blang Bintang) sepanjang 35,8 km. Beroperasi akhir tahun lalu, ada 2 seksi baru yang bisa dilalui pemudik, yakni seksi Pekanbaru – Padang Seksi 1 (Pekanbaru – Bangkinang) dengan panjang 31 Km dan seksi Bengkulu – Taba Penanjung dengan panjang 17,8 Km. km.

Dengan fasilitas yang lengkap, terdapat 21 rest area di seksi Bakauheni -Terbanggi Besar dan di seksi Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung dengan kapasitas parkir lebih dari 3.000 kendaraan, 1.106 toilet, 659 toilet tambahan, 11 SPBU dan 6 lokasi SPKLU.

Baca Juga: Persiapan Mudik Lebaran 2023, Ini Daftar Tarif Tol Trans Sumatera

Terdapat pula 4 tempat istirahat sementara di ruas Pekanbaru – Dumai dengan fasilitas yang sangat lengkap. Tahun ini, Hutama Karya juga menyiapkan jalan tol fungsional, antara lain ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 5 dan 6 (Blang Bintang-Baitussalam) sepanjang 13 km, Binjai-Pangkalan Brandan Seksi 2 (Stabat-Kuala Bingai) seksi 7. 9 km dan ruas Indralaya – Prabumulih sepanjang 63,5 km.

Baca juga:  Beli Kaca Film V-Kool Bisa Dapat Transformer, Bagaimana?

Rencananya ruas-ruas tersebut akan beroperasi secara fungsional pada 15 hingga 30 April 2023. “Namun, saat ini kami masih mempersiapkan seluruh fasilitas dan layanan untuk memenuhi ketentuan yang berlaku, khusus ruas Indralaya – Prabumulih, khususnya KM 66 – KM 73 akan menerapkan skema counterflow”, pungkasnya.