Arti Kartu Kuning, Merah, dan Hitam dalam Bulu Tangkis, Bukan Asal-asalan!

Kamis, 8 Juni 2023, 03.33 WIB

Kartu kuning dalam bulu tangkis memiliki arti yang mirip dengan sepak bola (Foto: Metro League)

JAKARTA – Penting untuk memahami arti kartu pelanggaran dalam bulu tangkis yaitu kuning, merah dan hitam. Ini karena warna kartu memiliki arti tersendiri.

Bulu tangkis merupakan olahraga yang biasanya dimainkan oleh dua tim, baik secara individu maupun beregu (ganda). Olahraga ini pertama kali dibawa ke India oleh para pekerja Inggris pada tahun 1870-an.

Dari situlah muncul istilah bulu tangkis untuk permainan bulu kepok ini. Bulu tangkis memiliki fasilitas wajib seperti raket, shuttlecock dan net atau net.

Makna Kartu Kuning, Merah dan Hitam Sebagai Pelanggaran Dalam Bulu Tangkis

Penggunaan kartu sebagai peringatan pelanggaran tidak hanya berlaku untuk sepak bola. Bulu tangkis juga menggunakan kartu dengan warna tertentu untuk menandakan adanya pelanggaran. Berikut ulasannya.

Kartu kuning

Kartu kuning akan dikeluarkan oleh wasit jika atlet melakukan pelanggaran ringan di lapangan pada awal pertandingan. Fungsi kartu kuning ini adalah sebagai peringatan, seperti dalam sepak bola.

Baca juga:  Margot Robbie Bersiap Memukau Dunia dalam Trailer Baru Film Barbie

Peringatan ini akan diberikan jika atlet melakukan pelanggaran ringan. Beberapa pelanggaran ringan yang biasa dilakukan, seperti menunda waktu permainan, meminta untuk mengganti shuttlecock terus menerus, hingga alasan-alasan irasional lainnya.

kartu merah

Wasit dapat mengeluarkan kartu merah jika atlet melakukan pelanggaran serius atau berulang kali. Seperti di sepak bola, kartu merah muncul jika pemain sudah diperingatkan.

Bedanya, tidak ada efek jera seperti diusir saat pertandingan sepak bola. Hukuman yang dikenakan adalah transfer service ke lawan dan otomatis lawan mendapatkan poin.

kartu hitam

Pada langkah ketiga ini wasit dapat mengeluarkan kartu hitam jika atlet melakukan pelanggaran yang paling berat. Jika Anda menerima kartu ini, pemain akan dikeluarkan dari lapangan dan secara otomatis didiskualifikasi dari turnamen!

Tentu saja, surat ini hanya keluar jika ada pelanggaran berat. Jenis pelanggaran berat yang dimaksud adalah menyerang lawan secara emosional (bertarung) atau diketahui terlibat pengaturan pertandingan oleh wasit. Oleh karena itu, kartu hitam sangat jarang muncul.

Inilah arti kartu kuning, kartu merah dan kartu hitam dalam bulu tangkis. Semoga artikel ini menambah pengetahuan pembaca sportsstars.id.

(Aulia Sarah Oktafiana Epriyanti)

Baca juga:  Wuling Sodorkan Penawaran Menggoda untuk Alvez dan Air Ev di GIIAS, Cek Promonya di Sini

Penerbit: Wikanto Arungbudoyo

Ikuti berita Sportsstars di berita Google